Cara Mudah Mengatasi Game Sering Force Close Di iPhone dan iPad

iPhone merupakan salah satu smartphone terbaik yang dapat kalian gunakan untuk bermain game, namun ada sebagian penguna iPhone yang sering mengeluhkan game yang mereka mainkan tiba-tiba mengalami Force Close atau tertutup sendiri. Dalam banyak kasus Force Close ini terjadi pada judul game yang sekarang sedang populer seperti PUBG Mobile, Call of Duty, Mobile Legends, Free Fire dan lain sebagainya.


Game yang force close di iPhone dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari bug pada iOS hingga kesalahan pada game itu sendiri. Nah supaya tidak menebak-nebak dan penasaran apa penyebabnya, langsung saja berikut cara-cara mengatasi dan memperbaiki game yang force close di iPhone.

Restart iPhone

Cara pertama yang wajib kalian coba adalah dengan merestart iPhone kalian, caranya silakan matikan iPhone selama sekitar 1 menit, setelah itu silakan nyalakan kembali dan coba lihat hasilnya.

Coba Matikan Mode Daya Rendah

Dalam beberapa kasus Mode Daya Rendah dapat menyebabkan game force close, silakan matikan mode daya rendah dan coba kembali.


Tutup Semua Aplikasi Berjalan

Pastikan juga kalian telah menutup seluruh aplikasi lainnya yang masih terbuka, dan sisakan game yang akan dimainkan saja. Hal ini untuk menambah ruang lega pada RAM iPhone.

Update Game Ke Versi Terbaru

Untuk dapat berjalan dengan baik apalagi game Online, kalian harus rutin melakukan update game apabila tersedia. Untuk cek dan mengupdate game silakan masuk ke App Store kemudian tap nama akun kalian lalu seret layar kearah bawah untuk mengambil informasi pembaruan terbaru, setelah itu jika muncul update untuk game yang diinginkan silakan tap Update / Perbarui.


Apabila update menggunakan data seluler, silakan izinkan App Store untuk mengupdate game lebih dari 200 MB, caranya buka aplikasi Pengaturan > iTunes & App Store > Pengunduhan App dan pilih Selalu Izinkan.

Install Ulang Game

Bila cara diatas tidak berhasil juga dari pengalaman yang Admin alami sendiri, dengan menginstall ulang game (dihapus kemudian diinstall lagi melalui App Store) dapat memperbaiki game yang force close bahkan saat baru dibuka. Jadi siapkan internet atau jaringan wifi kemudian hapus game yang force close tadi dan install kembali melalui App Store.

Sisakan Ruang Penyimpanan

Apabila kapasitas di iPhone kalian hampir penuh bahkan sudah penuh dan tidak dapat menampung data lagi, hal ini bisa menjadi penyebab kenapa game kalian menjadi force close. Game sendiri membutuhkan ruang penyimpanan untuk menyimpan data-datanya agar berjalan dengan normal. Silakan kosongkan sedikit ruang penyimpanan apabila ruang penyimpanan di iPhone kalian bisa dikatakan sudah penuh.


Update ke iOS Terbaru

Dalam beberapa kasus game membutuhkan iOS versi terbaru agar dapat berjalan dengan lancar, menggunakan iOS versi lama yang sudah tidak didukung oleh game dapat membuat game tidak dapat berjalan dengan baik bahkan force close saat dibuka ( karena tidak kompatibel ). Solusinya silakan update versi iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru, caranya silakan siapkan koneksi Wi-Fi dan daya baterai minimal 50%, setelah itu buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk mulai download dan menginstall pembaruan iOS.

Reset Pengaturan iPhone

Bug pada iOS atau ada kesalahan pada pengaturan iPhone bisa saja menyebabkan game menjadi force close. Pertimbangkan untuk mereset pengaturan pada iPhone kalian ( tanpa menghapus data ), caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.


