Persiapan yang Harus Dilakukan sebelum Update ke iOS 14

Sebentar lagi Apple akan mengadakan WWDC 2020 (Worldwide Developers Conference) atau Konferensi Pengembang Sedunia yang dilakukan secara Online pada tanggal 22 juni mendatang, dalam WWDC 2020 ini Apple kembali akan memperkenalkan iOS 14 terbaru yang digadang-gadang akan membawa sejumlah perubahan yang menarik.


Jadwal Perilisan iOS 14 ke Publik + Versi Beta Developor & Beta Publik

Melihat dari jadwal tanggal perilisan iOS terbaru di setiap tahunnya, iOS 14 sendiri kemungkinan besar akan dirilis secara resmi ke publik sekitar bulan September tahun 2020, sedangkan bagi sebagian developer yang sudah terdaftar, versi beta (percobaan) iOS 14 diperkirakan sudah langsung bisa di install setelah event WWDC 2020 pada 22 juni usai, dan iOS 14 versi beta publik diperkirakan akan dirilis sekitar 1 bulan setelahnya sekitar bulan juli dan bisa di install oleh semua pengguna yang ingin mencoba iOS 14 lebih awal.

iPhone yang Mendapat Update iOS 14

Kabar baiknya iOS 14 akan mendukung iPhone yang sama seperti yang didukung juga oleh iOS 13, apa sajakah itu?

  • iPhone 6S
  • iPhone 6S Plus
  • iPhone SE 2016
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X
  • iPhone Xr
  • iPhone Xs
  • iPhone Xs Max
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone SE 2020
  • iPhone 12?
  • iPhone 12 Pro?
  • iPhone 12 Pro Max?

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Update / Upgrade ke iOS 14

Sebelum melakukan update atau upgrade dari iOS 13 ke iOS 14, ada beberapa hal yang penting untuk kalian perhatikan, apa saja itu?

#1 : Backup Data-Data Penting

Pertama untuk berjaga-jaga agar tidak terjadi kesalahan saat proses update ke iOS 14, pastikan seluruh data pada iPhone kalian seperti foto, kontak, catatan, jadwal, bookmark safari dan lain sebagainya sudah tersimpan / di backup ke dalam iCloud, untuk memastikannya silahkan :

Buka aplikasi Pengaturan pada iPhone lalu tap menu akun iCloud kalian yang berada di bagian paling atas, lalu pilih iCloud kemudian pastikan menu-menu seperti foto, kontak, catatan, cadangan iCloud dan lain sebagainya sudah dalam keadaan menyala.


Untuk membackup data lebih lengkap (komplit) kalian bisa menggunakan aplikasi iTunes di komputer atau gunakan Mac.

#2 : Sambungkan iPhone ke Pengisian Daya

Karena update dari iOS 13 ke iOS 14 merupakan salah satu update yang cukup besar, maka dari itu penting untuk mempersiapkan daya baterai iPhone sebanyak mungkin, atau disarankan untuk menghubungkan iPhone ke pengisian daya selama melakukan proses update.

#3 : Siapkan Koneksi WiFi yang Stabil dan Kencang

Untuk mendownload dan menginstall pembaruan iOS 14 langsung di iPhone, kalian memerlukan koneksi WiFi yang cukup stabil dan kencang, sebab ukuran update dari iOS 14 bisa bergiga-giga.

Jika sudah silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, apabila kalian sudah mendapatkan update iOS 14 silahkan tap Download dan Install


#4 : Atur Ulang Pengaturan (opsional)

Kita tidak tahu apa saja fitur baru dan menarik yang akan di bawa oleh iOS 14, maka dari itu agar tidak kelewatan fitur menarik tersebut kalian bisa mereset pengaturan pada iPhone kalian ke pengaturan default (bawaan) tanpa menghapus data.

Jika berminat silahkan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang lalu pilih menu Atur Ulang Pengaturan.


#5 : Waktu

Ya, selanjutnya pastikan kalian menyiapkan waktu kosong yang agak panjang agar dapat memantau proses berjalannya update ke iOS 14 secara langsung, selain itu setelah update selesai kalian juga bisa langsung mengeksplorasi iOS 14 dengan lebih santai.

Baik itu saja hal-hal yang perlu kalian perhatikan sebelum mengistall iOS 14 yang akan dirilis pada bulan september 2020 mendatang. Sedangkan bagi yang berniat untuk menginstall iOS 14 versi beta (percobaan) disarankan untuk membackup data-data penting kalian melalui iTunes, sebab untuk berpindah dari iOS versi beta ke versi publik membutuhkan proses restore yang akan menghapus seluruh data pada iPhone.

Sedikit Tips Terakhir!

Seperti yang kita ketahui iOS 13 saat pertama kali dirilis menyimpan segudang bug yang luar biasa banyaknya, sehingga Apple rutin mengeluarkan update dalam jarak yang cukup berdekatan.

Nah bagi yang menginginkan iOS 14 yang lebih stabil dan minim Bug, kalian bisa menunggu sekitar beberapa minggu setelah perilisan iOS 14 yang pertama dan melihat tanggapan dari pengguna yang sudah merasakan update ke iOS 14. Jika mendapat banyak tanggapan positif kalian bisa langsung update ke iOS 14 versi terbaru yang sudah minim bug tersebut.

Baik itu saja persiapan yang harus kalian persiapkan sebelum update / upgrade ke iOS 14, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah.