Cara Mengatasi iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max Cepat Panas

iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max adalah jajaran iPhone terbaru yang dirilis Apple pada tahun 2019 kemarin, diusianya yang masih sangat muda (ketika postingan ini ditulis) tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan iPhone 11 mereka sangat mudah panas entah itu saat digunakan untuk bermain game, menonton video, membuka sosial media hingga panas yang berlebih saat diisi daya (charging).


Lalu kenapa dan apa yang menyebabkan iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max kalian cepat panas? apakah ada kerusakan pada iPhone tersebut? Seperti yang kita ketahui ada banyak kemungkinan yang dapat menjadi penyebab iPhone 11 kalian menjadi mudah panas, pertama karena faktor eksternal (lingkungan), kedua faktor penggunaan, ketiga faktor kesalahan / kerusakan dari iPhone itu sendiri walaupun hal ini sangat jarang terjadi.

Untuk mengatasi panas berlebih pada iPhone 11 sendiri tidaklah sulit dan bukan merupakan masalah yang serius, untuk memperbaiki panas pada iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max kalian cukup mengikuti beberapa tips dan cara berikut :

Restart iPhone

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah merestart iPhone kalian, caranya : Tekan dan Tahan tombol Volume Atas / Bawah bersamaan dengan tombol Power / Lock hingga muncul menu untuk mematikan iPhone, jika sudah silakan matikan iPhone kalian tunggu hingga sekitar 30 detik kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol Power / Lock.

Panas Karena Kecerahan Layar Terlalu Terang

Kecerahan layar yang terlalu terang tentu saja dapat membuat iPhone menjadi jauh lebih cepat panas disamping itu penggunaan baterai juga akan meningkat tajam, sangat disarankan untuk mengurangi kecerahan layar atau mengaktifkan mode kecerahan otomatis (Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kecerahan Otomatis).


Update ke iOS Terbaru

iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max datang dengan iOS 13 yang "katanya" dipenuhi dengan berbagai macam bug ketika pertama kali dirilis, untuk itu sangat disarankan kalian untuk memperbarui iOS kalian ke versi terbaru untuk mendapatkan perbaikan-perbaikan terutama yang dapat menyebabkan panas berlebih.


Nonaktifkan Backup / Pencadangan Otomatis

iPhone sendiri memiliki fitur backup / pencadangan otomatis ke iCloud, yang akan membackup file media seperti foto secara otomatis ketika terhubung ke jaringan Wi-Fi, proses backup ini tentu saja berjalan secara diam-diam dilatar belakang.

Efeknya iPhone kalian akan bekerja lebih untuk menjalankan proses backup ini apalagi jika ditambah kualitas jaringan yang buruk, untuk itu jika kalian tidak keberatan kalian bisa menonakitfkan pencadangan otomatis foto ataupun video ini melalui Pengaturan > Foto kemudian matikan menu Foto iCloud, hingga mendapatkan kualitas jaringan WiFi yang lebih baik dan stabil.


Nonaktifkan Update Aplikasi Otomatis

Selain membackup foto secara otomatis ke iCloud, iPhone juga biasanya akan mengupdate aplikasi yang didownload melalui AppStore secara otomatis ketika tersambung ke jaringan Wi-Fi, proses ini juga akan membebani kinerja iPhone apalagi ditambah koneksi internet yang buruk membuat iPhone bekerja ekstra lebih keras dan menghasilkan panas berlebih. Jadi disarankan untuk menonaktifkan fitur update aplikasi secara otomatis melalui Pengaturan > iTunes & App Store kemudian nonaktifkan semua menu yang terdapat pada Pegunduhan Otomatis, contohnya bisa kalian lihat gambar dibawah berikut :


Nonaktifkan Segarkan App di Latar

Fitur Segarkan App di Latar berfungsi agar aplikasi yang terinstall pada iPhone kalian dapat mengambil data (bekerja) menggunakan Wi-Fi atau data seluler meskipun sedang tidak digunakan, hal ini akan menambah beban kinerja sehingga membuat iPhone sedikit lebih cepat panas, untuk menonaktifkan fitur Segarkan App di Latar silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar > Segarkan App di Latar > Mati.


