Penyebab Battery Health iPhone 6S, SE, 7 dan 8 Cepat Menurun

Saat ini fitur Battery Health / Kesehatan Baterai pada iPhone, menjadi salah satu standar yang mengindikasikan kesehatan baterai yang berdampak pada kualitas daripada iPhone itu sendiri. Tidak dipungkiri kesehatan baterai lithium-ion yang digunakan iPhone, akan menurun seiring dengan waktu. Semakin buruknya kesehatan baterai maka akan semakin banyak masalah yang muncul pada iPhone, seperti waktu penggunaan yang lebih pendek dan performa yang semakin menurun.


Penyebab Kesehatan Baterai Pada iPhone Cepat Menurun

Beberapa pengguna iPhone dengan model lebih lama seperti iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, sering mengeluhkan baterai health pada iPhone mereka yang sangat cepat menurun. Sebenarnya apa saja faktor penyebab kenapa baterai health cepat menurun? bagaimana cara menjaga dan memperlambat penurunan kesehatan baterai pada iPhone?

Kebiasaan Buruk Dalam Melakukan Pengisian Daya

Baterai lithium-ion yang digunakan iPhone tersusun dari berbagai macam komponen yang sangat rumit. Sering membiarkan baterai iPhone hingga dibawah 10% terus-menerus berdampak pada daya tampung daya baterai yang semakin menurun. Disamping itu melakukan pengisian daya hingga 100% terus menerus ( semalaman ) juga dapat memperpendek usia baterai pada iPhone, hal ini sudah dibuktikan sendiri oleh Apple, dengan menerapkan fitur pengoptimalan pengisian daya yang membatasi pengisian daya hingga 80% saja dalam kondisi tertentu, tujuannya untuk meminimalisir penurunan kesehatan baterai iPhone.


Suhu iPhone Sering Panas

Panas adalah salah satu musuh dari baterai, iPhone sendiri di desain untuk beroperasi dengan baik pada suhu 16° C hingga 22° C. Membiarkan iPhone terpapar suhu diatas 35° C dalam mengakibatkan penurunan kesehatan baterai pada iPhone hingga kerusakan permanen. Jadi untuk menjaga agar kesehatan baterai tetap awet, pastikan iPhone kalian tidak sering mengalami panas yang berlebih. Saat melakukan pengisian daya juga disarankan untuk melepaskan case agar iPhone teraliri udara yang segar. Penting juga untuk menghindari menggunakan iPhone sambil di isi daya.


Gambar : Apple

Siklus Pengisian Daya Yang Sudah Cukup Banyak

Baterai pada iPhone sendiri akan menurun kesehatannya seiring dengan waktu, apabila iPhone kalian sudah berumur cukup lama misalnya 1 atau 2 tahun, penurunan kesehatan baterai adalah hal yang normal dan wajar. Apple sendiri menjelaskan bahwa dalam 500x siklus pengisian penuh baterai, akan menurunkan kesehatan baterai iPhone pada kisaran angka 80%. Intinya semakin tinggi usia dari iPhone tersebut semakin besar kemungkinan kesehatan baterai menurun.

Tips Menjaga Baterai Health iPhone 6S, SE, 7 dan 8 Agar Tetap Awet

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kalian terapkan untuk menjaga kesehatan baterai pada iPhone kalian agar tetap awet, setidaknya memperlambat penurunan kesehatan baterai.

  • Langkah awal terbaik adalah dengan menggunakan aksesoris charger yang asli dari Apple
  • Sebisa mungkin hindari membiarkan baterai iPhone di bawah 20% apalagi sampai kosong total
  • Isi daya hingga 80% saja apabila tidak ada hal yang mendesak
  • Hindari mengisi daya iPhone sambil dimainkan
  • Lepas case iPhone selama di isi daya, apalagi saat menggunakan fast charging
  • Jaga suhu iPhone agar tidak terlalu panas
  • Kurangi kecerahan layar untuk menjaga daya tahan baterai dan menurunkan suhu iPhone
  • Rutin melakukan update ke iOS terbaru
  • Hindari menggunakan power bank berkualitas rendah

Selain tips-tips diatas Cepat atau Lambatnya penurunan battery health di iPhone dipengaruhi juga oleh model iPhone, semakin baru model iPhone yang kalian gunakan semakin lambat juga penurunam battery health. Hal ini wajar sebab Apple selalu memberikan fitur dan kualitas terbaik disetiap perilisan iPhone terbaru.


Baik itu saja penyebab battery health iPhone cepat menurun dan tips menjaga kesehatan baterai iPhone agar tetap awet. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!