Cara Mengukur Tinggi Badan Menggunakan iPhone dan iPad

Bagi yang ingin mengukur tinggi badan namun tidak memiliki alat pengukurnya, tidak perlu khawatir. Kalian dapat memanfaatkan iPhone atau iPad kalian untuk mengukur tinggi badan, sebenarnya bukan tinggi badan saja melainkan mengukur berbagai macam benda disekitar kalian.


Lalu bagaimana caranya? disini kita akan menggunakan aplikasi " Pengukur " atau " Measure ", yang berfungsi mirip seperti penggaris atau meteran. Kalian dapat mengukur berbagai macam benda, menandainya dan mengambil gambar dari setiap ukuran benda yang kalian ukur. Termasuk tinggi badan kalian :)

Namun perlu diperhatikan aplikasi Pengukur ini hanya tersedia bagi pengguna iPhone 6S / Plus, iPhone SE, iPhone 7 / Plus, iPhone 8 / Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS / Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro / Max dan lebih baru. Kalau begitu langsung saja berikut caranya.

#1 : Silahkan buka aplikasi Pengukur / Measure di iPhone dan iPad kalian

Jika ingin mengukur ukuran tinggi badan kalian memerlukan bantuan orang lain untuk mengoperasikan iPhone / iPad

#2 : Setelah itu silahkan siapkan objek / orang yang ingin di ukur tinggi badannya

#3 : Jika iPhone meminta untuk digerakan silahkan gerakan iPhone ke sekitar objek yang akan diukur

#4 : Sekarang agak jauhkan kamera iPhone dari objek, kemudian letakkan titik putih pada koordinat objek yang akan di ukur, jika sudah tap menu Tambah Titik ( ikon tanda tambah )


#5 : Setelah itu perlahan seret geser kamera / titik ke ujung objek yang akan diukur

#6 : Jika sudah silahkan tap lagi icon tanda tambah untuk menentukan koordinat titik akhir yang akan diukur


#7 : Secara otomatis ukuran objek akan tampil pada layar iPhone kalian

#8 : Kalian juga bisa mengukur ukuran lainnya dari objek tanpa menghapus hasil pengukuran yang sebelumnya.

Walaupun cara-cara diatas saya terapkan pada benda khususnya notebook yang saya pakai, kalian bisa mengaplikasikan cara diatas untuk mengukur tinggi badan kalian sendiri, dan satu yang pasti untuk mengukur tinggi badan diri sendiri dibutuhkan bantuan orang lain ya..

Khusus untuk iPad Pro 12,9 inch Gen-4 dan iPad Pro 11 inch Gen-2 yang memiliki fitur LiDAR Scanner, dapat mengukur tinggi badan langsung otomatis tanpa menggunakan cara-cara diatas.

Baik sekain informasi cara mengukur tinggi badan / objek benda menggunakan iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!