Kesehatan Baterai iPhone Turun ke 99%? Tak Perlu Khawatir

Bagi kalian pengguna iPhone yang mendapati Kesehatan Baterai (Battery Health / Kapasitas Maksimum) menurun ke 99%, tak perlu khawatir sebab hal tersebut merupakan hal yang wajar.


Memang ketika pertama kali membeli iPhone baru kalian akan mendapatkan kesehatan baterai sebesar 100%, wajar saja karena memang baterainya juga masih baru. Seiring dengan penggunaan sehari-hari dan kebiasaan melakukan pengisian daya, kesehatan baterai pun akan ikut menurun dan hal ini tidak bisa dihindari, tak terkecuali iPhone tersebut dibeli hanya untuk disimpan dan tidak digunakan sama sekali (itupun masih bisa menurun).

Apabila iPhone tersebut cukup sering digunakan bahkan lebih dari 8 jam sehari dan pengisian daya pun dilakukan setiap hari, tentu saja kesehatan baterai akan lebih cepat menurun apalagi ditambah kebiasaan buruk dalam melakukan pengisian daya.

Dalam banyak kasus bahkan pengalaman Admin sendiri, penurunan kesehatan baterai sebanyak 1% kadangkala baru terjadi setelah sekitar setengah tahun bahkan hampir satu tahun pemakaian. Namun hal tersebut tentu saja bervariasi tergantung model iPhone yang digunakan (lebih baru lebih awet) dan tingkat perawatannya.

Nah untuk kedepannya yang perlu kita lebih jaga lagi adalah bagaimana agar kesehatan baterai tersebut tidak cepat menurun, caranya? sudah Admin bahas lengkap pada postingan berikut, silakan dibuka : Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun

Khusus untuk iPhone yang Relatif Masih Baru

Seiring bertambahnya umur kimia pada baterai lithium ion yang digunakan oleh iPhone, kemampuan untuk menyimpan dayanya tentu akan berkurang.

Khususnya bagi yang merasa penurunan battery health terjadi sangat cepat, misalnya dari 100% ke 99% (turun hanya 1%). Selain karena kondisi baterai sejak bawaan pabrik, ada kemungkinan besar iPhone yang kalian gunakan sudah lama disimpan atau diproduksi, sehingga saat waktu disimpan itulah battery health akan berkurang dengan sendirinya, dalam arti meskipun tidak digunakan.

Hasilnya iPhone baru tersebut di awal penggunaan battery health akan terasa turun lebih cepat, karena kapasitas yang sebenarnya memang sudah akan segera turun.

Jika ini yang memang terjadi, maka seharusnya penurunan battery health yang untuk selanjutnya akan berjalan relatif normal.

Hal ini umumnya terjadi pada iPhone yang sudah berusia lama sejak diperkenalkan atau diproduksi, meskipun iPhone memang masih dalam keadaan baru atau belum pernah digunakan.