Hal-hal yang Perlu Dilakukan Setelah Jailbreak iPhone & iPad - Untuk Pemula

Jailbreak pada iOS iPhone maupun iPadOS iPad adalah proses membuka batasan-batasan yang tidak diizinkan oleh Apple. Contohnya seperti akses ke file root (file sistem atau aplikasi), menginstall tema, menginstall aplikasi di luar App Store, menginstall pernak-pernik untuk menambah berbagai macam fitur, mengubah tampilan, dan lain sebagainya.


Nah buat kalian yang masih baru dalam dunia Jailbreak, pada postingan kali ini admin akan membagikan tips dan trik apa saja yang harus kalian lakukan setelah melakukan Jailbreak.

Menambahkan Alamat Repo / Sumber Tweak

Untuk menginstall tweak atau aplikasi dibutuhkan Source atau Sumber alamat Repo (repository), setiap Repo menyediakan tweak atau aplikasi yang berbeda-beda bahkan ada juga Repo yang berisikan tweak atau aplikasi bajakan dari repo lain.

Menu Repo ini bisa kalian akses melalui aplikasi manajemen jailbreak seperti Sileo atau Cydia kemudian masuk ke menu Sources.


Lalu bagaimana saya mendapatkan Repo? dan bagaimana cara saya memasukkan alamat Repo? ada beberapa alamat repo yang memang kita dapatkan dari awal seperti Bigboss, Chariz, bingner, Dynasic, Packix dan lain sebagainya,

Namun perlu diketahui juga bahwa alamat-alamat repo bawaan tersebut biasanya disediakan langsung oleh developer dari aplikasi Jailbreak yang digunakan, jadi tidak pasti sama disetiap jailbreak, dan beberapa repo bawaan tersebut hanya berfungsi untuk menginstall komponen tambahan penunjang jailbreak saja.

Menurut admin sendiri alamat repo bawaan tersebut sudah cukup menyimpan banyak koleksi tweak, tema dan aplikasi terbaru. Jadi kalian tidak perlu menambahkan repo-repo dari luar jika memang sudah tersedia di alamat repo bawaan.

Lalu Bagaimana cara menambahkan Repo? mudah sekali pada aplikasi Manajemen Jailbreak kalian entah Cydia atau Sileo silahkan masuk ke menu Sources > Edit > Add kemudian masukkan alamat Repo / Sumber kemudian tap Add Source dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Setiap repo yang ditambahkan bisa kalian akses melalui menu Sources. Selengkapnya : Cara Memasukkan atau Menghapus Alamat Repo dari dalam Cydia dan Sileo

Baca Juga : Daftar Repo Tweak Jailbreak Terbaik Untuk Cydia dan Sileo

Jangan lupa untuk rutin memperbarui daftar tweak, aplikasi atau tema terbaru melalui menu Changes kemudian tap Refresh dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Install Aplikasi File Manajemen / Manager

Ya, hal wajib kedua yang harus kalian lakukan adalah menginstall aplikasi File Manajemen untuk mengakses seluruh file dalam iPhone atau iPad termasuk file root.

Bagaimana caranya? mudah sekali, pertama buka aplikasi Cydia atau Sileo kemudian pada kolom pencarian silakan cari dan install aplikasi Filza File Manager.

Khusus pengguna iOS 7 atau lebih lama gunakan aplikasi iFile.


Sebagai catatan jangan sembarangan menghapus file yang tidak kalian ketahui melalui aplikasi Filza File Manager maupun iFile, sebab salah menghapus file dapat menyebabkan sistem atau aplikasi iPhone bermasalah.

Install Aplikasi Pembersih File Sampah

iCleaner Pro merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membersihkan file cache, log, temporary, dan lain sebagainya pada iPhone maupun iPad yang sudah dijailbreak.


Cara installnya mudah, silakan tambahkan alamat Repo berikut ke dalam aplikasi manajemen jailbreak: cydia.akemi.ai atau khusus pengguna Cydia langsung saja tap pada link berikut : Add Karen's Repo

Jika sudah tap Add Source dan tunggu hingga prosesnya selesai, selanjutnya pada kolom pencarian silahkan cari iCleaner Pro kemudian tap Modify > Install dan tunggu hingga proses instalasinya selesai. Selengkapnya : Cara Install Aplikasi iCleaner Pro di iPhone dan iPad Jailbreak

Setelah selesai kembali ke layar depan iPhone kalian dan buka aplikasi iCleaner Pro, tap Bersihkan untuk mulai membersihkan file sampah di iPhone, iPad ataupun iPod touch kalian.

Install Tweak Untuk Mengubah Tema

Selanjutnya kurang lengkap rasanya melakukan jailbreak tanpa mengubah tema pada iPhone. Namun sebelum itu pengguna membutuhkan aplikasi theme engine seperti Snowboard ataupun Anemone yang fungsinya untuk mengaplikasikan tema yang sudah didownload..


Cara installnya? seperti biasa buka aplikasi manajemen jailbreak, kemudian cari tweak Snowboard atau Anemone pilih salah satu saja dan jangan lupa cek kompatibilitas dengan iOS kalian (ada di kolom deskripsi masing-masing tweak).

