Cara Mengatasi Foto iPhone Blur Disertai Tanda Seru

Banyak pengguna iPhone, iPad sampai iPod touch yang mengalami masalah dimana seluruh Foto yang ada di Galeri Foto mereka menjadi tampak Blur alias Buram dan Tidak Jelas yang disertai juga icon Tanda Seru. Sebenarnya masalah ini bukanlah masalah yang serius, namun merupakan sebuah fitur pengoptimalan ruang penyimpanan.


Apa Penyebab Foto iPhone Bisa Blur? dan Apa itu Pengoptimalan Ruang Penyimpanan Foto?

Saya yakin foto-foto yang blur tersebut merupakan foto yang tersimpan juga di iCloud, benar? nah foto-foto yang di backup ke iCloud tersebut secara otomatis akan muncul di galeri foto seluruh perangkat kalian yang terhubung dengan akun iCloud yang sama.

Dalam beberapa kasus sebagai contoh misalkan kalian baru saja mereset ulang iPhone atau membeli iPhone baru. Maka secara otomatis foto-foto yang tersimpan di iCloud akan muncul ke dalam galeri foto iPhone baru kalian, namun dalam bentuk foto yang sudah dioptimalkan.

Baca Juga : Cara Mudah Melihat Ukuran Foto atau Video di iPhone dan iPad

Maksud dari Foto yang sudah optimalkan disini adalah, ketika foto-foto yang ada di iCloud tersebut muncul atau didownload secara otomatis ke dalam galeri iPhone kalian. Sebenarnya foto-foto tersebut bukan merupakan foto asli yang berukuran penuh, melainkan ukurannya telah diperkecil dan dioptimalkan agar menghemat ruang penyimpanan. Sehingga berdampak pada penurunan kualitas ketajaman resolusi yang membuat foto menjadi tampak blur.

Nah foto yang tidak berukuran penuh tersebutlah yang ditandai juga dengan icon tanda seru dipojok kanan bawahnya.

Untuk mengatasi masalah ini dan membuat foto-foto pada galeri iPhone kalian menjadi normal, tidak blur dan tajam kembali, caranya sangatlah mudah. Kalau begitu langsung saja ikuti caranya di bawah berikut.

Cara Mengatasi Foto di Galeri iPhone Tampak Blur / Buram disertai icon Tanda Seru

Sebelum melanjutkan siapkan koneksi internet yang cepat disarankan menggunakan Wi-Fi atau data seluler dengan kuota yang lumayan banyak, karena disini kalian akan mendownload seluruh foto yang nampak blur tersebut dari iCloud. Baik jika sudah siap langsung saja ikut caranya berikut ini :

1. Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan kemudian seret ke bawah dan pilih menu Foto


2. Jika sudah silakan pilih menu Unduh dan Simpan yang Asli


3. Kemudian buka aplikasi Foto Galeri  di iPhone kalian lalu tunggu hingga semua foto terdownload secara penuh.

Catatan Tambahan : 

  • Apabila proses download terhenti, pastikan kalian telah menonaktifkan Mode Data Rendah (pengaturan > seluler > pilihan data seluler > mode data rendah), selain itu nonaktifkan juga Mode Daya Rendah (pengaturan > baterai > mode daya rendah). 
  • Untuk melanjutkan kembali download yang terjeda silakan buka galeri foto kemudian pada menu Foto seret ke bagian paling bawah lalu tap Kelola > Lanjutkan.

Berikut adalah contoh proses foto yang sedang didownload ukuran ke aslinya, yang disertai juga dengan icon bulat dipojok kanan bawah.


Lamanya proses download tergantung kecepatan koneksi internet yang kalian gunakan, jika sudah terdownload semua kalian bisa melihat sendiri hasilnya. Sekarang foto-foto kalian sudah kembali normal alias tidak blur lagi.

Ya tidak lain dan tidak bukan hal ini karena foto-foto yang sudah didownload tersebut sekarang merupakan wujud aslinya dan bukan hasil dari pengoptimalan lagi.

Bagaimana menurut kalian tentang fitur pengoptimalan foto ini? memang ada nilai plus dan minusnya. Plusnya adalah foto-foto yang disimpan di iCloud tersebut tetap dapat kalian akses namun dengan ukuran yang standar saja alias sudah dioptimalkan (namun nampak blur). Sedangkan jika kalian menggunakan dan mendownload ukuran aslinya, tentu akan memakan ruang penyimpanan yang lebih karena foto yang asli tersebut ukurannya lebih besar. Keuntungannya foto-foto akan tampak normal dan tajam kembali karena memang yang aslinya begitu hehe.

Baca Juga : Cara Menampilkan Tanggal, Waktu & Lokasi Pada Kamera iPhone

Baik sekian dulu informasi cara mengatasi, memperbaiki atau mempertajam kembali foto-foto di galeri foto iPhone, iPad dan iPod touch yang Blur dan Buram. Apabila ada yang kurang jelas dan ingin ditanyakan silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih!.