Cek Kompatabilitas Game

Coba cek juga apakah game yang kalian mainkan dapat mendukung perangkat dan iOS yang kalian gunakan, untuk mengetahui hal ini silakan buka App Store kemudian cek halaman game yang force close tersebut lalu seret kebawah dan tap menu kompatabilitas dan lihat daftar perangkat dan iOS yang dibutuhkan oleh game tersebut.


Seperti contoh game PUBG diatas membutuhkan minimal iOS 9 dan iPhone 5S untuk dapat berjalan, tentu saja apabila kalian menggunakan iOS 8 dan iPhone 5 atau bahkan iPhone 4, kalian tidak dapat menjalankan game tersebut.

Cek Kesehatan Baterai

Kesehatan Baterai iPhone yang sudah mulai menurun drastis (biasanya dibawah 75%), akan menyebabkan baterai tidak mampu menyuplai daya yang dibutuhkan oleh iPhone dalam menjalankan game terutama game yang masuk dalam kategori cukup berat.

Untuk cek kesehatan baterai pada iPhone kalian silakan buka aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai kemudian lihat pada menu Kapasitas Maksimum. Apabila sudah menunjukan angka dibawah 75% bahkan 70% sangat disarankan untuk segera mengganti baterai tersebut dengan baterai yang baru.

Apakah Game Force Close Setelah Update iOS?

Bila force close pada game diakibatkan setelah mengupdate iOS, kalian bisa coba menginstall ulang game tersebut. Namun bila cara ini dan juga cara-cara diatas tidak membuahkan hasil, mau tidak mau kalian harus menunggu update dari pihak developer game tersebut untuk mendukung versi iOS terbaru yang kalian gunakan sekarang.

Apakah Game Force Close pada iPhone Keluaran Terbaru?

iPhone yang baru saja keluar memang memiliki kemungkinan belum sepenuhnya optimal menggunakan aplikasi dan game yang sduah tersedia di App Store. Disarankan untuk menunggu update dari game tersebut untuk mendukung iPhone dan iOS terbaru yang kalian gunakan. 

Apakah Game Diinstall Melalui Store Pihak Ketiga?

Store Pihak Ketiga seperti iOSGods, App Valley, iOS Ninja dan lain sebagainya, menyediakan berbagai macam game yang sudah dimodifikasi (di cheat). Game yang diinstall kedalam iPhone menggunakan sebuah sertifikat yang memiliki batas waktu, apabila batas waktu sertifikat tersebut sudah tiba atau ditutup oleh Apple karena penyalahgunaan, maka game yang diinstall otomatis tidak dapat dibuka kembali. Solusinya? install ulang game dari penyedia tersebut atau disarankan untuk menginstallnya secara resmi melalui App Store.

Apakah iPhone Kalian Dalam Keadaan Terjailbreak?

Beberapa game di App Store tidak dapat dimainkan apabila perangkat kalian dalam keadaan terjailbreak, contohnya saja Mario Kart Tour. Untuk mengatasi masalah ini kalian dapat coba menginstall tweak yang digunakan untuk membypass deteksi jailbreak seperti Liberty dan Shadow, atau pertimbangkan untuk menghapus jailbreak pada iPhone kalian.


Performa iPhone yang Tidak Lagi Menyanggupi

Apakah iPhone yang kalian gunakan merupakan iPhone yang tergolong lama / jadul? jika ya, tidak sedikit pengguna yang melaporkan hal yang sama. Selain kesehatan baterai yang rendah kemungkinan besar masalah ini juga diakibatkan oleh kurang optimal dan memadainya kemampuan performa iPhone jadul dalam menjalankan game yang mengalami keluar sendiri tersebut. Ulasan lengkap serta solusinya bisa dicek pada postingan berikut: Pengguna iPhone 6 Keluhkan Game Sering Force Close / Keluar Sendiri

Baik itu saja penyebab dan cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi game yang sering force close di iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau mungkin kalian punya jalan keluar yang bisa dibagikan? silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih! :)