Cara Memindahkan Kontak dari iPhone ke Gmail / Android

Bagi kalian pengguna iPhone yang ingin memindahkan, mengirim atau transfer seluruh kontak kalian ke dalam akun Gmail dengan tujuan misalnya agar dapat diakses juga di perangkat Android atau lain sebagainya, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-caranya.


Namun perlu diperhatikan karena kontak pada iPhone kalian tidak bisa ditransfer langsung jadi metode ini membutuhkan akses ke sebuah komputer, jika sudah siap langsung saja ikuti caranya berikut ini.

Cara Memindahkan Kontak dari iPhone ke Gmail / Android

#1 : Pada iPhone kalian silahkan buka aplikasi Pengaturan lalu tap akun iCloud (dipaling atas)

#2 : Jika sudah silahkan pilih lagi menu iCloud lalu pastikan menu Kontak sudah dalam keadaan aktif, (jika belum silahkan nyalakan terlebih dahulu kemudian pilih Gabung)


#3 : Selanjutnya buka browser pada komputer kalian kemudian masuk ke website iCloud : https://www.icloud.com/ jika sudah silahkan login akun iCloud kalian

#4 : Jika sudah login silahkan pilih menu Kontak 


#5 : Lalu silahkan pilih kontak yang akan di pindahkan / kirim (kalau mau semuanya tinggal klik salah satu kontak lalu tekan CTRL + A di keyboard), jika sudah klik icon gear yang ada dipojok kiri bawah kemudian pilih Ekspor vCard...


Pada tahap ini seluruh kontak pada iPhone kalian akan di download dengan format .vcf

#6 : Selanjutnya silahkan Login akun Gmail kalian di komputer, lalu masuk ke menu Kontak, caranya silahkan tap menu titik-titik yang ada disamping account kalian lalu pilih Contacts, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut.


#7 : Jika sudah klik menu Import lalu pilih lagi Select file, kemudian silahkan pilih file kontak .vcf yang tadi di download dari iCloud


#8 : Kemudian jika sudah dipilih klik lagi tombol Import dan tunggu hingga proses uploadnya selesai


#9 : Jika sudah maka kontak yang dari iCloud tersebut otomatis akan masuk ke akun Gmail kalian :)

Transfer kontak dari Gmail ke Android

Apabila cara-cara mentransfer kontak dari iPhone ke Gmail sudah selesai, sekarang untuk menampilkannya di perangkat Android, pastikan Android kalian sudah menggunakan akun Gmail yang sama dengan akun Gmail yang tadi sudah kalian import kontaknya.

Jika sudah pada perangkat Android kalian silahkan :

#1 : Masuk ke aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian pilih menu Akun & Sinkron > Google > (email kalian) kemudian tap Kontak


#3 : Tunggu hingga proses sinkronisasinya selesai lalu silahkan cek kembali kontak pada Android kalian dan lihat hasilnya :)

Bagaimana gampang kan? untuk selanjutnya jika kalian ingin mentransfer kontak dari iPhone ke akun Gmail, kalian bisa mengikuti cara-cara di atas sampai ada fitur terbaru dari Apple ataupun Google untuk mempermudah pengguna iPhone agar bisa mentransfer kontak langsung dari iPhone ke Gmail, hmm.. kita berharap saja secepatnya fitur tersebut bisa hadir hehe..

Baik sekian dulu informasi cara memindahkan, transfer atau mengirim kontak dari iPhone ke akun Gmail maupun Android. Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.