Tips Cara Downgrade iTunes Ke Versi Lama di Windows

Mengupdate iTunes ke versi terbaru adalah hal yang wajib dilakukan, apalagi kalian memiliki perangkat-perangkat Apple keluaran paling terbaru. Namun dalam beberapa kasus tertentu kita perlu melakukan downgrade versi iTunes, contohnya saja ketika ingin melakukan jailbreaking iPhone dengan iOS super lawas yang membutuhkan versi iTunes tertentu.


Nah untuk melakukan downgrade versi iTunes di komputer Windows caranya tidaklah sulit, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan agar berhasil melakukan downgrade iTunes ke versi lawas. Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara berikut untuk mendowngrade iTunes.

#1 : Seperti biasa, silahkan masuk ke menu Control Panel > Uninstall a Program kemudian silahkan uninstall seluruh komponen iTunes ( dari Apple ).


#2 : Setelah semua sudah di uninstall silahkan masuk ke folder Music kemudian pindahkan folder iTunes atau dihapus saja jika tidak ada data yang penting.


#3 : Sekarang kalian bisa menginstall dan menjalankan iTunes versi lama yang kalian inginkan.

Selesai, bagaimana gampang kan? sebagai catatan jika kalian mengalami error saat membuka iTunes dengan peringatan seperti gambar berikut :

The file "iTunes Library.itl" cannot be read because it was created by a newer version of iTunes.


Pastikan kalian sudah mengikuti langkah ke #2 diatas dengan baik, karena masalah tersebut disebabkan file iTunes yang terbaru tidak dapat terbaca oleh iTunes versi lawas. Dan untuk memperbaikinya mau tidak mau kita harus menyingkirkan file tersebut.

Baik sekian informasi singkat cara downgrade versi iTunes, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!