Penyebab iPhone Cepat Panas Setelah Upgrade ke iOS 13

iOS 13 adalah versi iOS terbaru yang dirilis Apple pada tahun 2019, banyak perubahan yang dibawa oleh iOS 13 terutama pada sektor performa, fitur, tampilan, privasi dan kehandalan dalam mengelola baterai, sedangkan kejutan besar datang untuk pengguna iPad dimana Apple tidak lagi menggunakan nama iOS 13 sebagai OS milik iPad melainkan iPadOS 13.


Meskipun begitu tidak dipungkiri setiap tahunnya di saat perilisan iOS terbaru ada saja masalah yang muncul dan masalah yang paling sering terjadi adalah masalah panas atau overheat pada iPhone setelah melakukan upgrade / update ke iOS 13.

Sebenarnya apa sih hal yang menyebabkan iPhone atau iPad tiba-tiba menjadi lebih cepat panas setelah upgrade ke iOS 13? bagaimana cara mengatasinya?

Butuh Penyesuaian

Kemungkinan besar penyebab yang pertama adalah karena faktor Penyesuaian, ya iPhone butuh waktu untuk menyesuaikan dirinya dengan versi iOS 13 terbaru dimana manajemen memori, pengelolaan sistem dan lain sebagainya sangat berbeda jauh dengan iOS yang sebelumnya, jadi apabila kalian baru saja mengupdate ke iOS 13 harap untuk menunggu hingga beberapa hari / waktu sampai iPhone kalian perlahan-lahan mulai kembali ke keadaan seperti normal.

Aplikasi Tidak Stabil

Aplikasi yang belum diupdate untuk mendukung iOS 13 biasanya memiliki masalah pada kestabilan, masalah inilah yang membuat iPhone cepat panas karena penggunaan performa dan daya baterai yang kurang efisien, jadi setelah upgrade ke iOS 13 jangan lupa juga untuk update aplikasi kalian di App Store.

Nonaktifkan Fitur Tidak Digunakan

Biasanya setelah upgrade ke iOS 13 banyak pengaturan fitur yang sebelumnya dimatikan, aktif kembali setelah melakukan upgrade misalnya saja fitur Auto Update, silakan cek kembali dan nonaktifkan fitur-fitur yang tidak digunakan, selengkapnya coba baca artikel berikut: Cara Lengkap Mengatasi Baterai iPhone yang Boros / Cepat Habis

Cek Kesehatan Baterai


Kesehatan baterai iPhone yang semakin menurun dapat membuat performa pada iPhone menjadi tidak stabil dan akhirnya berimbas pada iPhone yang menjadi lebih cepat panas, untuk mengatasi hal ini coba cek kesehatan baterai iPhone kalian pada menu Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Tunggu Pembaruan Selanjutnya

iOS 13 diperkirakan merupakan iOS dengan tingkat bug terparah sejak awal dirilis, hal ini bisa dilihat dari banyaknya update yang diberikan Apple yang hanya berjarak beberapa hari / minggu saja, untuk itu penting untuk selalu memastikan untuk mengupdate ke iOS 13 versi terbaru sebaru mungkin yang tersedia.

Tips Mengatasi iPhone Cepat Panas

Untuk mengatasi iPhone yang cepat panas berikut tips dan trik yang dapat kalian lakukan :

  1. Matikan Bluetooth, Wifi, AirDrop dan lain sebagainya.. jika tidak digunakan
  2. Gunakan Low Power Mode atau Mode Hemat Daya
  3. Hindari mengupdate aplikasi sekaligus apabila jaringan internet sedang lambat
  4. Kurangi aplikasi tidak penting terutama aplikasi sosial media yang sangat menguras baterai
  5. Kurangi kecerahan layar
  6. Cek apakah ada file yang masih dibackup / restore
  7. Restart iPhone apabila terasa lag dan panas
  8. Hindari main sambil dicas
  9. Pastikan menggunakan charger yang original
  10. Hindari main di ruangan panas atau terpapar langsung sinar matahari

Baca Juga : Kenapa Baterai iPhone Boros Banget? Berikut Penyebabnya

Baik sekian dulu informasi yang dapat saya bagikan, apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau bahkan ada yang ingin menambahkan? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!