Cara Menghilangkan Update Apple ID Settings Di Pengaturan iPhone

Ketika sudah memasukkan Apple ID di iPhone atau iPad namun kalian mendapati peringatan atau pesan saran ID Apple yang bertuliskan 'Update Apple ID Settings' pada aplikasi Pengaturan iPhone? kalian tidak sendiri, hal ini juga terjadi pada saya dan banyak pengguna iPhone lainnya diluar sana. Entah apa yang menyebabkan munculnya peringatan tersebut, padahal sudah jelas-jelas sudah login Apple ID, namun peringatan tersebut tidak kunjung hilang.


Saran ID Apple - Update Apple ID Settings - some account services will not be available untul you sign in again.

Meskipun peringatan tersebut tidak berpengaruh apa-apa, tetapi tetap saja seperti ada hal tidak beres yang terjadi pada iPhone. Dan untuk memperbaiki alias menghilangkan peringatan tersebut, pada postingan kali ini saya akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian gunakan, kalau begitu langsung saja berikut caranya.

Restart iPhone kalian dan Coba Kembali

Langkah pertama yang dapat kalian coba adalah dengan merestart iPhone, caranya silahkan matikan iPhonenya kemudian nyalakan kembali, caranya...

  • Untuk iPhone 8 Plus, 8, 7 Plus, 7, 6S, 6 dan lebih lama silahkan tekan dan tahan tombol Power / Lock hingga muncul menu untuk mematikan iPhone.
  • Untuk iPhone X, XR, XS, 11 dan lebih baru silahkan tekan tombol Volume Atas dan Power / Lock secara bersamaan hingga muncul menu untuk mematikan iPhone.

Setelah itu coba login kembali melalui menu peringatan Update Apple ID Settings, jika tidak berhasil lanjutkan cara dibawah.

Relogin Apple ID ( logout - login ulang )


Cara kedua yang dapat kalian coba adalah dengan mengeluarkan Apple ID kalian kemudian Login kembali, caranya pada aplikasi Pengaturan tap pada menu akun Apple ID kalian ( yang berada pada bagian atas ), kemudian pilih Keluar. 

Jika sudah berhasil keluar selanjutnya silahkan masuk kembali dengan Apple ID kalian dan lihat hasilnya.

Reset Pengaturan iPhone


Jika cara diatas tidak berhasil, silahkan reset pengaturan iPhone kalian ke pengaturan awal ( default ). Dengan mereset pengaturan iPhone semua susunan icon termasuk password wi-fi tersimpan akan direset ( tanpa menghapus data ). Untuk caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang selanjutnya pilih menu Atur Ulang Pengaturan. Jika sudah silahkan coba login kembali lihat hasilnya.

Update ke iOS Terbaru


Apabila cara diatas tidak berhasil, coba update iOS / iPadOS kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, gunakan Wi-Fi dan pastikan perangkat memiliki minimal 50% baterai sebelum menginstall update.

Coba Gunakan Apple ID Lainnya

Kalian bisa coba membuat Apple ID baru atau menggunakan Apple ID lainnya, apabila berhasil kemungkinan besar Apple ID kalian memiliki masalah, entah itu belum memverifikasi nomor ( autentikasi dua faktor ) dan lain sebagainya, coba tinjau kembali pada pengaturan Akun Apple ID kalian.

Coba Gunakan Jaringan Internet Lainnya

Cara terakhir, silahkan coba login kembali menggunakan jaringan internet lainnya dan lihat hasilnya, apabila tidak berhasil, silahkan perhatikan solusi terakhir berikut.

Solusi Terakhir...

Bagi beberapa orang mungkin salah satu cara diatas dapat memperbaiki masalah pesan saran ID Apple 'Update Apple ID Settings', tetapi tidak semua berhasil menggunakan cara-cara diatas. Nah solusi terakhir yang dapat kalian gunakan adalah dengan mereset seluruh pengaturan dan data pada iPhone tersebut, namun cara ini sedikit merepotkan karena kalian akan kehilangan semua data-data pada iPhone kalian, untuk melanjutkan disarankan untuk membackup seluruh data-data terlebih dahulu melalui iCloud atau iTunes. Jika berniat untuk melanjutkan berikut caranya.

Menghapus Seluruh Data Pada iPhone

Cara ini merupakan cara paling terakhir dari semua cara diatas, kalian bisa coba mereset dengan menghapus seluruh data pada iPhone kalian ( termasuk aplikasi dan foto ). Sebelum melanjutkan pastikan kalian sudah membackup seluruh data-data penting melalui iTunes atau iCloud. Jika semua sudah beres silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih Hapus Konten & Pengaturan. Ingat pastikan kalian sudah membackup data-data penting kalian terlebih dahulu.

Hapus Seluruh Data Menggunakan iTunes

Bila cara menghapus pertama diatas tidak membuahkan hasil, pertimbangkan untuk merestore iPhone kalian menggunakan iTunes, cara selengkapnya bisa kalian baca pada postingan berikut :

( pilih salah satu )

#1 : Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes
#2 : Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

Ya.. itu saja cara-cara untuk menghilangkan pesan saran ID Apple 'Update Apple ID Settings' yang terdapat pada apkasi Pengaturan / Settings iPhone. Sebenarnya pesan ini tidak berefek apa-apa, admin sendiri masih bisa menggunakan iPhone dengan layanan-layanannya seperti biasa, namun agak kurang menarik saja jika dilihat lama-lama hehe.. semua tergantung selera masing-masing.

Baik sekian postingan kali ini, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!