Solusi Memperbaiki Kaca Lensa Kamera iPhone yang Pecah / Retak

Dengan keunikan dan keunggulannya sendiri banyak pengguna yang sangat menyukai kamera pada iPhone, sehingga fungsi kamera sulit bahkan tidak pernah lepas dari kebiasaan menggunakan iPhone dalam aktivitas sehari-hari. Namun apa jadinya jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, misalnya saja kaca lensa pada kamera belakang iPhone kalian ternyata pecah, entah karena jatuh atau terbentur benda lainnya. Pecahnya kaca pada kamera iPhone merupakan mimpi buruk dimana fungsi kamera tentu saja tidak akan berjalan dengan baik.


Lalu bagaimana dan apa solusi terbaik yang dapat kalian lakukan untuk memperbaiki kaca kamera iPhone yang pecah? apakah kaca kamera iPhone bisa diganti dengan yang baru? dimana saya harus memperbaiki kaca kamera iPhone yang pecah?

Kaca Kamera Menyatu Dengan Body ( housing ) iPhone

Pertama perlu kalian ketahui bahwa Kaca pada kamera iPhone secara permanen merekat pada body ( housing ) bagian belakang iPhone, sehingga untuk mengganti kaca kamera pada iPhone kalian harus mengganti seluruh body bagian belakang iPhone. Tentu saja hal ini bukanlah kabar yang menggemberikan dimana untuk mengganti body bagian belakang iPhone dibutuhkan biaya yang sangat mahal. Bagi yang berniat kalian dapat membawa iPhone kalian ke Store Authorized Apple di Indonesia.

Satu lagi, bagi yang iPhonenya masih dalam masa garansi dan berniat menggaransikan iPhone tersebut, sangat disayangkan pecah atau kerusakan fisik tidak ditanggung oleh garansi.

Solusi Mengganti Kaca Kamera iPhone Tanpa Mengganti Body

Ya kalian bisa mengganti kaca kamera pada iPhone tanpa mengganti bodynya, namun cara ini sangat sulit untuk dipraktekan dan memiliki resiko yang cukup besar. Kalian dapat membeli komponen 'Lensa Kaca Kamera' sesuai dengan iPhone yang kalian gunakan ( kalian bisa cari di toko-toko Online ), kemudian memasangnya sendiri atau dengan bantuan orang lain.

Untuk pemasangannya sendiri ada yang dari dalam ( iPhone harus dibuka ) dan ada yang dari luar. Tetapi jika tidak mau repot-repot kalian bisa datang ke tempat service smartphone terpercaya yang dapat mengganti kaca kamera iPhone yang pecah.

Untuk contoh mengganti kaca kamera iPhone sendiri bisa kalian cek video berikut :


Tips Menghindari Agar Kamera iPhone Tidak Mudah Pecah

Jika masalah kamera pecah pada iPhone sudah teratasi, selanjutnya pastikan untuk menjaga iPhone tersebut agar hal yang sama tidak terulang kembali, untuk melindungi kaca lensa kamera pada iPhone apalagi jika terjatuh, sangat disarankan untuk menggunakan case Protective ( seperti anti-crack atau case premium dengan sertifikasi Drop Protection ), menggunakan case merupakan salah satu investasi juga. Kalian juga bisa menggunakan tempered glass khusus kamera jika diperlukan.

Selanjutnya adalah dengan menghindari agar sebisa mungkin iPhone kalian tidak terjatuh, apapun case yang kalian pakai jika iPhone sudah terjatuh maka keberuntungan iPhone kalian dipertaruhkan.

Baik sekian Solusi untuk memperbaiki lensa kaca kamera iPhone yang pecah atau retak akibat jatuh, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!