Cara Mengatasi iPhone 5S, 6, 6S, SE, 7 dan 8 Cepat Panas Saat Digunakan

Khusus pada postingan kali ini, saya akan membagikan penyebab dan cara mengatasi iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang cepat panas saat digunakan. Seperti yang kita ketahui panas berlebih merupakan salah satu hal yang harus dihindari oleh pengguna iPhone. Selain berdampak buruk pada kesehatan baterai, panas berlebih juga dapat menurunkan daya tahan penggunaan baterai dan membuat performa iPhone jadi menurun.


Panas berlebih pada iPhone dapat disebabkan oleh banyak faktor, untuk mengatasi masalah tersebut kalian dapat mencoba beberapa cara dan tips berikut ini.

Restart iPhone

Cara paling sederhana namun cukup efektif untuk mengusir panas berlebih yang diakibatkan oleh bug pada iOS. Silahkan matikan iPhone kalian sekitar 1 menit kemudian silahkan nyalakan kembali.

Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan yang terlalu dapat membuat layar pada iPhone menjadi lebih cepat panas, disamping itu penggunaan daya baterai akan terasa lebih boros. Disarankan untuk mengurangi kecerahan layar atau menggunakan fitur Kecerahan Otomatis, caranya silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kecerahan Otomatis.


Nonaktifkan Download dan Backup Otomatis

Secara bawaan, iPhone otomatis akan mengupdate aplikasi yang tersedia dan membackup seluruh foto kalian ke dalam layanan penyimpanan iCloud. Fitur ini cukup menguras kinerja iPhone, apalagi saat jaringan internet sedang lambat. Untuk menonaktifkan fitur ini silahkan :

> Cara menonaktifkan Update Aplikasi Otomatis, masuk ke aplikasi Pengaturan > iTunes & App Store kemudian nonaktifkan semua menu Pengunduhan Otomatis.


> Cara menonaktifkan Backup Foto Otomatis, masuk ke aplikasi Pengaturan > Foto kemudian nonaktifkan Foto iCloud.


Nonaktifkan Segarkan App di Latar

Segarkan App di Latar merupakan salah satu fitur iPhone yang mengizinkan aplikasi untuk tetap berjalan walaupun sedang tidak digunakan. Hal ini akan cukup memakan kinerja iPhone yang berimbas pada panas dan cepat terkurasnya baterai. Untuk menonaktifkan fitur ini silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar.


Kualitas Jaringan Sedang Buruk

Saat kualitas jaringan sedang tidak stabil bahkan sulit mendapatkan jaringan, iPhone akan bekerja ekstra keras untuk mengoptimalkannya. Dampaknya penggunaan baterai akan lebih cepat terkuras dan membuat iPhone cepat panas. Disarankan untuk menggunakan mode pesawat untuk menonaktifkan jaringan sampai jaringan kembali stabil, atau gunakan jaringan Wi-Fi sebagai sambungan ke Internet.

Suhu Ruangan Yang Panas

Salah satu faktor yang paling berperan pada panasnya iPhone adalah suhu tempat kalian mengoperasikan iPhone tersebut. Untuk itu hindari mengoprasikan iPhone terlalu berat pada kondisi sekitar yang cukup panas, hingga mendapatkan tempat dengan suhu yang lebih sejuk.

Gunakan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah adalah fitur yang berfungsi untuk membatasi kinerja iPhone dengan mematikan beberapa fitur yang dapat menguras baterai dan berdampak juga pada panasnya iPhone. Fitur ini juga akan mengurangi sedikit kecerahan layar pada iPhone dan menonaktifkan fetch email. Untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah dapat kalian lakukan melalui icon baterai pada Pusat Kontrol atau masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah.



Hindari Menggunakan iPhone Sambil Diisi Daya

Mengisi daya baterai iPhone sambil digunakan, dapat berdampak buruk pada kesehatan baterai. Baterai akan bekerja ekstra keras saat diisi daya sambil digunakan, dampaknya pengisian daya akan semakin lambat dan suhu baterai akan meningkat. Disarankan untuk tidak menggunakan iPhone saat diisi daya dan melepaskan case pada iPhone agar selama mengisi daya suhu iPhone tetap dalam keadaan normal.

Update Ke iOS Terbaru

Menggunakan iOS versi terbaru juga dapat memperbaiki masalah iPhone yang cepat panas, untuk mengupdate ke iOS terbaru pastikan kalian terhubung ke jaringan internet yang kencang dan stabil ( Wi-Fi ), dan sisakan baterai minimal 50%. Jika sudah silahkan download dan install iOS versi terbaru melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.



Cek Kesehatan Baterai

Semakin buruknya kesehatan baterai juga dapat mempengaruhi iPhone yang cepat panas, cek kesehatan baterai kalian melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai > Kapasitas Maksimum. Dalam kasus tertentu apabila kepasitas maksimum sudah menyentuh dibawah angka 60%, mengganti baterai dengan yang baru adalah pilihan terbaik.

Baik sekian cara-cara mengatasi baterai pada iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang cepat panas saat sedang digunakan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!