Apa arti dari: iPhone atau iPad ini Diawasi dan Dikelola Oleh...

Saat membuka Pengaturan pada iPhone, iPad atau iPod touch apakah kalian menemukan pesan seperti.


" iPhone / iPad / iPod touch ini diawasi dan dikelola oleh ( nama perusahaan / lembaga ) " atau dalam bahasa Inggris " This iPhone / iPad / iPod touch is supervised and managed by ( nama perusahaan / lembaga ) ", contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut.


Kenapa Bisa Muncul Pesan Seperti itu dan Apa Artinya?

Kemungkinan besar iPhone, iPad atau iPod touch milik kalian merupakan milik sebuah lembaga, organisasi, sekolah, institusi atau perusahaan tertentu yang memiliki tujuan untuk mengontrol dan memantau aktivitas pengguna di iPhone, iPad atau iPod touch yang mereka berikan. Entah untuk mengubah pengaturan, menghapus akses ke layanan tertentu dan lain sebagainya.

Lalu Bagaimana Cara Menghilangkan Pesan Tersebut?

Sebelumnya perlu diketahui, pengelolaan dan pengawasan tersebut di install oleh Administrator menggunakan profil MDM ( Mobile Device Management ) berbasis cloud dari Apple. Untuk menghilangkan pesan tersebut kalian harus menghapus Profil yang terinstall pada iPhone kalian, letak profil terdapat pada aplikasi Pengaturan > Management Profi & Perangkat.

Namun sayangnya profil tersebut tidak dapat dihapus sembarangan, kalian perlu menghubungi adminstrator yang menginstall profil, untuk menghapus profil tersebut dan menggunakan iPhone kalian dengan normal kembali.

Apa Efek Dari Pesan Tersebut?

Efeknya tergantung dari kebijakan administrator yang menginstall profil tersebut, sekali lagi fungsi dari profil tersebut sesuai namanya yaitu untuk mengawasi dan mengelola iPhone, iPad atau iPod touch milik mereka.

Apakah Pesan ini Pertanda Privasi Kalian Terancam?

Tidak juga, seperti namanya, administrator tersebut hanya dapat memanajemen pengaturan pada iPhone, iPad atau iPod touch kalian dan mengolanya. Mereka tidak dapat membaca pesan kalian, melihat foto ataupun membaca isi email kalian.

Jadi kesimpulannya jika kalian mendapatkan iPhone dengan pesan seperti itu, kemungkinan besar iPhone, iPad atau iPod touch kalian sebelumnya milik sebuah perusahaan, sekolah, organisasi, atau lembaga. Dan untuk menghilangkan pesan tersebut kalian diharuskan menghubungi administrator yang memasang pengawasan tersebut.

Baik sekian informasi dari Arti iPhone, iPad, iPod touch Diawasi dan Dikelola Oleh ( nama lembaga ). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!