Arti Status Service pada Battery Health iPhone

Battery Health / Kesehatan Baterai merupakan salah satu fitur penting yang mengindikasikan kesehatan baterai pada iPhone.

Kesehatan baterai dapat dilihat dari persentase Kapasitas Maksimum, yang mana angka tersebut menunjukkan daya yang dapat ditampung oleh baterai. Semakin kecil angka pesentasenya maka mengidikasikan kesehatan baterai yang semakin buruk.

Dampak semakin kecilnya kesehatan baterai berpengaruh pada menurunnya daya penggunaan dan performa iPhone.


Namun apa jadinya apabila Battery Health tidak menunjukkan persentase kapasitas maksimum malah menunjukkan status 'Service'? sebenarnya apa maksud dari status service tersebut, apa dampaknya dan bagaimana cara memperbaikinya?

Penyebab Status Service pada Battery Health iPhone

Salah satu penyebab utama status "Service" pada baterai iPhone yakni disebabkan oleh kesehatan komponen baterai iPhone yang sudah memburuk. Hal ini juga menjadi pertanda bahwa komponen baterai pada iPhone perlu untuk segera diganti ke yang baru.

Selain itu status "Service" yang biasanya diikuti juga dengan tidak munculnya persentase kapasitas maksimum atau angka kesehatan baterai (meski tidak selalu), mengidikasikan bahwa iPhone tidak dapat memverifikasi keaslian baterai dalam arti baterai tidak diganti menggunakan komponen ataupun melalui layanan resmi dari Apple.

Cara Mengatasi Status Service Pada Battery Health iPhone

Status "Service" yang menandakan kesehatan baterai iPhone yang menurun, hanya dapat diatasi dengan mengganti baterai pada iPhone ke yang baru.

Meskipun begitu ada beberapa cara yang sementara dapat kalian gunakan untuk memperbaiki status Service pada Battery Health iPhone, berikut cara-caranya:

1. Restart iPhone

Langkah sederhana yang dapat kalian lakukan adalah dengan merestart iPhone, sederhananya silakan matikan iPhone kalian untuk beberap saat (30 detik - 1 menit). Jika sudah nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

2. Atur Ulang Pengaturan iPhone

Coba atur ulang semua pengaturan pada iPhone kalian, caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan. Cara ini akan mengatur ulang semua pengaturan pada iPhone kalian ke pengaturan awal (tanpa menghapus data).


3. Update ke iOS Terbaru

Dalam beberapa kasus masalah Service pada battery health disebabkan oleh bug pada iOS. Untuk memperbaikinya sangatlah mudah, silakan update versi iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak. Pastikan kalian menggunakan Wi-Fi dan minimal daya baterai 50%.


4. Cek Dalam Beberapa Hari

Mungkin saja iPhone belum dapat membaca kesehatan baterai karena komponen baterai yang masih baru, untuk itu coba gunakan iPhone kalian selama beberapa hari dan lihat kembali hasilnya.

5. Ganti Baterai Baru atau Biarkan Saja

Cara-cara di atas tidak ada yang berhasil? mau tidak mau mengganti baterai iPhone dengan baterai yang baru dan resmi dari Apple adalah pilihan yang tepat.

Baik itu saja informasi soal status "Service" pada battery health iPhone yang bisa admin berikan, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!