Cara Mengatasi Layar iPhone X, XR, XS dan 11 Tidak Responsif

Memiliki layar yang kurang responsif bahkan tidak responsif sama sekali, tentu saja membuat iPhone menjadi tidak bisa digunakan dengan baik. Apalagi jika kalian merupakan seorang gamers yang hobi bermain game.

Nah bagi kalian khususnya pengguna iPhone X, iPhone XR, iPhone XS / Max, iPhone 11 dan iPhone 11 Pro / Max yang memiliki masalah pada layar yang kurang bahkan tidak responsif ketika disentuh, pada postingan kali ini saya akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Layar iPhone X, XR, XS / Max, iPhone 11 dan iPhone 11 Pro / Max Tidak Responsif


Sebelum melanjutkan perlu diketahui terlebih dahulu, kurang responsifnya layar pada iPhone kalian bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari masalah yang ringan ( bug pada iOS ) hingga terdapat masalah pada komponen layar itu sendiri. Untuk memperbaiki dan mengetahui masalah yang kalian alami langsung saja ikut cara-cara berikut ini.

Restart iPhone

Cara terbaik untuk menangani masalah pada iPhone pertama kalinya adalah dengan merestart iPhone itu sendiri, kalian dapat melakukannya menggunakan cara berikut.

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Bersihkan Layar iPhone

Layar iPhone yang kotor apalagi terkena cairan, dapat membuat layar iPhone menjadi kurang responsif. Jadi pastikan kalian sudah membersihkan layar iPhone kalian dan lepas terlebih dahulu casenya jika perlu.

Matikan Fitur Tap to Wake / Ketuk-Bangun

Ketuk-Bangung adalah salah satu fitur iPhone yang digunakan untuk membangunkan layar dengan menyentuh layar satu kali, namun dalam beberapa kasus dengan menonaktifkan fitur Ketuk-Bangun dapat memperbaiki masalah layar iPhone yang kurang responsif, caranya silahkan masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > Ketuk-Bangun.


Matikan Fitur Akomodasi Sentuh

Sama seperti diatas, menurut beberapa pengalaman orang lain yang mengalami masalah serupa, dengan menonaktifkan fitur Akomodasi Sentuh dapat memperbaiki layar iPhone yang tidak responsif, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > Akomodasi Sentuh.


Reset Pengaturan iPhone

Cara kedua yang dapat kalian gunakan adalah dengan mereset seluruh pengaturan pada iPhone ( tanpa menghapus data ), ingat cara ini akan mengembalikan semua pengaturan termasuk password wi-fi yang tersimpan akan direset. Untuk caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan. Apabila sudah sekarang coba lihat hasilnya.

Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Selanjutnya apabila kalian menggunakan Mode Daya Rendah untuk menghemat baterai, silahkan matikan mode tersebut melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah. Pastikan juga kalian sudah mengisi daya baterai iPhone kalian dan hindari daya baterai iPhone kalian menyentuh angka dibawah 5%.

Update ke iOS Terbaru

Bila cara-cara diatas tidak berhasil, pastikan kalian sudah menggunakan iOS versi terbaru yang tersedia untuk iPhone kalian. Cara download dan menginstall update iOS terbaru silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Sebelum melakukan update pastikan kalian menggunakan koneksi Wi-Fi dan tersisa minimal baterai 50%.


Pastikan Masih Tersisa Ruang Penyimpanan

Apabila ruang penyimpanan pada iPhone kalian sudah menyentuh angka kritis ( hampir habis ) silahkan kosongkan sedikit penyimpanan, karena penyimpanan yang penuh pada iPhone bisa saja menjadi penyebab banyak masalah dan salah satunya masalah pada layar yang kurang responsif.

Apabila Layar Tidak Responsif Saat Dicas Saja

Bila layar iPhone kalian tidak responsif ketika dicharge / dicas / diisi daya saja, coba ganti charger kalian ke charger lainnya. Pastikan kalian menggunakan charger yang asli dan berkualitas.

Solusi Terakhir...

Apabila masalah masih juga ada setelah mengikuti cara-cara diatas, bisa disimpulkan kemungkinan besar masalah datang dari iPhone itu sendiri, untuk lebih pastinya silahkan bawa iPhone kalian ke authorized service center Apple di Indonesia atau silahkan digaransikan jika masih dalam masa garansi.


Kesehatan baterai pada iPhone yang buruk juga dapat menyebabkan berbagai macam masalah salah satunya adalah layar iPhone yang tidak responsif, kesehatan baterai iPhone dikatakan cukup buruk dan perlu untuk diganti apabila sudah menyentuh angka di bawah 70%, terutama sudah muncul beragam masalah lainnya seperti baterai boros, dll..

Selain itu layar pada iPhone yang pernah diganti sebelumnya ke layar yang tidak lagi asli atau tidak resmi, dapat menjadi penyebab layar iPhone yang tidak responsif.

Baik sekian informasi cara memperbaiki layar iPhone yang tidak / kurang responsif saat disentuh, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!