Cara Mengatur Kecerahan Laptop dengan Cepat dan Mudah - Windows 10

Bagi kalian pengguna laptop, notebook atau netbook, tentu sering mengalami masalah dengan yang namanya kecerahan layar atau brightness. Dalam keadaan tertentu kecerahan layar laptop dapat redup dengan sendirinya apabila baterai pada laptop sudah kritis dan mau habis. Atau layar laptop kalian terasa kurang cerah apalagi saat berada luar ruangan atau ruangan yang sangat terang.


Nah pada postingan kali ini, admin akan membagikan cara mudah untuk mengatur kecerahan layar pada laptop kalian, entah mau di besarkan atau kecilkan, terserah kalian :) kalau begitu langsung saja berikut caranya.

Melalui Panel Notifikasi

#1 : Pertama klik icon panel notifikasi yang berada di pojok kanan bawah layar ( contohnya lihat gambar di bawah berikut )


#2 : Jika sudah klik tombol Expand


#3 : Sekarang silahkan geser menu kecerahan layar ke tingkat yang kalian inginkan


Melalui Pengaturan Windows

#1 : Klik Start > Settings

#2 : Lalu pilih menu System kemudian Display

#3 : Jika sudah pada menu Brightness and color silahkan geser kecerahan layar ke tingkat yang kalian inginkan


Gunakan Pintasan Keyboard

Beberapa laptop model tertentu memiliki pintasan untuk membesarkan atau mengecilkan kecerahan hanya dengan menekan tombol tersebut. Contohnya seperti keyboard laptop berikut :


Seperti contoh gambar keyboard di atas bisa kalian lihat, tombol F2 berfungsi juga untuk mengecilkan kecerahan layar sedangkan tombol F3 berfungsi untuk membesarkan kecerahan layar. Silahkan tekan tombol tersebut untuk mengaktifkan sesuai fungsinya masing-masing, apabila tidak berefek apa-apa coba tahan tombol Fn pada keyboard telebih dahulu, kemudian tekan salah satu tombol tersebut.

Berhubung laptop admin tidak mempunyai pintasan untuk mengatur kecerahan layar langsung di keyboard, admin lebih senang menggunakan cara #1 diatas.

Baik sekian informasi cara mengatur kecerahan laptop, notebook atau netbook yang menggunakan Windows 10. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!