Apa itu RSIM untuk Unlock Operator iPhone?

Dalam membeli iPhone, selain memperhatikan model, ukuran, kualitas dan lain-lain, kita juga perlu memperhatikan apakah iPhone tersebut terikat kontrak dengan operator tertentu atau tidak. Jika Ya, berarti mau tidak mau kalian harus menggunakan jaringan operator yang terikat kontrak pada iPhone tersebut.


Nah sebagai solusinya, sudah banyak beredar metode yang memanfaatkan sebuah alat kecil bernama RSIM. Yang berfungsi untuk membuka kunci operator pada iPhone sehingga iPhone bebas menggunakan kartu SIM dari operator manapun. Lalu sebenarnya apa itu RSIM? dan bagaimana cara kerjanya?

Apa itu RSIM?

> RSIM Merupakan sebuah alat berbentuk chip ( sejenis sirkuit / rangkaian elektronik ) dengan ukuran yang sangat tipis, yang nantinya akan diletakkan didalam SIM Tray iPhone kalian ( ditumpuk bersama kartu SIM ). Fungsinya? tentu saja untuk mengelabui iPhone agar dapat menggunakan semua operator jaringan yang kalian inginkan alias unlock jaringan.

Gambar diatas menunjukkan cara installasi RSIM yang benar ( kanan ), sedangkan yang salah ( kiri )

Apakah RSIM dapat membuka jaringan di iPhone Saya?

> Semua tergantung pada ketersediaan RSIM itu sendiri, biasanya RSIM akan selalu di update mengikuti iPhone yang tersedia saat ini.

Apakah RSIM Mengharuskan iPhone di Jailbreak?

> Tidak Perlu, RSIM dapat digunakan pada iPhone tanpa harus melakukan jailbreak.

Ya, kesimpulannya RSIM merupakan sejenis alat ( komponen sirkuit kecil ) yang nantinya akan di letakkan didalam SIM Tray iPhone. Dan berfungsi agar iPhone dapat membaca dan menggunakan semua jaringan iPhone.

RSIM sendiri juga tergolong murah, dan sudah banyak beredar tutorial di luar sana untuk cara mengaktivasi dan menggunakan RSIM. Jadi bagi kalian yang berniat menggunakan RSIM pastikan kalian melihat detail dari produk tersebut apakah cocok dan kompatibel dengan perangkat yang kalian gunakan atau tidak.

Baik sekian informasi tentang apa itu RSIM, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!