Cara Menghilangkan / Menampilkan Tombol Bulat di iPhone (AssistiveTouch)

Admin seringkali menemukan pertanyaan soal cara menghilangkan atau menampilkan ( membuat ) tombol bulat yang ada di layar iPhone. Mungkin tombol bulat yang kalian maksudkan disini adalah AssistiveTouch, yang merupakan sebuah tombol melayang pada layar dan berfungsi sebagai pengganti tombol-tombol maupun pintasan-pintasan lainnya ( seperti screenshot, kunci layar, membuka panel notifikasi & pusat kontrol, gestur, restart dan lain-lain ).

Contohnya bisa kalian lihat yang ditunjuk panah merah pada gambar berikut :


Untuk iPhone X, XS, XR, 11 atau 11 Pro tampilan AssistiveTouch berbentuk bulat, sedangkan untuk iPhone dengan tombol Home, seperti iPhone 6, 6S, SE, 7, 8, dan SE 2 tampilannya berbentuk kotak.

Nah apakah benar yang kalian maksudkan adalah tombol tersebut? jika ya, berarti benar tombol tersebut merupakan AssistiveTouch. Untuk menghilangkan, mematikan, memusnahkan, menampilkan, menyalakan atau membuat tombol tersebut di layar iPhone kalian caranya sangatlah mudah, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara berikut ini.

#1 : Buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas


#3 : Lalu pilih lagi menu Sentuh > AssistiveTouch


#4 : Sekarang silahkan matikan atau nyalakan menu AssistiveTouch

Bagaimana gampang kan? dengan assistivetouch kalian bisa menggunakan berbagai macam pintasan tanpa perlu repot-repot menekan tombol ataupun membuat gestur pada layar. Namun begitu bagi sebagian orang assistivetouch memang sedikit mengganggu pemandangan layar, akhir kata semua kembali ke keinginan masing-masing.

Baik, sekian informasi cara menghilangkan atau menampilkan tombol bula di iPhone alias AssistiveTouch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!