Status Jailbreak untuk iOS 13.5 - Unc0ver & Checkra1n

Beberapa waktu yang lalu Apple merilis iOS 13.5 dan iPadOS 13.5 dengan membawa sejumlah perbaikan dan fitur tambahan, khususnya fitur yang berhubungan dengan pandemi covid-19. Nah bagi kalian pengguna iOS 13.5 yang menginginkan jailbreak, saat ini sudah tersedia dua aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan jailbreak, yaitu Unc0ver & Checkra1n.


Meskipun keduanya sama-sama dapat melakukan jailbreak pada iOS 13.5, namun terdapat perbedaan yang cukup jauh diantara keduanya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, apa saja itu?

Unc0ver :

Merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan jailbreak mulai dari iOS 11 hingga iOS 13.5 pada semua iPhone dan iPad yang ada saat ini, sifat jailbreak dari aplikasi Unc0ver ini adalah Semi-Untethered yang mana jailbreak akan hilang apabila perangkat dimatikan, namun kabar baiknya proses jailbreak ulang dapat dilakukan dengan mudah langsung melalui iPhone ataupun iPad dengan membuka aplikasi Unc0ver yang terinstall.

Keunggulan utama dari Unc0ver adalah proses installasi maupun jailbreak yang bisa dilakukan tanpa bantuan komputer, kalian cukup menginstall aplikasi Unc0ver dari store pihak ketiga seperti Ignition, iOS Ninja, TweakBox atau AppCake kemudian melalukan jailbreak langsung di iPhone dan iPad kalian. Atau jika kalian mau bisa juga kalian menginstall Unc0ver melalui komputer dengan bantuan Cydia Impactor atau AltStore.

Kekurangan dari Unc0ver adalah memiliki batas waktu, apabila kalian menggunakan metode installasi dengan media seperti Cydia Impactor, AltStore, dll. yang mana menggunakan Apple ID kalian sendiri maka aplikasi hanya bertahan selama 7 hari sebelum perlu di install ulang. Sedangkan bagi yang menginstall menggunakan Store Pihak Ketiga aplikasi akan bertahan lebih lama, namun memiliki resiko aplikasi yang sewaktu-waktu tidak dapat dibuka lagi karena setifikat dari Store Pihak Ketiga tersebut di revoke oleh Apple.

Checkra1n :

Checkra1n adalah salah satu aplikasi jailbreak abadi yang dapat melakukan jailbreak pada semua versi iOS termasuk iOS 13.5, namun checkra1n hanya mendukung jailbreak untuk beberapa perangkat saja yaitu mulai dari iPhone 5S hingga iPhone X. Kenapa bisa begitu? karenakan checkra1n menggunakan exploit checkm8 berbasis hardware yang hanya ditemukan pada iPhone 5S hingga iPhone X.

Karena exploit itulah Checkra1n bisa dikatakan jauh lebih stabil dan unggul dibandingkan dengan Unc0ver, bahkan hampir tidak ada perbedaan performa dan pemakaian daya baterai sebelum dan setelah jailbreak menggunakan Checkra1n.

Sedangkan sifat jailbreak dari Checkra1n sendiri merupakan Semi-Tethered yang mana jailbreak akan hilang ketika perangkat di matikan dan harus menggunakan komputer untuk melakukan jailbreak ulang. Yang mana bagi sebagian orang hal ini cukup merepotkan.

Jadi Pilih yang mana? Unc0ver atau Checkra1n?

Apabila kalian sering dekat dengan komputer dan memiliki perangkat iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X, admin menyarankan untuk menggunakan Checkra1n, selain jauh lebih stabil proses jailbreak juga sebenarnya sangat mudah dilakukan.

Namun apabila kalian jarang dekat dengan komputer dan memiliki mobilitas tinggi (suka bepergian), gunakan Unc0ver. Selain mudah di install durasi aplikasi Unc0ver yang terinstall bisa kalian perpanjang sendiri menggunakan aplikasi ReProvision langsung di iPhone kalian.

Cara Jailbreak Menggunakan Unc0ver dan Checkra1n

Kedua metode tersebut sudah admin bahas secara lengkap pada postingan berikut :


Baik sekian informasi status jailbreak dari iOS 13.5, apabila ada informasi yang ingin ditanyakan atau mungkin ada yang mau di sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.