Nonaktifkan Fetch dan Push Email

Email yang kalian gunakan pada iPhone akan selalu memperbarui datanya disetiap saat, selain dapat menguras baterai fitur ini juga dapat membebani kinerja iPhone sehingga iPhone menjadi lebih mudah panas.

Untuk mengatasinya silakan nonaktifkan fitur Fetch dan Push melalui aplikasi Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru kemudian ubah seluruh menu dari Fetch ke Manual / Secara Manual.


iPhone Baru? Tunggu Beberapa Hari

Jika iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max kalian masih baru dan baru saja kalian gunakan (aktifkan), maka sedikit panas pada iPhone dirasa cukup wajar mengingat iPhone akan menyesuaikan dirinya untuk pengaturan-pengaturan yang kalian buat (mirip dengan adaptasi). Untuk itu silakan tunggu sekitar beberapa hari kedepan dan iPhone kalian akan bekerja normal kembali.

Panas saat Dicas Saja?

Khusus iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max datang dengan aksesoris charger 'Adaptor Fast Charging 18W' ketika pertama kali dibeli. Adaptor Fast Charging ini digunakan untuk melakukan pengisian daya lebih cepat bahkan dapat mengisi daya hingga 50% dalam waktu 30 menit saja, namun kecepatan tersebut harus dibayar dengan panas berlebih yang dihasilkan ketika melakukan pengisian daya dan hal tersebut normal, untuk menghindari panas berlebih pastikan kalian tidak menggunakan iPhone tersebut ketika sedang diisi daya tips lainnya silakan lepaskan case pada iPhone ketika sedang diisi daya.

gambar : Apple

Sebagai perbandingan saja iPhone pada umumnya seperti iPhone 7, 8, X dan iPhone 11 (bukan Pro) menggunakan charger bawaan 5W yang ukurannya jauh lebih kecil daripada adaptor yang dipaketkan bersama iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max. (tambahan iPhone 8, X dan 11 bukan pro juga mendukung Fast Charging hanya saja tidak dilengkapi adaptor fast charging saat pertama kali dibeli / dijual terpisah)

Jangan Dimainkan Sambil Diisi Daya / Charge

Untuk menegaskan hal diatas kembali, disarankan agar tidak memainkan iPhone kalian sambil diisi daya / charge, apalagi digunakan sambil bermain game dengan grafik yang cukup berat. Selain dapat membuat iPhone lebih cepat panas dampak jangka panjangnya dapat menurunkan kesehatan baterai maupun kualitas dari iPhone itu sendiri.

Kualitas Jaringan Yang Buruk

Kualitas jaringan seluler yang buruk juga mempengaruhi kinerja iPhone, semakin buruk kualitas jaringan maka iPhone akan bekerja ekstra untuk menstabilkan jaringan tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan Wi-Fi sebagai pengganti data seluler sampai kualitas jaringan kembali pulih normal.


Hindari Menaruh iPhone Dibawah Sinar Matahari

Hal ini juga penting, pastikan kalian tidak menaruh iPhone kalian secara langsung dibawa sinar matahari dan tidak memainkan iPhone kalian terlalu lama dibawah paparan sinar matahari.

Kondisi Suhu Ruangan yang Panas

Suhu / Temperatur ruangan yang panas juga dapat membuat iPhone menjadi lebih cepat panas, apalagi jika digunakan untuk bermain game berat ataupun editing video.

Ya.. itu dia penyebab-penyebab kenapa iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max kalian cepat panas, apabila sudah mengikuti cara-cara diatas namun iPhone tetap panas bahkan panas saat tidak digunakan, kemungkinan besar ada kesalahan pada iPhone kalian. Disarankan untuk membawa iPhone kalian ke authorized Apple Store di Indonesia atau jika masih dalam masa garansi sebaiknya digaransikan.

Baik sekian tips dan trik untuk mengatasi iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang Cepat Panas, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!