Cara Mematikan Download Otomatis File Update iOS / iPadOS

Bagi sebagian pengguna proses update iOS / iPadOS pada iPhone dan iPad memang sedikit menyebalkan. Bagaimana tidak ketika fitur otomatis update sudah dinonaktifkan, tetapi tetap saja file iOS terbaru yang tersedia untuk diupdate akan terdownload secara otomatis terutama bagi pengguna koneksi Wi-Fi.


Memang mengupdate iOS merupakan hal yang penting dilakukan, kalian akan mendapatkan beberapa perbaikan bug, fitur baru hingga pengoptimalan. Namun tidak semua orang ingin melakukan update dengan berbagai alasan, misalnya saja mau melakukan jailbreak, tidak ada waktu untuk melakukan update dan lain-lain. Nah untuk mencegah file OTA Update ( over-the-air, sebutan untuk file update yang didownload langsung di iPhone ) terus menerus terdownload secara otomatis, silahkan gunakan trik berikut.

Trik Mematikan Download Otomatis File OTA Update iOS / iPadOS


Pertama pastikan terlebih dahulu kalian sudah menonaktifkan fitur Pembaruan Otomatis ya.. jika belum silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Otomatis, jika sudah silahkan dimatikan. Selanjutnya agar file update tidak otomatis terdownload kalian bisa menggunakan cara berikut :

Gunakan Mode Data Rendah

Khusus untuk pengguna Data Seluler, silahkan nyalakan 'Mode Data Rendah' melalui aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Mode Data Rendah.


Khusus untuk pengguna jaringan Wi-Fi, silahkan nyalakan 'Mode Data Rendah' melalui aplikasi Pengaturan kemudian tap icon (i) disamping nama wi-fi yang digunakan lalu nyalakan Mode Data Rendah.


Matikan Pengunduhan Otomatis

Silahkan buka aplikasi Pengaturan > iTunes & App Store kemudian nonaktifkan Pengunduhan Otomatis.

Gunakan Profil tvOS

Untuk saat artikel ini saya tulis, cara block update iOS menggunakan Profil tvOS sudah diblock oleh Apple, namun tidak menutup kemungkinan akan tersedia lagi, untuk selengkapnya bisa kalian baca pada postingan berikut : Cara Install Profil tvOS Beta Untuk Block Update iOS / iPadOS

Baik sekian dulu informasi cara mematikan download otomatis file update iOS / iPadOS untuk iPhone dan iPad, jika ada cara terbaru nantinya akan segera saya update. Terakhir apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!