Setelah terinstall sekarang cari file tema yang diinginkan, dimana carinya? tema-tema umumnya dapat ditemukan pada Repo seperti BigBoss atau Packix, yakni sebagai contoh silakan masuk ke menu Sources > Packix > Themes.

Jika kalian sudah mendownload file tema yang diinginkan selanjutnya nyalakan atau apply tema tersebut melalui tweak theme engine seperti Snowboard atau Anemone.

Selengkapnya : Tutorial Lengkap Cara Install Tema di iOS iPhone Jailbreak

Ubah Password Root

Setiap iPhone yang sudah dijailbreak rentan disusupi oleh peretas jika sedang terhubung ke jaringan publik. Maka dari itu disarankan untuk mengubah password Root pada iPhone melalui aplikasi Terminal seperti NewTerm.

Pada dasarnya semua iPhone yang sudah dijailbreak menggunakan password bawaan yang sama, yaitu: alpine


Lalu bagaimana caranya? karena agak panjang jadi admin sudah buatkan postingannya secara terpisah, berikut linknya : Cara Ganti Password Root di iPhone Yang Sudah Jailbreak

Install Reprovision

Bagi yang menggunakan jailbreak Semi-Untethered yaitu jailbreak yang akan hilang ketika iPhone atau iPad di restart. Biasanya jailbreak dilakukan dengan menginstall aplikasi jailbreak ke dalam iPhone itu sendiri, entah melalui toko aplikasi pihak ketiga atau diinstall melalui komputer (cydia impactor, altstore, xcode dll.)

Aplikasi jailbreak yang diinstall tersebut umumnya hanya akan bertahan selama 7 hari dengan menggunakan Apple ID gratis.

Nah supaya tidak repot-repot menginstall aplikasi tersebut lagi ketika masa aktifnya telah habis, kalian  bisa menggunakan aplikasi / tweak ReProvision yang dapat memperpanjang secara otomatis aplikasi yang diinstall sebelum 7 hari.

Bagaimana caranya? karena caranya cukup panjang jadi langsung saja buka link berikut ini: Cara Install & Menggunakan ReProvision untuk Sign Ulang Aplikasi Tanpa Cydia Impactor

Install Tweak ByPass Deteksi Jailbreak

Setelah melakukan Jailbreak beberapa aplikasi maupun game mungkin menjadi tidak bisa digunakan karena mendeteksi perangkat telah dalam kondisi dijailbreak / root.

Sebagai solusinya pengguna dapat memanfaatkan tweak untuk membypass deteksi jailbreak agar aplikasi atau games tersebut, tidak mendeteksi bahwa iPhone sudah dalam kondisi terjailbreak.

Untuk daftar tweak bypass deteksi jailbreak bisa dicek melalui postingan berikut: Daftar Tweak Bypass Deteksi Jailbreak Pada Aplikasi dan Games

Ingat meskipun sudah menggunakan tweak ByPass deteksi jailbreak, tidak menutup kemungkinan aplikasi atau games tersebut tetap dapat mengetahuinya. Ingat proses jailbreak bukan tanpa resiko, ancaman keamanan iPhone dan banned account ditanggung masing-masing pengguna jailbreak.

Cara Menghapus Tweak / Aplikasi yang Diinstall

Setelah menginstall tweak tentu saja penting untuk mengetahui juga cara menghapus tweak tersebut. Bagaimana caranya?

Mudah sekali silakan buka aplikasi manajemen jailbreak yang digunakan misalnya Cydia atau Sileo, kemudian masuk ke menu Installed lalu pilih tweak atau aplikasi yang akan dihapus, kemudian pilih Modify > Remove > Confirm.


Penting untuk tidak menghapus sembarang tweak, karena beberapa tweak merupakan tweak pendukung jailbreak yang jika dihapus dapat menyebabkan masalah pada iPhone. Jadi untuk lebih amannya pastikan kalian tetap berada pada menu User kecuali kalian tahu apa yang akan kalian hapus.

Penutup...

Baik itu saja tips dan trik bagi pengguna baru iPhone maupun iPad yang sudah dijailbreak, sisanya bisa kalian eksplorasi sendiri ya hehe.. sebelum menutup postingan ini, berikut sedikit tips bagi pengguna iPhone dan iPad yang sudah dijailbreak.

  • Cek kompatibilitas sebelum menginstall tweak, tema, ataupun aplikasi
  • Jangan pernah mengupdate iOS setelah jailbreak
  • Jangan mereset data-data pada iPhone langsung melalui aplikasi Pengaturan
  • Hapus tweak yang sudah tidak digunakan untuk menghemat penggunaan baterai
  • Sebisa mungkin hindari menggunakan aplikasi banking atau penting lainnya (or do with your own risk)
  • Backup data secara rutin untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan yang sewaktu-waktu bisa terjadi (misalnya bootloop)

Baik itu saja informasi seputar Hal-hal yang Perlu Dilakukan Setelah Jailbreak iPhone & iPad untuk Pemula. Apabila ada yang ingin disampaikan atau mungkin tambahkan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya.