Cara Menghubungkan Penyimpanan Eksternal ke iPad dan iPhone

Bagi kalian pengguna iPhone, iPad sampai iPod touch yang ingin menyambungkan penyimpanan eksternal seperti Harddisk External, SSD External, USB Flash Drive, Micro SD dan lain sebagainya. Semuanya bisa kalian lakukan dengan mudah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan untuk menyambungkan berbagai penyimpanan eksternal tersebut ke iPhone atau iPad kalian. Apa saja itu?


Lalu Aksesoris apa saja yang Dibutuhkan Untuk Menhubungkan iPad dan iPhone ke Penyimpanan Eksternal?

Khusus pengguna " iPhone " dan " iPad " dengan konektor " Lighting " seperti :

  • iPhone SE 2, iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro, iPhone 11, iPhone XS Max, iPhone XS, iPhone XR, iPhone X, iPhone 8 Plus, iPhone 8, iPhone 7 Plus, iPhone 7, iPhone 6S Plus, iPhone 6S
  • iPad Air 3, iPad 7, iPad Mini 5, iPad Pro 12.9 inci gen 2, iPad Pro 12.9 inci gen 1, iPad Pro 10.5 inci, iPad Pro 9.7 inci, iPad Air 2

Kalian membutuhkan konektor Lightning to USB 3 Camera Adapter yang berfungsi untuk menghubungkan konektor USB dari Penyimpanan Eksternal ke dalam iPhone kalian. Kira-kira skemanya seperti gambar berikut :


Kalian bisa mendapatkan Lightning to USB 3 Camera Adapter di toko resmi Apple atau toko-toko Online.

Selanjutnya jika sudah silahkan sambungkan ujung konektor Lightning ke iPhone atau iPad kalian, kemudian apabila kalian berniat untuk menghubungkan USB Flash Drive dan SSD Eksternal kalian bisa langsung menyambungkannya melalui konektor USB yang ada pada Lightning to USB 3 Camera Adapter seperti yang ditunjukkan gambar diatas.

Tetapi... apabila kalian ingin menghubungkan Harddisk Eksternal kalian membutuhkan Power tambahan menggunakan kabel konektor USB-C yang disambungkan bersamaan ke dalam konektor Lightning to USB 3 Camera Adapter ( disambung dari charger atau powerbank juga bisa ). Sebagai catatan, untuk menghubungkan Harddisk Eksternal membutuhkan waktu ekstra agar dapat di baca oleh iPhone dan iPad.

Khusus Pengguna " iPad " dengan Konektor " USB-C " Seperti :

  • iPad Pro Pro 12.9 inci gen 4, iPad Pro 11 inci gen 2, iPad Pro 11 inci gen 1, iPad Pro 12.9 inci gen 3

Kalian dapat menghubungkan langsung menggunakan kabel USB-C ke USB-C ke penyimpanan eksternal kalian. Tetapi apabila penyimpanan eksternal kalian hanya mendukung konektor USB kalian membutuhkan USB-C to USB Adapter contohnya seperti pada gambar berikut


Tambahan Khusus Untuk Menghubungkan SD Card ke iPhone dan iPad

Apabila kalian ingin menghubungkan SD Card kamera ke iPhone dan iPad, kalian bisa menggunakan Lightning to SD Card Camera Reader untuk iPhone dan iPad dengan konektor Lightning dan USB-C to SD Card Reader untuk iPad dengan konektor USB-C.

USB Type-C to SD Card Reader cocok untuk iPad dengan konektor USB Type-C

Lighting to SD Card Reader cocok untuk iPhone dan iPad dengan konektor Lightning

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Tersambung?

Jika sudah terhubung kalian bisa membuka aplikasi File pada iPhone atau iPad, kemudian masuk ke menu Lokasi untuk mengakses penyimpanan eksternal yang sudah kalian hubungkan.

Bagaimana gampang kan? baik sekian informasi cara menghubungkan, menyambungkan, memasang, mendeteksi dari penyimpanan eksternal ke iPhone atau iPad kalian. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!