Cara Memblokir Gestur Notifikasi / Pusat Kontrol di iPhone Saat Bermain Game

Khusus pengguna iPhone dengan layar Notch seperti iPhone X, apakah saat bermain game kalian sering secara tidak sengaja membuka panel notifikasi atau pusat kontrol? tidak sengaja menggeser gestur sehingga game jadi keluar?

Ya admin sendiri pun merasakannya, sebagai contoh ketika saat admin bermain game seperti Call of Duty, Pubg atau Freefire, karena tombol tembak admin letakkan di ujung kiri atas layar, tidak dipungkiri panel notifikasi sering sekali secara tidak sengaja malah terbuka, yang mana sangat menjengkelkan.


Namun tenang saja, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara untuk menghilangkan atau memblok gestur pada iPhone, iPad dan iPod touch saat sedang bermain game, menggunakan fitur Akses Terpandu atau Guide Access. Memang bisa? bisa dong.. langsung saja ikuti caranya berikut ini :

Cara Mematikan / Memblokir Gestur ( Panel Notifikasi dan Pusat Kontrol ) Dalam Game

Untuk memblokir gestur utama ataupun gestur untuk membuka panel notifikasi dan pusat kontrol, khususnya bagi pengguna iPhone dengan layar notch seperti iPhone X, XS, XS Max, XR, 11, 11 Pro, 11 Pro Max dan seterusnya. Disini kita akan menggunakan fitur Akses Terpandu, yang berfungsi untuk mengunci segala macam gestur saat berada di dalam permainan. Silahkan ikuti tutorial berikut untuk cara menggunakan fitur Akses Terpandu :

#1 : Buka aplikasi Pengaturan kemudian pilih menu Aksesbilitas > Akses Terpandu kemudian nyalakan menu Akses Terpandu

#2 : Sekarang buka game yang akan dimainkan kemudian tekan 3 kali tombol Power / Samping iPhone

#3 : Kemudian apabila di minta silahkan tap menu Akses Terpandu

#4 : Selanjutnya pilih tombol Mulai ( dipojok kanan atas )


#5 : Lalu masukkan password yang nantinya akan digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Akses Terpandu ini ( ingat jangan sampai lupa, saran admin gunakan password iPhone kalian saja )

#6 : Jika sudah maka fitur akses terpandu akan aktif dan semua gestur pada iPhone kalian akan dinonaktifkan :)

Menonaktifkan Akses Terpandu : Untuk menonaktifkan fitur Akses Terpandu silahkan tekan kembali tombol Power / Samping sebanyak 3 kali, kemudian masukkan password yang tadi sudah dibuat lalu tap menu Akhiri ( dipojok kiri atas )


Selesai..

Bagaimana menurut kalian? kalau admin sendiri sebagai pemain game 3 jari dengan tombol tembak berada dipojok kiri atas, tentu saja memblokir gestur dengan akses terpandu adalah cara paling jitu demi menghindari kekalahan :P

Baca Juga : Cara Menghilangkan Notifikasi Saat Bermain Game di iPhone

Baik sekian dulu informasi cara menghilangkan atau memblokir gestur utama, notifikasi dan pusat kontrol saat bermain game di iPhone, iPad ataupun iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.