Cara Memperbesar Tampilan Layar Laptop / PC Agar Lebih Mudah Dibaca

Bagi pengguna komputer, laptop, notebook hingga netbook dengan layar kecil tentu saja sangat sulit untuk membaca sebuah tulisan dari jarak yang disarankan untuk menjaga agar mata tetap sehat. Nah pada postingan kali ini admin akan membagikan sedikit trik untuk memperbesar tampilan layar kalian sehingga tulisan dan seluruh elemen pada layar lebih mudah terlihat.


Oh ya trik ini hanya berlaku bagi pengguna Windows saja ya, terutama pengguna Windows 10. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Memperbesar Tampilan Layar PC / Laptop Windows

#1 : Pertama silahkan klik kanan sembarang tempat pada desktop kalian

#2 : Kemudian pilih menu Display settings 

#3 : Lalu pada menu Display silahkan klik menu 100% (Recommended) tepatnya di bawah menu Scale and layout

#4 : Jika sudah pilih 125% dan lihat hasilnya


Apabila masih terlalu kecil atau terlalu kebesaran, kalian bisa mengatur sendiri ingin diperbesar berapa %, misalnya jika 125% terlalu besar mungkin 115% cocok untuk kalian atau jika masih terlalu kecil mungkin 140% cocok untuk kalian. Tapi bagaimana caranya? silahkan klik pada menu Advaced scaling settings


Kemudian masukkan angka pembesaran yang kalian inginkan lalu klik Apply

Ingat apabila ukuran layar komputer atau laptop kalian tidak lebih dari 14 inch, tidak disarankan memasukkan angka pembesaran lebih dari 250 bahkan 200, karena hasilnya akan sangat teramat ngezoom.


Untuk mengembalikkan ke tampilan normal silahkan ubah menjadi 100% (Recommended) kembali.

Menggunakan Fitur Magnifier

Fitur ini hanya memperbesar atau fokus pada bagian layar yang diinginkan saja, jadi layar tidak ditampilan secara penuh karena hanya fokus ke bagian layar yang diinginkan saja (meskipun begitu bisa langsung dipindah-pindahkan menggunakan gerakan mouse layaknya sedang menggunakan kaca pembesar).

#1 : Untuk mengaktifkan fitur ini silahkan masuk ke menu Settings (bisa melalui menu Display Settings tadi lalu klik tombol Home) atau klik kanan pada icon Windows yang ada dipojok kiri bawah lalu klik Settings.

#2 : Kemudian pilih menu Ease of Access lalu pilih lagi menu Magnifier

#3 : Jika sudah nyalakan menu Turn on Magnifier


  • Atau kalian bisa mengaktifkan menu Magnifier menggunakan pintasan keyboard, caranya tekan dan tahan logo Windows pada keyboard kemudian tekan simbol +
  • Untuk mengakhiri menu Magnifier melalui pintasan keyboard, caranya tekan dan tahan logo Windows pada keyboard kemudain tekan tombol Esc

#4 : Sekarang akan muncul jendela menu Magnifier, silahkan geser menu tersebut ke bagian layar yang ingin kalian perbesar lalu klik icon tanda + untuk memperbesar tampilan atau gunakan mouse untuk memindahkan fokus tampilan.


Bagaimana menurut kalian? dengan memperbesar tampilan pada layar tentu saja kalian dapat menjaga jarak dalam menatap layar agar mata menjadi lebih sehat namun tetap dapat dengan nyaman membaca tulisan pada layar.

Baik itu saja cara-cara memperbesar tampilan layar monitor komputer, laptop, notebook dan netbook agar lebih mudah dilihat dan dibaca tulisannya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.