Cara Mengatasi Keyboard iPhone Ngelag / Delay Saat Mengetik

Mengetik adalah hal yang wajar dilakukan oleh semua pengguna Smartphone termasuk pengguna iPhone, seperti misalnya untuk mengirimkan pesan, menulis catatan, browsing, atau mencari hal-hal yang menarik lainnya di internet.


Tapi apa jadinya apabila keyboard pada iPhone menjadi ngelag atau delay saat mengetik? bahkan dalam kasus terparahnya keyboard tersebut bisa mengetik dengan sendiri tanpa disentuh, hal ini bukan tanpa sebab ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kenapa keyboard pada iPhone menjadi lag atau delay saat mengetik, apabila masalah yang kalian hadapi hanya karena keyboard pada iPhone yang mengetik sendiri kalian bisa baca cara memperbaikinya pada artikel berikut : Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Layar iPhone Yang Ngetik Sendiri

Kalau begitu langsung saja untuk memperbaiki Keyboard iPhone yang ngelag dan delay saat mengetik silakan ikuti cara memperbaikinya:

Restart iPhone

Hal paling simple dalam memperbaiki masalah pada iPhone terutama yang diakibatkan oleh Bug adalah dengan merestart atau sederhananya mematikan kemudian menyalakan kembali iPhone tersebut, apabila sudah silakan coba kembali.

Gunakan Keyboard Bawaan iPhone


Apabila kalian menggunakan Keyboard pihak ketiga ( skin / tema keyboard hasil download dari App Store ) coba kembali menggunakan Keyboard bawaan iPhone atau hapus aplikasi skin keyboard, bisa saja lag tersebut diakibatkan oleh aplikasi Keyboard yang tidak stabil / memiliki bug.

Cek Apakah Masalah Hanya pada Aplikasi Tertentu

Apabila keyboard menjadi lag pada aplikasi tertentu saja sedangkan di aplikasi lainnya tidak ngelag, berarti bisa dipastikan bahwa aplikasi tersebutlah yang bemasalah, coba juga dengan menutup aplikasi lainnya saat mengetik di satu aplikasi.

Bersihkan Layar iPhone

Pastikan layar iPhone kalian dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran cair misalnya terkena noda minyak dan lain sebagainya, apabila sudah dibersihkan silakan coba kembali.

Cabut Sambungan Charger

Cabut sambungan charger apabila sedang dicas dan coba kembali apa masih lag atau tidak, jika tidak maka charger kalian lah yang bermasalah, kalau masih tetap lag lanjutkan cara di bawah berikut

Nonaktifkan Koreksi Otomatis


Coba nonaktifkan fitur Koreksi Otomatis (auto correct) pada Pengaturan > Umum > Papan Ketik > Koreksi Otomatis, apabila berhasil kemungkinan iOS yang kalian gunakan memiliki Bug, segera lakukan update melalui menu Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Reset Pengaturan iPhone

Coba reset pengaturan pada iPhone kalian ke pengaturan pabrik / awal tanpa menghapus data, sebelum melanjutkan cara ini akan mereset seluruh pengaturan temasuk letak ikon aplikasi, password wifi tersimpan, pengaturan jaringan dan lain sebagainya, jika setuju caranya silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Atur Ulang Pengaturan.

Update ke iOS Terbaru

Jika cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil coba update iOS kalian ke versi terbaru yang tersedia, caranya silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Cek Sisa Penyimpanan

Apabila sisa kapasitas penyimpanan pada iPhone kalian sudah hampir habis, pastikan untuk sedikit memberikan ruang kosong, penuhnya penyimpanan pada iPhone bukan hanya membuat ngelag saat mengetik tetapi juga membuat ngelag secara keseluruhan pada iPhone.

Restore iPhone ke Pengaturan Awal

Langkah terakhir yang dapat kalian lakukan sendiri untuk memperbaiki keyboard iPhone yang ngelag adalah dengan melakukan Restore iPhone alias mereset seluruh iPhone ke pengaturan awal ( semua data akan terhapus ) melalui iTunes jadi pastikan kalian membackup data pada iPhone tersebut terlebih dahulu, untuk cara lengkapnya silakan baca artikel berikut : Cara Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik Menggunakan iTunes

Perhatikan Juga...

Cek apakah iPhone kalian dalam kondisi sempurna secara fisik, biasanya baterai pada iPhone menggelembung sehingga menekan layar iPhone ke atas, hal ini bisa menjadi penyebab kenapa keyboard iPhone menjadi lag.

Perhatikan juga apakah iPhone kalian habis terendam air atau tidak, selain itu cek juga kesehatan baterai iPhone kalian pada menu Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.


Jika masalah di atas belum juga teratasi coba pertimbangkan untuk membawa iPhone kalian ke tempat service resmi iPhone yang sudah Authorized di Indonesia atau ke tempat service smartphone kepercayaan kalian.

Sekian informasi, tips dan cara yang dapat saya bagikan, apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau ada yang mau menambahkan pengalamannya? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!