Cara Mengatasi Dolphin Emulator Di Android Keluar Sendiri / Terhenti Tiba-Tiba

Dolphin merupakan aplikasi emulator yang digunakan untuk menjalankan berbagai macam rom game dari konsol Nintendo GameCube ataupun Wii. Meskipun begitu emulator yang satu ini masih terasa cukup berat untuk dijalankan pada beberapa smartphone Android yang beredar saat ini, bahkan smartphone Android dengan chipset kelas atas pun masih kesulitan menjalankan emulator ini dengan baik. Hal ini bisa dibilang wajar, mengingat emulator Dolphin sampai saat postingan ini ditulis masih dalam tahap Beta / Percobaan.


Disamping masalah performa, ada salah satu masalah yang seringkali dihadapi pengguna emulator Dolphin di Android, masalah tersebut adalah aplikasi dolphin yang seringkali keluar sendiri secara tiba-tiba entah itu ketika sedang proses loading game atau sudah didalam game.

Untuk mengatasi masalah emulator dolphin di Android yang tiba-tiba keluar sendiri, kalian bisa mengikuti beberapa tips dan cara berikut :

Pastikan Performa dan RAM Mencukupi

Aplikasi Emulator Dolphin merupakan salah satu emulator yang cukup berat dijalankan pada smartphone android disamping emulator daemon untuk ps2. Maka dari itu sangat disarankan sebelum menjalankan emulator dolphin pastikan kalian memiliki smartphone dengan ram minimal 4 atau 6 GB dan menggunakan chipset sekelas Snapdragon 835 atau lebih baru.


Bersihkan RAM / Restart Smartphone Android

Selanjutnya, coba bersihkan RAM pada smartphone kalian dengan cara menutup semua aplikasi lainnya yang terbuka selain aplikasi emulator dolphin. Coba juga restart smartphone kalian dan coba kembali.

Ubah Pengaturan Video Backend

Coba ubah pengaturan grafik 'Video Backend' pada emulator Dolphin kalian, caranya silahkan buka menu pengaturan grafik ( contoh lihat gambar dibawah ), kemudian pilih menu 'Video Backend'.


Jika sudah ubah dari OpenGL ke Vulkan atau sebaliknya, jika sudah silahkan coba lagi apakah aplikasi masih keluar sendiri atau tidak.

Turunkan Resolusi Dolphin

Semakin tinggi ukuran resolusi semakin berat juga emulator dolphin untuk dijalankan, untuk itu coba turunkan pengaturan resolusi kalian menjadi lebih kecil, caranya silahkan buka menu pengaturan grafik kemudian pilih menu 'Enhancements' lalu 'Internal Resolution'


Selanjutnya silahkan ubah ke resolusi terendah yang tersedia, misalnya 1x Native (640x528)


Reset Pengaturan Aplikasi Dolphin

Coba reset seluruh pengaturan aplikasi emulator dolphin, caranya silahkan buka Pengaturan smartphone Android kalian kemudian pilih Apps lalu cari Dolphin Emulator, sekarang pada menu penyimpanan pilih Bersihkan Penyimpanan ( clear storage ) dan Bersihkan Cache ( clear cache ).


Install Ulang Aplikasi Dolphin

Coba hapus aplikasi Dolphin kalian, kemudian install kembali melalui Play Store, berikut linknya : Download Dolphin Emulator via Google Play Store

Atau silahkan download APKnya melalui website resmi Dolphin - Download APK Emulator Dolphin

Gunakan Dolphin MMJ


Ya, apabila cara-cara diatas tidak ada yang membuahkan hasil, terakhir kalian bisa memanfaatkan aplikasi Dolphin MMJ ( custom build ) yang merupakan versi custom dari emulator dolphin yang memiliki kompatabilitas dan performa jauh lebih baik. Silahkan download dan install APK emulator Dolphin MMJ melalui link berikut : Download Emulator Dolphin MMJ APK Versi Terbaru untuk Android

Baik sekian cara mengatasi dan memperbaiki aplikasi emulator dolphin di Android yang keluar sendiri atau terhenti secara tiba-tiba. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!