Hal-hal yang Perlu Dilakukan Setelah Jailbreak iPhone & iPad - Untuk Pemula

Jailbreak pada iOS iPhone maupun iPadOS iPad adalah proses membuka batasan-batasan yang tidak diizinkan oleh Apple. Contohnya seperti akses ke file root ( file sistem atau aplikasi ), menginstall tema, menginstall aplikasi di luar App Store, menginstall pernak-pernik untuk menambah berbagai macam fitur, merubah tampilan dan lain sebagainya. Semuanya ini bisa kalian lakukan melalui aplikasi manajemen jailbreak yang dipaketkan bersama jailbreak kalian, misalnya Cydia, Sileo atau Zebra.


Nah buat kalian yang masih baru dalam dunia Jailbreak, pada postingan kali ini admin akan membagikan tips dan trik apa saja yang harus kalian lakukan setelah melakukan Jailbreak. Perlu diketahui juga apa yang kalian download dan install melalui aplikasi Cydia, Sileo dll. di sebut juga sebagai Tweak atau Aplikasi. Kalau begitu langsung saja ini dia hal-hal yang harus kalian lakukan setelah melakukan Jailbreak pada iPhone, iPad maupun iPod touch.

#1 : Menambahkan Alamat Repo / Sumber Tweak

Untuk menginstall tweak atau aplikasi dibutuhkan Source atau Sumber alamat Repo ( repository ), setiap Repo menyediakan tweak atau aplikasi yang berbeda-beda bahkan ada juga Repo yang berisikan tweak atau aplikasi bajakan dari repo lain.

Menu Repo ini bisa kalian akses melalui aplikasi manajemen jailbreak seperti Sileo atau Cydia kemudian masuk ke menu Sources.


Lalu bagaimana saya mendapatkan Repo? dan bagaimana cara saya memasukkan alamat Repo? ada beberapa alamat repo yang memang kita dapatkan dari awal seperti Bigboss, Chariz, bingner, Dynasic, Packix dan lain sebagainya,

Namun perlu diketahui juga bahwa alamat-alamat repo bawaan tersebut disediakan langsung oleh si developer Jailbreak jadi tidak pasti sama di setiap jailbreak, dan beberapa repo bawaan tersebut hanya berfungsi untuk menginstall komponen tambahan penunjang jailbreak.

Menurut admin sendiri alamat repo bawaan tersebut sudah cukup menyimpan banyak koleksi tweak, tema dan aplikasi terbaru. Jadi kalian tidak perlu menambahkan repo-repo dari luar jika memang sudah tersedia di alamat repo bawaan.

Namun dalam situasi tertetu biasanya tergantung kita ingin mendapatkan tweak apa, misalkan tweak tersebut hanya tersedia di repo yang harus kalian tambahkan dan tidak ada di repo bawaan jailbreak, ya.. mau tidak mau harus memasukkan repo tersebut.

Lalu Bagaimana cara menambahkan Repo? mudah sekali pada aplikasi Manajemen Jailbreak kalian entah Cydia atau Sileo silahkan masuk ke menu Sources > Edit > Add kemudian masukkan alamat Repo / Sumber kemudian tap Add Source dan tunggu hingga prosesnya selesai. Setiap repo yang ditambahkan bisa kalian akses melalui menu Sources. Selengkapnya : Cara Memasukkan atau Menghapus Alamat Repo dari dalam Cydia dan Sileo

Baca Juga : Daftar Repo Tweak Jailbreak Terbaik Untuk Cydia dan Sileo

Jangan lupa untuk rutin memperbarui daftar tweak, aplikasi atau tema terbaru melalui menu Changes kemudian tap Refresh dan tunggu hingga prosesnya selesai.

#2 : Install Aplikasi File Manajemen / Manager

Ya, hal wajib kedua yang harus kalian lakukan adalah menginstall aplikasi File Manajemen untuk mengakses seluruh file dalam iPhone atau iPad kalian. Dengan begitu kalian bisa mengakses file Foto, Musik sampai file Aplikasi dan mengaturnya sesuka hati kalian.

Bagaimana caranya? mudah sekali, pertama buka aplikasi Cydia atau Sileo kemudian pada kolom pencarian silahkan cari Filza File Manager ( khusus pengguna iOS 7 atau lebih lama gunakan iFile ), apabila sudah tap Install ( atau Modify > Install ) dan tunggu hingga proses installasinya selesai. Selengkapnya : Cara Download dan Install Filza File Manager Untuk iOS Jailbreak


Setelah itu kembali ke layar utama iPhone, kemudian buka aplikasi Filza atau iFile yang sudah terinstall untuk mulai mengeksplorasi seluruh file di iPhone atau iPad kalian. Sebagai catatan, jangan sembarangan menghapus file yang tidak kalian ketahui sebab salah menghapus dapat menyebabkan iPhone kalian stuck atau error.

#3 : Install Aplikasi Pembersih File Sampah - iCleaner

Selanjutnya kalian disarankan untuk menginstall aplikasi iCleaner Pro yang berfungsi untuk membersihkan file cache, log, temporary hingga mengatur proses tweak atau aplikasi yang kalian install dan lain sebagainya.


Cara installnya, silahkan tambahkan alamat Repo ( Sources atau Sumber ) berikut ke dalam aplikasi manajemen jailbreak kalian ( pada Cydia tap menu Sources > Edit > Add ) : ( ketik manual ya )

cydia.akemi.ai atau khusus pengguna Cydia langsung saja tap pada link berikut : Add Karen's Repo

Jika sudah tap Add Source dan tunggu hingga prosesnya selesai, selanjutnya pada kolom pencarian silahkan cari iCleaner Pro kemudian tap Modify > Install dan tunggu hingga proses instalasinya selesai. Selengkapnya : Cara Install Aplikasi iCleaner Pro di iPhone dan iPad Jailbreak

Setelah selesai kembali ke layar depan iPhone kalian dan buka aplikasi iCleaner Pro, tap Bersihkan untuk mulai membersihkan file sampah di iPhone, iPad ataupun iPod touch kalian.

#4 : Install Tweak Untuk Mengubah Tema

Selanjutnya kalian bisa mengubah tema pada iPhone kalian dengan cara menginstall tweak theme engine seperti Snowboard ataupun Anemone, kemudian mengistall file Tema yang diinginkan dan mengaturnya ( menyalakan / mematikan ) melalui tweak theme engine tersebut.


Cara installnya? seperti biasa buka aplikasi manajemen jailbreak kalian, kemudian cari tweak Snowboard atau Anemone pilih salah satu saja dan jangan lupa cek kompatibilitas dengan iOS kalian ( ada di kolom deskripsi masing-masing tweak ).

Setelah terinstall sekarang cari file tema yang kalian inginkan, dimana carinya? berhubung banyak tema-tema yang tidak kompatibel dengan iOS terbaru, admin sarankan kalian menginstall tema melalui Repo Packix ( baca cara menambahkan repo packix pada cara #1 di atas ). Jika sudah ditambahkan sekarang buka menu Sources kemudian pilih menu Packix lalu pilih lagi menu Themes.

Pada menu themes itulah tema-tema yang bisa kalian gunakan, namun ingat tidak semua tema gratis ada banyak yang berbayar. Untuk yang gratis biasanya memiliki warna tulisan normal ( hitam ) sedangkan yang berbayar berwarna biru. Saran admin kalian bisa mencoba menginstall tema Mojito yang mana merupakan tema gratis yang paling populer saat ini.

Jika kalian sudah mendownload file tema yang diinginkan selanjutnya nyalakan atau apply tema tersebut melalui tweak theme engine ( bagi pengguna Snowboard masuk ke Pengaturan )

Selengkapnya : Tutorial Lengkap Cara Install Tema di iOS iPhone Jailbreak

#5 : Ubah Password Root

Terakhir nih, setiap iPhone yang sudah di jailbreak rentan disusupi oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab apabila kalian berada di jaringan publik yang sama. Maka dari itu disarankan untuk mengganti password Root pada iPhone kalian menggunakan tweak atau aplikasi Terminal seperti NewTerm. Karena ingat semua iPhone yang sudah di jailbreak menggunakan password bawaan yang sama, yaitu " alpine ".


Lalu bagaimana caranya? karena agak panjang jadi admin sudah buatkan postingannya secara terpisah, berikut linknya : Cara Ganti Password Root di iPhone Yang Sudah Jailbreak

#6 : Install Reprovision ( semi-untethered only )

Bagi yang menggunakan jailbreak Semi-Untethered yaitu jailbreak yang akan hilang ketika iPhone atau iPad di restart. Biasanya jailbreak dilakukan dengan menginstall aplikasi jailbreak ke dalam iPhone itu sendiri, entah melalui toko aplikasi pihak ketiga atau sideload (install) menggunakan komputer (cydia impactor, altstore, xcode dll.)

Aplikasi jailbreak tersebut biasanya hanya akan bertahan selama 7 hari atau random (jika diinstall melalui toko aplikasi pihak ketiga). Nah supaya tidak repot-repot menginstall aplikasi tersebut lagi ketika masa aktifnya telah habis atau tiba-tiba di revoke, kalian bisa menggunakan akun Apple ID kalian sendiri sebagai sertifikat untuk menginstall aplikasi tersebut, yang nantinya dapat kalian perpanjang sebelum 7 hari langsung di iPhone kalian menggunakan tweak ReProvision.

Bagaimana caranya? karena caranya cukup panjang jadi sudah admin buatkan artikelnya yang bisa kalian baca pada link berikut : Cara Install & Menggunakan ReProvision untuk Sign Ulang Aplikasi Tanpa Cydia Impactor

#7 : Install Tweak ByPass Deteksi Jailbreak

Setelah melakukan Jailbreak beberapa aplikasi maupun games menjadi tidak bisa digunakan. Maka dari itu kalian perlu menggunakan tweak bypass deteksi jailbreak yang dapat mengelabui aplikasi atau games tersebut agar tidak mendeteksi iPhone kalian kalau sudah di jailbreak.

Untuk daftar tweak ByPass Deteksi Jailbreak bisa kalian lihat pada postingan berikut : Daftar Tweak Bypass Deteksi Jailbreak Pada Aplikasi dan Games

Ingat meskipun sudah menggunakan tweak ByPass deteksi jailbreak, tidak menutup kemungkinan aplikasi atau games tersebut tetap dapat mengetahuinya. Ingat proses jailbreak bukan tanpa resiko, ancaman keamanan iPhone dan banned account ditanggung masing-masing pengguna jailbreak.

#8 : Cara Menghapus Tweak / Aplikasi yang Diinstall

Setelah menginstall tweak tentu saja penting untuk mengetahui juga cara menghapus tweak tersebut ( misalnya sudah tidak digunakan atau menyebabkan masalah ). Bagaimana caranya?

Mudah sekali silahkan buka aplikasi manajemen jailbreak kalian ( Cydia atau Sileo ), kemudian masuk ke menu Installed lalu tap tweak atau aplikasi yang akan dihapus lalu pilih Modify > Remove > Confirm.


Penting untuk tidak menghapus sembarang tweak, karena beberapa tweak merupakan tweak pendukung jailbreak yang kalau dihapus dapat menyebabkan masalah pada iPhone kalian. Jadi untuk lebih amannya pastikan kalian tetap berada pada menu User kecuali kalian tahu apa yang akan kalian hapus.

Penutup...

Baik itu saja 7 tips dan trik yang harus kalian lakukan bagi pengguna baru Jailbreak, sisanya bisa kalian eksplorasi sendiri hehe.. Berikut himbauan Penting bagi kalian yang sudah melakukan jailbreak.

  • Cek kompatibilitas sebelum menginstall tweak, tema ataupun aplikasi
  • Jangan pernah mengupdate iOS setelah jailbreak
  • Jangan menggunakan menu untuk menghapus seluruh data pada iPhone
  • Hapus tweak yang sudah tidak digunakan
  • Sebisa mungkin hindari menggunakan aplikasi banking atau penting lainnya (or do it at your own risk)
  • Backup data secara rutin untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan yang sewaktu-waktu bisa terjadi

Akhir kata selama mengeksplorasi dunia jailbreak, apabila kalian ada pertanyaan seputar dunia jailbreak atau lain sebagianya, bisa tinggalkan pesan kalian pada kolom komentar di bawah, sebisa mungkin akan di jawab semampu admin, terima kasih :)