Cara Mengatasi iPhone Tidak Ada Suara Saat Menelpon / Mic Rusak

Banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan bahwa saat melakukan panggilan telepon, suara mereka tidak dapat didengar oleh lawan bicara. Apabila kalian mengalami masalah serupa kalian tidak sendiri, ada banyak pengguna diluar sana yang mengeluhkan masalah pada mic iPhone yang tiba-tiba tidak berfungsi yang berakibat suara kalian tidak muncul saat melakukan panggilan telepon.


Masalah pada Mic iPhone ini diketahui banyak terjadi pada pengguna iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, namun tidak menutup kemungkinan iPhone lainnya juga terkena masalah serupa. Untuk mengatasi masalah ini ada beberapa cara dan trik yang dapat kalian lakukan, kalau begitu langsung saja berikut caranya.

> Restart iPhone Kalian

Hal paling sederhana pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan merestart iPhone, cara mudahnya silahkan matikan iPhone kalian selama 30detik kemudian hidupkan kembali dan lihat hasilnya.

> Cek Akses Mikrofon

Apabila masalah ini muncul dari aplikasi telepon pihak ketiga seperti WhatsApp, Messanger, Line dan lain sebagainya, pastikan kalian memberikan akses mikrofon untuk aplikasi tersebut, untuk memastikannya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Privasi > Mikrofon.

> Reset Pengaturan iPhone

Coba reset pengaturan iPhone kalian ke pengaturan awal ( tanpa menghapus data ), caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

> Update ke iOS Versi Terbaru

Coba update versi iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, ( gunakan wi-fi untuk mengupdate ).

Masih Belum Berhasil? Lakukan Trik Berikut..

Apabila cara-cara diatas belum membuahkan hasil, kemungkinan besar masalah disebabkan oleh komponen didalam iPhone ada yang bermasalah, nah saya akan memberikan beberapa trik yang saya dapatkan dari forum iFixit. Trik ini banyak membantu mereka yang mengalami masalah serupa, kalau begitu langsung saja berikut triknya :

Trik Tekan Layar iPhone Kalian Agak Kencang


Salah satu jawaban ini saya dapatkan dari forum iFixit, dimana banyak pengguna yang anehnya dapat mengatasi masalah pada mic mereka dengan cara menekan layar mereka agak kencang saat proses menyalakan iPhone. Jika mau coba trik ini kalian bisa mematikan iPhone kalian kemudian saat proses menyalakan iPhone silahkan tekan layar iPhone kalian agak kencang ( jangan kencang banget nanti pecah ) kemudian lihat hasilnya.

Trik Restart iPhone Kalian Berulang Kali


Ini juga salah satu solusi yang saya dapatkan dari forum yang sama. Jika mau mencoba, silahkan restart iPhone kalian berulang kali ( hingga 5x ) secara terus-menerus, jika iPhone sudah terasa agak hangat coba test kembali apakah mic berhasil berfungsi?

Trik diatas berhasil? selamat, namun tentu saja trik diatas mungkin tidak dapat diaplikasikan secara permanen, solusi terbaiknya adalah dengan memperbaiki iPhone kalian langsung ke authorized service center Apple di Indonesia atau ke tempat service iPhone terpercaya. Sementara ini kalian bisa menggunakan earphone yang dilengkapi mic untuk dapat melakukan percakapan telepon.

Baik sekian dulu cara dan trik untuk memperbaiki iPhone yang tidak mengeluarkan suara saat menelopon ( mic rusak ). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!