Cara Memperbaiki Layar Dead Pixel pada iPhone dan iPad

Layar pada iPhone yang kita gunakan terdiri dari gabungan banyak pixel kecil, semakin rapat pixel maka semakin tajam juga kualtias layar. Ketajaman dan kepadatan pixel ini biasanya diukur dalam bentuk resolusi contohnya 1920x1080, 2560x1440, 3840 x 2160 dan seterusnya. Dalam beberapa kasus tertentu salah satu pixel pada layar tersebut mengalami kerusakan sehingga tidak dapat menyala, hal inilah yang di sebut sebagai Dead Pixel.


Contoh Gambar Dead Pixel pada layar iPhone 7 milik Admin

Dead Pixel berbeda dengan Stuck Pixel. Ciri-ciri dari Dead Pixel yaitu terdapat titik berwarna hitam dan sangat jelas terlihat saat layar menampilkan warna putih. Sedangkan Stuck Pixel adalah pixel yang error atau tertahan pada warna tertentu, misalnya saja merah, hijau atau biru. Untuk postingan kali ini saya akan fokus saja ke cara memperbaiki layar Dead Pixel.

Cara Memperbaiki Layar Dead Pixel di iPhone

Meskipun bisa dibilang kemungkinannya cukup kecil untuk memperbaiki layar iPhone yang deadpixel, namun kalian dapat mencoba beberapa cara berikut ini ( semoga beruntung ).

Restart iPhone

Cara paling sederhana pertama adalah dengan merestart iPhone kalian, sederhananya silahkan matikan iPhone sekitar satu hingga dua menit kemudian nyalakan kembali. Bila beruntung Dead Pixel pada layar akan segera hilang.

Cek Kemungkinan Debu / Kotoran Menempel

Coba cek juga apakah hal tersebut benar-benar Dead Pixel atau hanya debu / kotoran halus yang menempel pada layar. Jika menggunakan tempered glass coba buka dan bersihkan, pastikan titik tersebut bukanlah kotoran.

Tekan Area Dead Pixel Pada Layar

Trik ini sama seperti melakukan CPR pada manusia hehe. Silahkan coba tekan agak keras pada area dimana Dead Pixel pada layar berada, tekan area tersebut agak kencang hingga sekitar 10 - 15 detik ( jangan terlalu kencang banget ya, nanti malah pecah / rusak ). Jika sudah coba lihat hasilnya.

Hangatkan Area Dead Pixel

Cara selanjutnya kalian dapat mencoba menghangatkan area Dead Pixel pada layar menggunakan handuk / kain yang hangat. Dalam beberapa kasus trik ini dapat memperbaiki Dead Pixel bahkan Stuck Pixel.

Solusi Terakhir : Ganti Layar

Trik dan Cara-cara diatas tidak ada yang berhasil? jalan paling ampuh satu-satunya yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengganti layar iPhone tersebut ke layar yang baru. Memang mengganti layar bukanlah hal yang mudah dan murah, namun perlu diketahui Dead Pixel kebanyakan besar merupakan kasus kerusakan permanen pada layar. Jadi sulit untuk memperbaiki Dead Pixel tanpa mengganti layar ke layar yang baru.

Saran admin sendiri apabila Dead Pixel hanya satu atau dua titik hitam kecil, tentu saja tidak akan mengganggu penampilan iPhone secara keseluruhan. Lagipula Dead Pixel ini tidak akan terlihat kecuali kita benar-benar memperhatikannya. Tetapi jika Dead Pixel sudah parah dan menjalar ke area lain, jalan satu-satunya adalah dengan mengganti layar yang baru.

Baik sekian informasi cara memperbaiki Dead Pixel pada iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!