Cara Memindahkan Data dari aplikasi File iPhone / iPad ke Komputer

Bagi kalian pengguna iOS / iPadOS iPhone, iPad dan iPod touch yang suka menyimpan data-data seperti dokumen, musik, foto dan lain sebagainya ke dalam aplikasi File, pada postingan kali ini admin akan membagikan beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk memindahkan, transfer atau menyalin data-data dari aplikasi File tersebut ke PC, komputer, laptop atau mac kalian.


Terdapat dua cara yang bisa kita gunakan untuk mentransfer data-data pada aplikasi File iPhone ke dalam komputer, yang pertama menggunakan kabel data (secara offline) atau menggunakan iCloud. Untuk file berukuran besar di sarankan untuk menggunakan kabel data, sebaliknya apabila file hanya berukuran kecil kalian bisa memanfaatkan iCloud untuk proses yang lebih cepat.

Kalau begitu langsung saja ikuti dan pilih salah satu dari cara di bawah berikut sesuai keinginan kalian.

Memindahkan Data ke Komputer Melalui iCloud

Cara yang pertama ini cocok bagi yang ingin mentransfer data dalam ukuran kecil, karena disini kita akan memindahkan, menyalin atau mengupload file tersebut ke iCloud Drive dari iPhone kalian, kemudian mendownloadnya melalui akun iCloud kalian di komputer.

#1 : Pertama tempatkan file ke dalam iCloud Drive, caranya?

Cek di bagian apakah file tersebut tersimpan di direktori "Di iPhone Saya"? jika ya, silahkan tap dan tahan pada file tersebut lalu pilih Salin, selanjutnya masuk ke lokasi iCloud Drive kemudian tap dan tahan di sembarang tempat lalu pilih Tempel, jika sudah maka sekarang file kalian sudah berada di iCloud Drive.



#2 : Jika sudah sekarang silahkan buka browser di komputer kalian kemudian silahkan Login akun iCloud kalian pada website iCloud berikut : https://www.icloud.com/

#3 : Setelah itu silahkan pilih / klik menu iCloud Drive


#4 : Selanjutnya silahkan klik pada file yang ingin di pindahkan ke komputer lalu klik tombol Unduh (ada dibagian atas), contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut


Memindahkan Data ke Komputer Melalui File Sharing

Di iPhone, iPad maupun iPod touch sendiri, kalian bisa memindahkan data-data beberapa aplikasi tertentu melalui fitur File Sharing dengan bermodal kabel data saja. Namun sayangnya untuk saat ini fitur File Sharing tersebut tidak berlaku untuk memindahkan data pada aplikasi File, jadi untuk mengakalinya disini kita akan mentransfer data dari aplikasi File ke aplikasi File Manager yang sudah didukung fitur File Sharing, bingung? langsung saja ikuti caranya di bawah berikut.

#1 : Pertama silahkan download aplikasi yang mendukung fitur File Sharing di iPhone kalian, contohnya kalian bisa menggunakan aplikasi File Manager - Download via App Store

#2 : Jika sudah di download sekarang kita kaan memindahkan data yang akan di transfer ke dalam aplikasi File Manager tersebut, caranya?

Silahkan tap dan tahan pada data yang diinginkan kemudian tap Bagikan lalu pilih Salin ke File Manager (jika tidak ada tap menu Lainnya kemudaian tap Salin ke File Manager) dan yang terakhir tap Done


#3 : Nah sekarang silahkan siapkan komputer atau laptop kalian kemudian silahkan download aplikasi iTunes (pengguna macOS Catalina tidak perlu, silahkan gunakan menu Finder).


#4 : Kemudian sambungkan kabel data ke iPhone kemudian buka aplikasi iTunes (macOS Catalina = Finder)

#5 : Jika sudah klik pada menu iPhone kalian (di iTunes silahkan cari dipojok kiri atas)

#6 : Kemudian klik menu File Sharing lalu File Manager kemudian klik / pilih Local Files dan yang terakhir klik Save (bagi yang layarnya kecil coba di scroll ke bagian bawah) 



#7 : Selanjutnya pilih direktori yang tempat yang ingin kalian gunakan untuk menyimpan file tersebut dan Selesai.

Selanjutnya yang kalian butuhkan hanya menyalin data dari aplikasi File ke aplikasi File Manager, kemudian gunakan File Sharing pada aplikasi iTunes untuk mentransfer datanya ke komputer atau laptop kalian.

Bagaimana gampang kan? kalau kalian sendiri lebih suka menggunakan cara pertama dengan iCloud atau Menggunakan File Sharing? kalau admin sendiri lebih mengkondisikan, jika file besar menggunakan iTunes merupakan pilihan yang tepat, kalau kecil gunakan iCloud agar lebih praktis dan tidak perlu repot-repot menggunakan kabel data.

Baca Juga : Cara Menghubungkan Penyimpanan Eksternal ke iPad dan iPhone

Baik sekian dulu informasi cara memindahkan data dari aplikasi File di iPhone, iPad dan iPod touch ke komputer, laptop atau mac kalian. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.