Cara Menggunakan Fitur Pengenalan Suara di iPhone iOS 14

Di iOS 14 Apple menambahkan beragam fitur tambahan yang sangat menarik dan berguna, salah satunya adalah fitur Pengenalan Suara. Dengan adanya fitur pengenalan suara ini, iPhone kalian akan mengawasi apabila ada suara-suara yang di kenalinya dan sesegera mungkin memeritahukannya kepada kalian.


Misalnya saja suara sirine, asap, kebakaran, klakson mobil, ketukan pintu, lonceng dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentu saja fitur ini sangat berguna terutama bagi yang mengalami gangguan kesulitan pendengaran (tunarungu), atau kalian sendiripun bisa menggunakannya sebagai penanda saat sedang mendengarkan musik melalui earphone.

Baca Juga : iOS 14: Cara Tap Belakang iPhone untuk Screenshot, Lock, Mute dll

Untuk menggunakan fitur Pengenalan Suara ini caranya cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menggunakan Fitur Pengenalan Suara di iPhone, iPad dan iPod touch - iOS / iPadOS 14

#1 : Pertama buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas

#3 : Lalu pilih menu Pengenalan Bunyi


#4 : Selanjutnya silahkan aktifkan menu Pengenalan Suara lalu tap menu Bunyi


#5 : Sekarang silahkan nyalakan Bunyi apa saja yang akan dikenali oleh iPhone, iPad atau iPod touch kalian


Jika sudah maka ketika iPhone mendeteksi salah satu bunyi suara yang kalian aktifkan untuk kenali, maka iPhone akan mengirimkan pemberitahuan seperti contoh yang di tunjukkan pada gambar berikut :


Untuk mengakses (menyalakan atau mematikan) fitur Pengenalan Suara ini dengan cepat, kalian bisa melakukannya melalui Pusat Kontrol, bagaimana caranya?

  1. Buka aplikasi Pengaturan
  2. Masuk ke menu Pusat Kontrol
  3. Lalu cari menu Pengenalan Suara dan tap icon tanda tambah disampingnya

Sekarang buka pusat kontrol kalian dan silahkan gunakan icon Pengenalan Suara untuk menyala atau mematikan fitur tersebut dengan cepat.


Baik itu saja cara-cara menggunakan fitur Pengenalan Suara di iPhone, iPad dan iPod touch yang mulai tersedia dari iOS 14. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.