Penyebab Peringatan Suhu iPhone Perlu Didinginkan Sebelum Digunakan

Saat sedang asik menggunakan iPhone lalu tiba-tiba muncul peringatan "Suhu iPhone perlu didinginkan sebelum Anda dapat menggunakannya." dan seketika itu juga iPhone tidak dapat digunakan untuk beberapa saat.

Lalu apa sih penyebabnya dan kenapa peringatan tersebut sampai muncul? jawabannya sederhana yaitu karena iPhone mengalami Overheat alias Kenapasan.


iPhone sendiri normalnya dapat beroperasi pada suhu mulai dari 0ºC hingga 35ºC. Dibawah suhu 0ºC iPhone akan mengalami hal-hal aneh karena suhu yang terlampau dingin, sedangkan diatas 35ºC adalah suhu yang sangat panas untuk iPhone dapat beroperasi dengan normal. Maka dari itu untuk melindungi dari panas berlebih (diatas 35ºC), iPhone akan menonaktifkan dirinya dengan peringatan tersebut.

Resiko yang dapat ditimbulkan dari panas berlebih antara lain :

  • Berkurangnya kesehatan baterai iPhone hingga berujung pada kerusakan permanen
  • Resiko baterai meledak karena suhu terlampau tinggi
  • Resiko tinggi komponen dalam iPhone menjadi rentan rusak

Dampak dari Panas Berlebih pada iPhone :

  • Pengisian daya menjadi lebih lambat atau bahkan terhenti
  • Tampilan layar menjadi lebih redup
  • Sinyal jaringan akan melemah
  • Lampu led akan dinonaktifkan sementara
  • Kinerja iPhone akan menurun dan melambat

Tips Menghindari iPhone Overheat / Kepanasan

Untuk mengatasi dan menghindari iPhone yang terlampau panas kalian dapat mengikuti beberapa tips berikut ini :

Gunakan iPhone Pada Suhu Ruangan Yang Sejuk

Untuk menggunakan iPhone dalam waktu yang lama apalagi digunakan untuk keperluan berat seperti bermain game, sangat disarankan untuk mencari tempat yang lebih sejuk dan menghindari suhu ruangan / sekitar yang panas, contohnya saja saat berada pada ruangan sauna maupun dapur dengan suhu dan hawa yang panas.

Hindari Meninggalkan iPhone Di Dalam Mobil

Sebagian orang sering lupa dan meninggalkan iPhone mereka didalam mobil saat cuaca sedang sangat panas, apalagi jika menaruhnya terpapar langsung dengan sinar matahari yang panas. Sebisa mungkin untuk menghindari meninggalkan iPhone kalian didalam mobil saat cuaca sedang panas.

Hindari Menaruh iPhone Langsung Terkena Sinar Matahari

Sama seperti diatas, menaruh iPhone kalian langsung terpapar sinar matahari dapat membuat iPhone menjadi cepat panas. Pastikan untuk menyimpan iPhone ditempat yang lebih sejuk.

Hindari Memainkan iPhone Saat Terpapar Sinar Matahari

Menggunakan iPhone saat dalam paparan sinar matahari, misalmnya saat sedang melacak lokasi, bermain game berat dan lain sebagainya, dapat membuat iPhone menjadi cepat panas. Sebisa mungkin hindari penggunaan iPhone secara berlebih saat terpapar sinar matahari.

Kurangi Kecerahan Layar

Layar yang terlalu terang merupakan salah satu pemicu kenapa iPhone menjadi lebih cepat panas dan akhirnya overheat. Silakan kurangi kecerahan layar pada iPhone kalian atau disarankan untuk menggunakan kecerahan Otomatis, caranya masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kecerahan Otomatis.

Lepas Case Saat Mengisi Daya

Melepas case pada iPhone saat mengisi daya adalah hal disarankan untuk menjaga suhu iPhone tetap dalam kondisi yang normal. Sebab saat sedang mengisi daya apalagi menggunakan fast charging, suhu iPhone akan meningkat tajam dan dalam kondisi ruangan yang panas dapat menyebabkan iPhone overheat.

Matikan iPhone Beberapa Saat

Jika suhu pada iPhone sudah terlampau sangat panas, silakan matikan iPhone untuk beberapa saat hingga suhunya kembali normal.

Cara Mengatasi iPhone Yang Sering Panas Sendiri Tanpa Sebab

Apabila panas berlebih pada iPhone datang secara tiba-tiba padahal sedang tidak digunakan di ruangan yang panas ataupun tidak digunakan sama sekali. Kalian dapat mengikuti beberapa tips pada salah satu postingan berikut :


Baik sekian informasi tentang penyebab dan cara mengatasi peringatan Suhu iPhone Perlu Didinginkan sebelum Digunakan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!