Penyebab dan Cara Mengatasi Face ID Tidak Tersedia pada iPhone

Face ID merupakan salah satu teknologi autentikasi yang menggunakan pengenalan wajah kalian sebagai kuncinya, Apple sendiri mulai menggunakan teknologi Face ID pertama kalinya melalui iPhone X kemudian diikuti oleh generasi iPhone berikutnya. Walaupun terlihat canggih tetap saja teknologi Face ID ini tidak lepas dari yang namanya masalah, beberapa pengguna iPhone X, XR, XS, 11 hingga yang terbaru mengalami masalah dimana mereka tidak bisa menggunakan Face ID dengan peringatan " Face ID Tidak Tersedia " atau " Face ID Is Not Available ".


Lalu apa yang menyebabkan peringatan tersebut? dan bagaimana cara mengatasinya? penyebab dari peringatan tersebut bisa disebabkan oleh 2 faktor pertama faktor bug pada iOS dan yang kedua faktor hardware. Namun supaya tidak penasaran, untuk memastikan dan memperbaikinya kalian dapat mencoba cara-cara berikut ini.

Restart Paksa / Force Restart iPhone

Restart Paksa adalah salah satu metode yang membuat iPhone menjadi fresh kembali ( tidak ada data yang dihapus selama force restart ), untuk melakukan restart paksa caranya cukup mudah silahkan ikuti cara-cara berikut ini :

> Khusus Pengguna iPhone 8 / Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro dan 11 Pro Max <


( lakukan dengan sedikit cepat dan jangan dijeda terlalu lama antar perpindahan tombol )

#1 : Tekan tombol Volume Atas kemudian Lepas

#2 : Tekan tombol Volume Bawah kemudian Lepas

#3 : Tekan dan Tahan tombol Power / Lock selama sekitar 10 - 15 detik atau hingga iPhone mengeluarkan logo Apple alias Restart.

Jika iPhone sudah menyala kembali silhakan coba lagi Face IDnya apakah sudah berfungsi atau belum.

Reset Pengaturan iPhone


Jika cara-cara diatas tidak berhasil, silahkan reset pengaturan iPhone kalian ke pengaturan awal ( semua pengaturan iPhone akan dikembali ke pengaturan semula namun tidak ada data yang dihapus ), caranya buka aplikasi Pengaturan > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan. Jika sudah silahkan coba kembali Face IDnya apakah sudah berfungsi atau belum.

Update ke iOS Terbaru


Pastikan kalian juga sudah menggunakan iOS versi terbaru yang tersedia saat ini, untuk mengupate iOS kalian ke versi terbaru silahkan masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, pastikan juga kalian menggunakan Wi-Fi untuk mendownload dan menginstall update jika tersedia.

Solusi Terakhir...

Cara-cara diatas tidak membuahkan hasil dan Face ID pada iPhone kalian masih tetap mengeluarkan peringatan Tidak Tersedia? kemungkinan besar masalah ini datang dari komponen Face ID atau Layar iPhone kalian.

Perlu diketahui juga apabila sebelumnya iPhone tersebut pernah diganti Layar atau Mesin dengan komponen yang tidak resmi dari Apple (tidak ditangani teknisi resmi Apple), maka Face ID tidak akan bekerja. Hal ini disebabkan oleh sensor Face ID pada iPhone yang menyatu dan merupakan bagian dari layar atau mesin, jadi ketika layar atau mesin diganti dengan yang tidak resmi maka Face ID juga tidak akan berfungsi.

Atau kemungkinan komponen Face ID pada iPhone memang mengalami kerusakan, entah karena terjatuh dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah pada Face ID ini sangat disarankan untuk membawanya ke Authorized Apple untuk ditangan oleh teknisi resmi, walaupun harga yang akan kalian bayarkan terbilang cukup mahal.

Satu lagi jika iPhone kalian masih dalam masa garansi (pastikan tidak ada cacat fisik atau pecah) kalian bisa mencoba menggaransikan iPhone tersebut.

Baik sekian informasi penyebab dan cara mengatasi face id pada iPhone yang tidak tersedia, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!