Cara Mengatasi Suara AirPods Lag, Pecah, Delay & Putus-putus

AirPods merupakan salah satu earbuds bluetooth premium rancangan Apple dengan kualitas premium. Meskipun begitu tidak sedikit juga pengguna AirPods yang mengeluhkan masalah seperti saat mendengarkan musik, menonton video sampai bermain games.


Masalah yang sering muncul tersebut juga beragam seperti suara yang lag ( putus-putus ), suara pecah dan delay atau tidak sinkron terutama bagi yang suka bermain games. Untuk memperbaiki masalah tersebut kalian bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

Pasangkan Ulang AirPods

Cara ini cukup mudah, pertama lupakah sambungan AirPods dari pengaturan bluetooth kalian. Caranya?

  • Untuk pengguna iOS silakan masuk ke menu Bluetooth (Pengaturan > Bluetooth) dan pastikan bluetooth dalam keadaan menyala, kemudian tap icon (i) disamping nama AirPods kalian, jika sudah pilih Lupakan Perangkat Ini.
  • Untuk pengguna Android masuk ke Settings > Connected Devices > Previously connected devices kemudian pilih icon pengaturan disamping nama AirPods lalu pilih lagi Forget.

Jika sudah silakan pasangkan kembali AirPods kalian dan lihat hasilnya.

Restart Perangkat

Bagi yang menggunakan iPhone, Android atau perangkat lainnya, coba silakan melakukan restart terlebih dahulu. Apabila masih belum berhasil juga lanjutkan cara di bawah berikut.

Reset Pengaturan AirPods

Cara ini akan mereset pengaturan AirPods kalian ke pengaturan pabrik (seperti baru). Bagaimana caranya?

  1. Masukkan AirPods ke dalam casenya dan pastikan tutup case dalam keadaan terbuka
  2. Sekarang cari tombol kecil yang berada di bagian belakang AirPods
  3. Kemudian tekan dan tahan tombol kecil tersebut sekitar 15 - 20 detik hingga lampu status berkedip kuning tua

Jika sudah silakan sambungkan kembali AirPods kalian dan coba lihat lagi hasilnya.

Coba Nonaktifkan Peredam Kebisingan dan Mode Transparansi

Khusus pengguna AirPods Pro dan perangkat iOS/iPadOS, silakan buka Control Center kemudian tap dan tahan pada menu Volume, jika sudah di bagian bawah volume tap mode Mati.

Suara AirPods Delay dan Pecah pada Aplikasi atau Games Tertentu Saja?

Jika ya, kemungkinan games atau aplikasi tersebut memang bermasalah, coba gunakan earbuds lainnya (jika ada) atau gunakan earphone kabel. Apabila berhasil ada kemungkinan AirPods kalian tidak kompatibel dengan game atau aplikasi tersebut.

Solusi Terakhir

Apabila kalian memiliki teman, saudara atau keluarga yang menggunakan AirPods juga, kalian bisa meminjamnya dan mencobanya diperangkat kalian dan coba cek apakah masalah yang sama terjadi atau tidak.

Jika Ya, kemungkinan besar AirPods memang tidak cocok atau kompatibel dengan perangkat (aplikasi/games) yang kalian gunakan. Namun jika Tidak kemungkinan besar AirPods kalian lah yang bermasalah.

Masih ragu AirPods bermasalah? kalian bisa membawanya ke Authorized Service Center Apple di Indonesia untuk diperiksa apakah masalah datang dari perangkat yang digunakan atau AirPods itu sendiri.

Baca Juga : Cara Mengatasi Baterai AirPods Yang Cepat Habis / Boros

Sebagai catatan saja (belum pasti juga), bagi yang menggunakan Android biasanya masalah ini memang cukup sering terjadi, sebab AirPods sendiri memang dirancang khusus untuk bekerja dengan baik pada perangkat milik Apple.

Baik sekian informasi cara mengatasi suara AirPods yang lag, pecah, delay, dan putus-putus yang dapat admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!