Cara Mengatasi iPhone Tiba-Tiba Loading dan Tidak Merespon

Apakah iPhone, iPad atau iPod touch kalian tiba-tiba saja Loading dengan tampilan layar hitam diikuti icon roda gerigi berputar di bagian tengah layar? jika ya, maka ada kemungkinan besar bahwa iPhone kalian mengalami hang karena kesalahan sistem (bug) pada iOS / iPadOS, update atau reset iPhone yang terganggu dan gagal, sampai menandakan adanya masalah hingga kerusakan pada iPhone tersebut.


Namun tenang saja sebagian besar kasus muncul Loading tiba-tiba pada iPhone hanya disebabkan oleh Bug pada iOS, dan untuk memperbaiki masalah tersebut caranya sangatlah mudah, kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini.

Cara Memperbaiki iPhone Tiba-Tiba Loading hingga Tidak Merespon Apa-Apa

Disini kita akan melakukan restart paksa pada iPhone, iPad atau iPod touch yang stuck di loading dengan icon berputar di bagian tengah, kalau begitu langsung saja ikuti cara berikut ini untuk melakukan Force Restart pada iPhone, iPad atau iPod touch kalian.

*Untuk pengguna iPhone 8 / Plus, X, Xr, Xs, Xs Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, SE 2020 atau lebih baru*

Lakukan dengan tempo perpindahkan antar tombol yang cepat :

  1. Tekan tombol Volume Atas kemdian lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  3. Sekarang Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple alias Restart


*Untuk pengguna iPhone 7 dan 7 Plus*

Caranya lebih sederhana, silahkan Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan hingga muncul logo Apple alias Restart


*Untuk pengguna iPhone 6 / Plus, 6S / Plus, SE*

Caranya lebih sederhana, silahkan Tekan dan Tahan tombol Home dan Power / Lock secara bersamaan hingga muncul logo Apple alias Restart



Setelah iPhone melakukan restart maka fungsi iPhone kalian akan kembali normal dan terbebas dari stuck di loading lagi.  Namun apabila iPhone masih tetap loading setelah di restart, Coba Restore iPhone kalian Menggunakan Mode DFU.

Reset iPhone Menggunakan DFU Mode

Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil sama sekali, langkah selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah dengan mereset iPhone kalian menggunakan Mode DFU. Ingat cara ini akan menghapus seluruh data pada iPhone, jika setuju langsung saja ikuti caranya berikut ini :

#1 : Sambungkan iPhone kalian yang stuck di loading ke dalam komputer kemudian buka aplikasi iTunes (jika iTunes belum ada silahkan download dan install melalui link berikut : Download iTunes)

#2 : Setelah iTunes terbuka silahkan :

Model iPhone 6S, 7, 8, iPhone X, iPhone XS, iPhone XR, iPhone 11 dan lebih baru

  • Tekan tombol Power / Lock selama 3 detik kemudian lepas
  • Sekarang Tekan tombol Power / Lock bersamaan dengan tombol Volume Bawah selama 10 detik
  • Setelah 10 detik lepas tombol Power / Lock saja dan tetap tahan tombol Volume Bawah sekitar 5 detik
  • Apabila berhasil maka iTunes akan memberikan pilihan untuk merestore atau memperbaiki iPhone kalian, silahkan ikuti instruksi yang ada pada iTunes

Model iPhone 6, 5S atau lebih lama

  • Tekan tombol Power / Lock selama 3 detik kemudian lepas
  • Sekarang Tekan tombol Power / Lock bersamaan dengan tombol Home selama 10 detik
  • Setelah 10 detik lepas tombol Power / Lock saja dan tetap tahan tombol Home sekitar 5 detik
  • Apabila berhasil maka iTunes akan memberikan pilihan untuk merestore atau memperbaiki iPhone kalian, silahkan ikuti instruksi yang ada pada iTunes

#3 : Apabila sudah berhasil silahkan ikuti instruksi yang di tunjukkan oleh iTunes untuk memperbaiki iPhone kalian dan mereset iPhone ke pengaturan pabrik.

Untuk mencegah masalah ini kembali lagi rutinlah mengupdate iOS / iPadOS di iPhone maupun iPad kalian, caranya? siapkan Wi-Fi kemudian download dan install pembaruan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Bagi yang diakibatkan karena Jailbreak harap untuk tidak sembarangan menghapus file sistem sampai menginstall tweak yang tidak kompatibel.

Akhir kata apabila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil, kalian bisa membawa iPhone kalian ke tempat atau teknisi yang sudah handal di bidangnya agar dapat di cek lebih lanjut.

Baik sekian informasi cara mengatasi iPhone yang tiba-tiba loading dan tidak merespon apa-apa. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.