Cara Memperbaiki Icon WiFi di iPhone Tidak Bisa Dinyalakan

Apakah iPhone dan iPad kalian mengalami masalah dimana icon WiFi tidak bisa dinyalakan atau tidak bisa disentuh (menu menjadi warna abu-abu terang)? tenang saja kalian tidak sendiri, banyak pengguna yang mengalami hal serupa dan masalah ini sudah sering dipertanyakan di forum-forum bantuan Apple.


Bukan tanpa sebab, masalah ini biasanya bisa datang dari Bug pada iOS / iPadOS sampai adanya masalah pada komponen dalam iPhone yang berhubungan langsung dengan WiFi. Namun tidak sedikit juga pengguna iPhone yang dapat memperbaiki masalah ini dengan cukup mudah, kalau begitu tanpa banyak berbasa-basi lagi langsung saja ikuti beberapa cara berikut untuk memperbaikinya.

Cara Memperbaiki Menu Icon WiFi iPhone Tidak Bisa Dinyalakan / Sentuh

Cara #1 : Nonaktifkan Mode Pesawat dan Restart iPhone

Apabila mode pesawat dalam keadaan aktif silahkan dimatikan terlebih dahulu, selanjutnya restart iPhone kalian dan lihat hasilnya. Dalam beberapa kasus jika beruntung, dengan mematikan kemudian menyalakan menu mode pesawat secara berulang-ulang dapat mengaktifkan kembali icon WiFi.

Cara #2 : Reset Pengaturan Jaringan

Kalian juga bisa mencoba mengatur ulang jaringan pada iPhone dan iPad kalian, caranya silahkan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan.


Cara #3 : Reset Seluruh Pengaturan

Jika mereset pengaturan jaringan tidak juga membuahkan hasil, coba reset seluruh pengaturan pada iPhone dan iPad kalian, caranya hampir sama seperti diatas silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih Atur Ulang Pengaturan (cara ini tidak menghapus data).

Cara #4 : Update ke versi iOS Terbaru

Bisa saja masalah diatas diakibatkan bug pada iOS yang kalian gunakan, untuk cara updatenya karena tidak bisa menggunakan Wi-Fi silahkan gunakan aplikasi iTunes yang terinstall di komputer untuk melakukan update.

Cara #5 : Reset Seluruh Data pada iPhone

Terakhir kalian bisa mencoba untuk mereset seluruh data pada iPhone dan iPad, kembali ke pengaturan pabrik. Sebelumnya silahkan backup data-data penting kalian sebelum melanjutkan, jika sudah silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih Hapus Konten & Pengaturan.


Kalian juga bisa menggunakan menu Restore iPhone untuk mereset seluruh data pada iPhone kalian ke Pengaturan Pabrik menggunakan iTunes.

Masih Belum Berhasil?

Apabila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil, ada kemungkinan masalah datang dari salah satu komponen dalam iPhone yang berhubungan dengan koneksi WiFi. Sangat disarankan untuk membawa iPhone kalian ke authroized service center Apple di Indonesia untuk di cek lebih lanjut, apabila masih dalam masa garansi silahkan digaransikan bila perlu.

Sementara menggunakan jaringan dari data seluler adalah pilihan terbaik sambil menunggu solusi untuk memperbaiki jaringan WiFi pada iPhone dan iPad kalian yang bermasalah.

Baik sekian informasi cara memperbaiki icon wifi pada iPhoen yang tidak bisa dinyalakan / diaktifkan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.