Cara Soft Reset / Restart iPhone 8, 7, 6S, 6, 5S dan 5 dan lebih lama

Soft Reset atau Soft Restart adalah metode yang digunakan untuk memulai ulang sistem pada iPhone secara halus, cara ini merupakan salah satu cara terbaik yang dapat kalian gunakan untuk memulai ulang sistem iOS kalian yang memiliki masalah namun layar dan tombol tetap dapat merespon atau hanya sekedar untuk menyegarkan kembali iPhone kalian.


Untuk melakukan Soft Reset / Restart sebenarnya sangatlah mudah tanpa harus menggunakan kombinasi tombol apapun yang terkesan rumit, disini kalian hanya perlu mematikan iPhone kalian kemudian menyalakannya kembali menggunakan cara yang seharusnya, kalau begitu langsung saja berikut caranya :

Cara Soft Reset / Restart iPhone 8, 7, 6S, 6, 5S dan 5 dan lebih lama

Pertama tekan dan tahan tombol Power / Lock yang terdapat dibagian samping ( iPhone 8, 7, 6s, 6 ) atau dibagian atas ( iPhone 5S, 5, 5C, 4S, 4, 3GS, 3G, 2G ) selama sekitar 5 - 10 detik, jika sudah akan muncul menu untuk mematikan iPhone, selanjutnya silahkan geser tombol / icon power untuk mematikan iPhone.

Tunggu hingga sekitar 15 - 30 detik kemudian tekan dan tahan kembali tombol Power / Lock untuk menyalakan iPhone kembali, dan soft reset telah berhasil dilakukan. Dengan menggunakan Soft Reset iOS kalian akan terasa lebih fresh dan menjadi lebih cepat kembali.

Baca Juga : Cara Soft Reset / Restart iPhone X, XR, XS dan 11

Namun bagi kalian yang mencari cara memperbaiki iPhone yang stuck, tidak responsive, tidak bisa disentuh, tombol tidak merespon dan lain sebagainya, kalian diharuskan menggunakan cara Hard Reset atau yang disebut juga Force Restart / Restart Paksa, untuk caranya silahkan ikuti langkah berikut :

Cara Hard Reset / Restart Paksa iPhone 8, 7, 6S, 6, 5S dan 5 dan lebih lama

Khusus iPhone 8 / 8 Plus lakukan dengan cepat : tekan tombol Volume Atas kemudian lepas, tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas, terakhir tekan dan tahan tombol Power / Lock hingga iPhone restart ( mengeluarkan logo Apple ).

Khusus iPhone 7 / 7 Plus : tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone resrtart ( mengeluarkan logo Apple ).

Khusus pengguna iPhone 6S, 6, 5S, 5, 5C atau lebih lama : tekan dan tahan tombol Power / Lock + Home secara bersamaan hingga iPhone resrtart ( mengeluarkan logo Apple ).

Baik sekian informasi Cara Soft Reset / Restart iPhone 8, 7, 6S, 6, 5S dan 5 dan lebih lama ( ditambah bonus cara hard reset / force restart / restart paksa ), apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!