Cara Ampuh Mengatasi iPhone Tidak Bisa Bergetar

Getaran atau Vibrate pada iPhone, iPad atau iPod touch sangat berfungsi dan berguna untuk menerima panggilan masuk tanpa suara, bermain game dengan haptic feedback dan lain sebagainya. Namun apa jadinya jika fungsi getaran pada perangkat kalian tidak berfungsi sebagai mana mestinya?


Tenang saja pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-cara yang dapat kalian lakukan untuk memperbiaki iPhone yang tidak bisa bergetar. Kalau begitu langsung saja ikuti cara di bawah berikut ini.

Pastikan Menu "Bergetar" Sudah Dinyalakan

Coba buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu Bunyi & Haptik, setelah itu pastikan kalian sudah menyalakan menu Bergetar saat Berdering dan Bergetar saat Hening.


  • Bergetar saat Berdering : Memiliki fungsi agar iPhone kalian bergetar saat ada panggilan masuk.
  • Bergetar saat Hening : Memiliki fungsi agar iPhone tetap bergetar meskipun dalam mode hening/silent.

Cek Tombol Silent iPhone (di samping kiri iPhone)

Pastikan kalian tidak menempatkan tombol silent iPhone ke posisi menyala ( berwarna orange ), jika ya silakan dimatikan. Tetapi apabila kalian sudah menyalakan menu Bergetar saat Hening seperti yang diarahkan pada cara pertama diatas, kalian bisa melewati langkah ini.


Sebagai catatan, ketika posisi tombol berada di depan hal tersebut menandakan fungsi Silent dalam keadaan Tidak Aktif. Sedangkan apabila kalian meposisikan tombol ke arah belakang (muncul tanda orange) menandakan fungsi Silent dalam keadaan Aktif.

Pastikan Fungsi "Getaran" Sudah Dinyalakan

Cek juga apakah fungsi getaran pada iPhone kalian sudah dinyalakan atau belum, hal inilah yang terkadang menjadi penyebab utama kenapa perangkat kalian tidak mau bergetar.

Bagaimana caranya? buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Sentuh selanjutnya cari menu Getaran dan silakan dinyalakan.


Getaran Haptic Feedback/3D Touch Tidak Berfungsi?

Pastikan kalian sudah menyalakan menu Haptik Sistem yang terletak pada aplikasi Pengaturan > Bunyi & Haptik > Haptik Sistem.


Restart Perangkat Kalian

Langkah selanjutnya yang biasanya ampuh (apabila disebabkan oleh bug dan kesalahan software) adalah dengan merestart iPhone kalian. Sederhananya silakan matikan iPhone selama sekitar 30 detik kemudian nyalakan kembali.

Cara mematikan iPhone? untuk iPhone dengan tombol home tekan dan tahan terus tombol samping hingga muncul menu untuk mematikan iPhone. Sedangkan untuk iPhone dengan notch layar penuh silakan tekan dan tahan tombol power bersamaan dengan tombol volume bawah atau atas secara bersamaan hingga muncul menu untuk mematikan iPhone.

Reset Pengaturan iPhone

Apabila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil, coba reset Pengaturan iPhone kalian. Bagaimana caranya? silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih Atur Ulang Pengaturan.


Update ke iOS Versi Terbaru

Masih tidak bisa juga? kalian bisa mencoba mengupdate versi iOS pada perangkat kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini (jika ada).

Caranya? pertama siapkan koneksi Wi-Fi yang cukup stabil dan kencang kemudian sisa baterai minimal 50%. Jika sudah silakan download dan isntall update melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.


Cara Terakhir (Optional) - Restore iPhone via Mode DFU

Terakhir kalian bisa coba merestore ulang (mengembalikan semua pengaturan iPhone termasuk menghapus data) kembali ke pengaturan pabrik melalui DFU mode di iTunes.

Meskipun tidak ada jaminan getaran pada iPhone dapat berfungsi kembali namun jika ada kesempatan cara ini patut dicoba. Caranya?

Backup terlebih dahulu data-data penting sebelum melanjutkan, do it at your own risk!

1. Siapkan komputer yang sudah terintsall iTunes

2. Kemudian sambungkan iPhone ke iTunes dan pastikan iTunes sudah mendeteksi iPhone kalian

3. Jika sudah masukkan iPhone ke mode DFU, caranya?


4. Jika sudah iTunes akan mendeteksi iPhone kalian bermasalah dan perlu direstore

5. Silakan restore iPhone kalian dengan mengikuti arahan dari aplikasi iTunes

Solusi Terakhir...

Cara-cara di atas tidak satupun yang membuahkan hasil? getaran pada iPhone kalian tidak kunjung berfungsi alias benar-benar sudah tidak berfungsi total? solusinya tentu saja dengan membawa iPhone ke service center authorized Apple di Indonesia untuk di cek lebih detail penyebab pastinya.

Jika memang terdapat kerusakan dari komponen motor pada iPhone itu sendiri, pertimbangkan untuk menggaransikan iPhone tersebut jika masih dalam masa garansi.

Baik sekian informasi cara mengatasi fungsi getaran/vibrate di iPhone, iPad atau iPod touch yang tidak mau bergetar atau berfungsi sama sekali. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih!