Cara Mengatur, Memilih & Mematikan Foto Beruntun di iPhone

Admin menemukan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak pengguna iPhone, khususnya bagi yang suka foto-foto, soal cara mengatur, mematikan, menonaktifkan, menghilangkan ataupun menghapus foto beruntun di iPhone.


Nah sebelum menjawab pertanyaan tersebut admin akan sedikit menjelaskan apa sih fungsi dari foto beruntun? foto beruntun berfungsi mengambil foto secara cepat terus menerus yang berujuan agar nantinya kalian dapat memilih foto mana yang diinginkan, tepatnya fitur ini digunakan agar kalian tidak kehilangan momen-momen penting saat mengambil foto, terutama mengambil foto objek yang berlalu dengan cepat.

Dari kumpulan dan sekian banyak foto beruntun yang berhasil diambil, kalian bisa memilih foto-foto mana saja yang akhirnya ingin kalian simpan. Ingat foto beruntun di iPhone tidak dipisah-pisah menjadi banyak foto, namun disimpan dalam satu foto dengan label " Foto Beruntun ('jumlah' foto) " yang bisa kalian pilih dan pisahkan sendiri nantinya.


Baca Juga : Cara Mengambil Foto Beruntun / Burst mode di Semua iPhone

Namun admin yakin, beberapa pengguna iPhone khususnya yang baru menggunakan iPhone tidak sengaja mengaktifkan mode beruntun ini. Ya, mode beruntun sangat mudah diaktifkan terutama untuk pengguna iPhone XS, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8, iPhone 7, iPhone 6S, iPhone dan lebih lama. Kalian cukup menekan dan menahan tombol untuk mengambil gambar lebih dari 1 detik, maka foto beruntun akan diambil selama jari kalian masih menekan tombol untuk mengambil gambar tersebut.

Jadi Bagaimana Cara Mematikan & Menonaktifkan Foto Beruntun?

Fitur mode beruntun ini tidak dapat dimatikan karena memang sudah bawaan iPhone, kedepannya agar tidak sengaja terambil mode beruntun, pastikan untuk menekan tombol mengambil gambar secara cepat ( sekali tap langsung lepas jangan ditahan ). Khusus pengguna iPhone 11, 11 Pro / Max, iPhone SE gen 2 atau lebih baru jangan seret tombol mengambil gambar ke arah kiri, sebab hal tersebut digunakan untuk mengambil foto beruntun.

Lalu Cara Mengatur untuk Memilih, Menghilangkan, Menghapus Foto Beruntun?

Caranya mudah sekali, pertama silahkan masuk ke aplikasi Foto kalian, supaya lebih mudah silahkan masuk ke menu Album kemudian pilih album Beruntun.


Kemudian pilih foto beruntun yang ingin kalian atur, jika sudah tap menu Pilih...


Jika sudah silahkan geser untuk memilih foto yang ingin kalian simpan dengan cara di tap saja ( lihat gambar pertama di bawah )


Apabila sudah selesai memilih foto yang diinginkan, silahkan tap menu Selesai yang berada dipojok kanan atas, kemudian akan muncul menu : ( contohnya lihat gambar ke dua di atas )

  • Simpan Semua : untuk tetap menyimpan semua foto beruntun namun mengeluarkan foto yang baru saja kalian pilih
  • Simpan ( jumlah foto yang dipilih ) Favorit Saja : untuk menyimpan foto yang kalian pilih saja dan menghapus foto beruntun yang lainnya

Selanjutnya apabila kalian memang ingin menghapus semua foto beruntun tersebut dari iPhone kalian tanpa mengatur atau memilih foto yang diinginkan terlebih dahulu, kalian dapat menggunakan tombol Tong Sampah dipojok kanan bawah seperti menghapus foto biasa.


Baik, sekian cara-cara mengatur, mematikan, menonaktifkan, menghilangkan dan memilih foto beruntun di iPhone. Apabila ada cara-cara yang terlewatkan atau belum kalian mengerti silahkan tinggalkan pesan kalian pada kolom komentar di bawah, sebisa mungkin nanti akan admin jawab, terima kasih. :)