Cara Mengatasi Keyboard iPhone Tidak Muncul / Blank Putih

Mengalami masalah dimana tampilan keyboard pada iPhone tidak menampilkan tombol apapun (blank putih) atau bahkan hanya setengah dari susunan tombol saja, merupakan Bug yang cukup mengganggu dan sangat menyebalkan, apalagi masalah ini muncul ketika sedang dalam situasi yang cukup penting seperti untuk membalas pesan atau mengirimkan email.


Untuk mengatasi Bug pada keyboard yang tidak menampilkan tombolnya ini terbilang cukup mudah, kalau begitu langung saja bagi yang mengalaminya silahkan ikuti salah satu cara di bawah berikut.

Cara Mengatasi Keyboard iPhone Tidak Muncul / Blank Putih :

#1 : Restart iPhone

Cara pertama yang paling ampuh yang dapat kalian lakukan adalah dengan merestart iPhone, sederhananya silahkan matikan iPhone kemudian nyalakan kembali.

(untuk iPhone dengan Notch silahkan tekan dan tahan tombol Samping + Volume Bawah / Atas, sedangkan bagi pengguna iPhone dengan tombol Home silahkan tekan dan tahan tombol Samping saja)

#2 : Hapus Keyboard Pihak Ketiga

Apabila kalian menggunakan keyboard pihak ketiga (bukan bawaan iPhone) silahkan coba hapus keyboard tersebut, caranya masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Papan Ketik > Papan Ketik > Edit lalu tap tanda - disamping nama keyboard pihak ketiga yang ingin di hapus lalu tap Hapus.


#3 : Reset Pengaturan Kamus Keyboard

Selanjutnya kalian bisa mencoba mereset pengaturan kamus papan ketik, caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang lalu pilih Atur Ulang Kamus Papan Ketik, jika sudah silahkan lihat hasilnya.

Masih Belum Berhasil?

Sebelumnya coba cek dulu keyboard yang tidak muncul tersebut hanya terdapat disalah satu aplikasi atau secara keseluruhan sistem? jika hanya salah satu aplikasi kemungkinan aplikasi tersebut mengalami Bug, coba update ke versi terbaru di App Store jika tersedia, pertimbangkan juga untuk melakukan install ulang (dihapus lalu di install kembali).

Baca Juga : Cara Mengatasi Keyboard iPhone Ngelag / Delay Saat Mengetik

Apabila keyboard memang tidak bisa muncul di semua tempat atau sistem dan cara-cara di atas belum juga membuahkan hasil, coba reset pengaturan pada iPhone kalian, caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang lalu pilih Atur Ulang Pengaturan. Selanjutnya silahkan update iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini caranya masuk ke menu Umum > Pembaruan Perangkat Lunak lalu pilih Unduh dan Install jika ada pembaruan yang tersedia.

Langkah terakhir yang dapat kalian lakukan adalah dengan mencoba melakukan proses Restore iPhone ke pengaturan pabrik melalui iTunes, caranya silahkan baca pada postingan berikut : Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Baik itu saja cara-cara yang bisa admin bagikan untuk memperbaiki keyboard pada iPhone yang tidak menampilkan tombol apa-apa alias blank putih. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.