Cara Mengembalikan Catatan Yang Terhapus / Hilang Di iPhone

Menyimpan catatan penting pada aplikasi Catatan di iPhone merupakan hal yang biasa dilakukan, apalagi aplikasi catatan di iPhone bisa dikunci dengan password. Namun apa jadinya jika catatan penting kita tidak sengaja terhapus atau hilang karena habis direset? tentu saja sangat mengecewakan.


Namun tidak perlu khawatir, iPhone sendiri memiliki fitur backup data otomatis ( termasuk data catatan ) ke layanan iCloud milik kalian. Selain itu ada juga fitur tempat sampah yang mana apabila catatan tidak sengaja terhapus maka bisa dikembalikan lagi, asalkan tidak melebihi 30 hari sejak dihapus. Baik tanpa banyak promosi fitur langsung saja berikut cara-cara yang dapat kalian gunakan untuk mengembalikan catatan yang terhapus pada iPhone.

Cek Folder Baru Dihapus

Apabila file catatan yang terhapus tersebut belum lebih dari 30 hari, kalian masih dapat menemukan file catatan tersebut pada folder 'Baru Dihapus'. Jika sudah ketemu silahkan tap pada catatan yang ingin dikembalikan kemudian pilih Pindahkan ke menu Catatan.


Cek Di iCloud 

Nah seperti yang sudah saya jelaskan diawal, data catatan kalian akan secara otomatis dibackup ke akun penyimpanan iCloud yang terdapat pada iPhone kalian. Meskipun file catatan sudah tidak ada dan terhapus permanen kalian tetap dapat menemukannya di iCloud. Caranya :

Cara #1 : Buka aplikasi Pengaturan kemudian pilih nama iCloud kalian, lalu pilih lagi menu iCloud kemudian pastikan kalian sudah menyalakan iCloud untuk aplikasi Catatan. Jika sudah silahkan kembali ke aplikasi catatan dan lihat catatan kalian yang ada di iCloud otomatis akan muncul disana, jika belum juga coba matikan iCloud untuk catatan pada menu tadi kemudian nyalakan kembali dan lihat hasilnya.



Cara #2 : Silahkan login akun iCloud kalian pada website iCloud, jika sudah silahkan tap pada menu Catatan dan otomatis catatan kalian yang terbackup akan muncul disana.


Cek Backup iTunes

Sudah dicek di iCloud tidak juga ada? jika sebelumnya ( saat catatan masih ada ) kalian pernah melakukan backup data melalui iTunes di Komputer, kalian masih mendapatkan kesempatan untuk mengembalikan catatan yang terhapus. Caranya? silahkan hubungkan iPhone kalian ke komputer kemudian buka aplikasi iTunes selanjutnya silahkan pilih restore data-data yang sudah terbackup.

Ya.. itu saja cara-cara yang dapat kalian gunakan untuk mengembalikan catatan kalian yang terhapus. Penting untuk diperhatikan, apabila kalian memiliki banyak catatan berharga pastikan kalian menyalakan menu iCloud untuk aplikasi Catatan seperti cara kedua diatas, tujuannya agar setiap data yang ada pada iPhone kalian secara otomatis akan tersimpan juga di iCloud. Jadi jika ada hal-hal tidak terduga yang menyebabkan catatan berharga kalian terhapus, maka ada cadangannya di iCloud :)

Baik sekian informasi cara mengembalikan catatan pada iPhone, iPad atau iPod yang terhapus permanen, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!