Penyebab Pesan Tidak Dapat Memverifikasi Layar Apple yang Asli pada iPhone

Bagi kalian pengguna iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max atau yang lebih baru, jika kalian menerima notifikasi peringatan Pesan Layar Penting dengan deskripsi:

Gambar : Apple


Tidak dapat memverifikasi apakah iPhone ini memiliki layar Apple yang asli (Unable to verify this iPhone has a genuine Apple display)

Notifikasi tersebut menunjukkan ada salah pada layar yang digunakan oleh iPhone kalian.

Sejak iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max Apple telah menanamkan fitur yang dapat mendeteksi apakah layar yang digunakan pada iPhone tersebut palsu atau asli.

Jika terdeteksi palsu maka munculah peringatan Pesan Layar Penting (Important Display Message) seperti yang sudah ditunjukkan di atas. Tetapi jika layar iPhone kalian asli seharusnya pesan ini tidak akan muncul.

Namun di samping itu seperti yang dilaporkan oleh iFixit, meskipun layar iPhone 11 diganti dengan layar original milik iPhone 11 lainnya, Pesan Layar Penting akan tetap muncul. Kemungkinan besar hal ini disebabkan Apple telah merancang setiap perangkat iPhone terintegrasi dengan komponen yang dibawanya termasuk layar.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi dan Menghilangkan Pesan Tersebut?

Notifikasi Pesan Layar Penting (Important Display Message) dapat hilang dengan sendirinya setelah kurang lebih 4 hari, selanjutnya untuk 15 hari kedepan notifikasi tersebut akan pindah ke menu Mengenai dalam aplikasi Pengaturan tepatnya pada menu Umum > Mengenai.

Apabila sudah melewati 15 hari notifikasi ini akan muncul secara otomatis pada menu Informasi Perangkat. Tujuannya agar pengguna atau staff teknisi dapat mengetahui bahwa layar digunakan iPhone tidak dapat diverifikasi keasliannya.

Sekarang untuk mengatasi dan menghilangkan pesan peringatan tersebut tentu saja hal yang dapat kalian lakukan adalah mengganti layar iPhone tersebut dengan yang Asli, silakan konsultasikan ke tempat kalian membeli. Namun apabila kalian sudah tahu bahwa iPhone yang kalian gunakan menggunakan layar yang tidak asli, pesan tersebut dapat kalian abaikan.

Kekurangan Menggunakan Layar Tidak Asli

Nah, bagi kalian yang menggunakan iPhone dengan layar yang tidak asli, ada banyak sekali nih kekurangan yang mungkin dapat kalian rasakan dibandingkan dengan menggunakan layar iPhone yang original, salah satunya adalah..

  • Sentuhan (multi-touch) mungkin kurang responsif di bagian ujung layar (tidak menyeluruh)
  • Sentuhan kadang tidak tepat (ghost touch)
  • Sentuhan tidak disengaja dapat terbaca secara otomatis
  • Tampilan True Tone tidak berfungsi dengan benar
  • Fungsi sensor cahaya otomatis yang mungkin tidak berfungsi sebagaimana mestinya
  • Kalibrasi warna yang kemungkinan besar salah
  • Tampilan tidak sama cerah dengan yang asli
  • Penggunaan baterai yang lebih boros

Dan masih banyak lagi kekurangan lainnya.

Namun, jika kalian merasa baik-baik saja dalam menggunakan layar iPhone yang tidak asli silakan dilanjutkan itu pilihan kalian. Meski tetap disarankan untuk menggunakan layar iPhone yang original agar mendapatkan fungsi dan pengalaman yang sempurna dalam menggunakan iPhone.