Apakah Kualitas iPhone Second Ex Inter Bagus dan Aman?

Membahas soal iPhone kali ini saya akan menjawab beberapa pertanyaan bagi kalian yang ingin membeli iPhone second Ex Internasional. Sebelumnya perlu di ketahui terlebih dahulu apa sih iPhone Ex Inter itu? iPhone Ex Inter merupakan iPhone Second yang dibawa dari luar negeri dan dijual kembali di Indonesia.


Lalu apakah Kualitas iPhone Ex Inter itu Bagus dan Awet?

Bagus atau tidaknya tentu tergantung iPhone itu sendiri, karena yang namanya second tentu saja kalian akan mendapatkan produk yang random / acak. Hanya saja kalian harus memastikan kepada penjual bahwa iPhone tersebut bukanlah iPhone Refurbished (bekas di service) dan tidak memiliki masalah alias berfungsi normal. Tanyakan juga battery health (kesehatan baterai) pada iPhone tersebut tersisa berapa persen %.

Semakin tinggi angka battery health maka bisa di bilang semakin bagus iPhone tersebut. Namun tidak bisa menjadi patokan apakah akan awet atau tidak, sebab awetnya iPhone sedikit-banyak tergantung juga pada kondisinya seperti :

  • Belum pernah di service atau bongkar alias semua part masih original (bukan iPhone Refurbished)
  • Semua fungsi seperti kamera, speaker, microphone berfungsi dengan normal
  • Body pada iPhone setidaknya masih mulus setidaknya 97/98% dan tidak cacat (terawat)
  • Battery health setidaknya di atas 90% (untuk mengecek battery health bisa melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai)

Sisanya tentu saja datang dari pemakaian kalian sendiri, iPhone baru pun akan cepat rusak apabila digunakan dengan cara yang tidak benar dan sembarangan.

Baca Juga : Cara Membedakan iPhone Ex Internasional, Distributor dan Refurbished

Cek IMEI

Saat ini seluruh iPhone yang masuk secara tidak resmi alias IMEInya tidak terdaftar di Kementrian Perindustrian, tidak dapat menggunakan operator seluler yang ada di Indonesia tak terkecuali sudah membayarkan pajak. Jadi pastikan iPhone tersebut IMEInya sudah terdaftar di kemenperin (dibayarkan pajak).

Cek Keamanan dan Fungsi

Biasanya ada 3 jenis iPhone yang biasanya beredar di pasaran :

  • iPhone FU (Factory Unlock): iPhone jenis ini bebas menggunakan SIM Card operator apapun
  • iPhone Bundle Operator: iPhone ini terikat pada operator jaringan tertentu
  • iPhone SU (Software Unlock): iPhone jenis ini biasanya di unlock menggunakan software agar dapat menggunakan jaringan SIM Card operator manapun

Jadi pastikan kalian mendapatkan dan mengambil iPhone tipe FU alias Factory Unlock.

Pastikan juga iPhone tersebut tidak terikat pada akun iCloud manapun alias kosong, untuk mengetahui hal ini kalian bisa melihat pada aplikasi Pengaturan kemudian lihat pada menu paling atas apakah ada akun seseorang yang menyangkut di sana atau tidak.

Cek Garansi

Cek juga apabila iPhone Ex Inter tersebut masih memiliki garansi, tanyakan ke penjual atau cek sendiri melalui nomor seri / imei pada iPhone tersebut, caranya silahkan baca pada artikel berikut : Cara Cek Garansi iPhone, iPad, iPod dan Apple Watch Melalui IMEI / Nomor Seri

Pastikan iPhone Tersebut Benar-benar Bukan Refurbished / Bekas di Service!


Ingat, iPhone Refurbished atau bekas service benar-benar tidak Admin sarankan terutama untuk Refurbished yang tidak jelas asal-usulnya. Jadi usahakan iPhone Ex Inter yang akan kalian beli bukan merupakan iPhone Refurbished (tak terkecuali iPhone Refurbished CPO, selengkapnya: Perbedaan iPhone CPO dan iPhone Refurbished Lainnya)

Oke itu saja tips beserta jawaban dari apakah iPhone Ex Inter itu bagus dan aman atau tidak, yang bisa Admin bagikan. 

Satu hal yang terpenting lagi jadilah pembeli yang cerdas, cek semuanya terlebih dahulu sebelum membeli dan apabila kalian mendapatkan iPhone ex inter dengan kualitas lumayan mantap misalnya body bagus, battery health tinggi, bukan refurbished, dan lain-lain.. tentu saja supaya iPhone tersebut awet harus dirawat dengan baik. Sekali lagi karena iPhone yang baru pun tidak luput dari kerusakan apabila tidak dirawat dengan benar.