Daftar iPhone yang Cocok Digunakan untuk Bermain Game Berat 2020 - 2021

Bagi kebanyakan pengguna smartphone bermain game merupakan salah satu aktivitas yang tidak pernah terlewatkan, nah bagi kalian yang berencana ingin membeli iPhone untuk digunakan bermain game, terutama game-game yang masuk kategori cukup berat seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Fortnite, Last Day on Earth, Minecraft, Modern Combat 5, Asphalt 9 dan lain sebagainya, pada postingan kali ini admin akan membagikan daftar iPhone yang cocok digunakan untuk bermain game berat untuk tahun 2020 hingga 2021 mendatang.


Perlu diingat tidak semua mode iPhone dapat menjalankan game dengan lancar bahkan tidak dapat dijalankan sama sekali karena keterbatasan performa, hal ini biasanya terjadi kebanyakan pada iPhone lama yang sudah berusia lebih dari 4 tahun karena memiliki performa yang sudah cukup tertinggal.

Nah maka dari itu bagi yang berniat membeli iPhone untuk digunakan bermain game berat pada tahun 2020 ini, kalian disarankan untuk menyiapkan dana lebih dan memilih iPhone dalam daftar berikut:

Berikut Daftar iPhone yang Disarankan untuk Bermain Game Berat pada Tahun 2020:

iPhone 12 Pro Max, iPhone 12 Pro, iPhone 12 atau iPhone 12 Mini


iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max dan iPhone 12 Mini merupakan iPhone terkencang dan terbaik yang pernah dimiliki oleh Apple hingga saat ini. Dilengkapi dengan chipset terkencang Apple A14, performa dari jajaran iPhone 12 sudah tidak diragukan lagi, semua game dapat dilibas rata kanan tanpa masalah.

Selain itu seluruh iPhone 12 juga telah menggunakan layar OLED yang tajam dan kaya akan warna, ditambah stereo speaker dengan dukungan Dolby Atmos.

Terdapat 4 model iPhone 12 yang bisa menjadi pilihan untuk bermain game, yang terbaik tentu saja jatuh pada iPhone 12 Pro Max dengan ukuran layar 6.7 inci, disusul iPhone 12 Pro dengan ukuran layar 6.1 inci, iPhone 12 dengan ukuran layar yang sama 6.1 inci dan iPhone 12 Mini dengan ukuran layar terkecil 5.4 inci yang cocok bagi pengguna bertangan kecil.

iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro atau iPhone 11


Untuk saat ini iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 merupakan iPhone terbaru dari Apple yang dirilis pada tahun 2019 yang lalu, performa dari ketiga iPhone ini sama-sama dipersenjatai chipset Apple A13 Bionic yang tentu saja akan melibas semua game tanpa masalah.

Yang kalian perlu pikirkan bukanlah masalah bisa atau tidaknya deretan iPhone 11 tersebut menjalankan game terbaru 2020 saat ini, karena sudah pasti dilibas habis Rata Kanan! yang perlu dipikirkan adalah Harganya saja, sedangkan untuk urusan baterai deretan iPhone 11 adalah yang paling awet dalam sejarah iPhone yang pernah dirilis untuk saat ini.

Jika kalian memiliki Budget terbatas kalian bisa mengambil iPhone 11 (bukan Pro) dengan ukuran layar 6.1 inch yang tentu saja sudah cukup memanjakan mata, namun apabila memiliki dana lebih disarankan untuk mengambil iPhone 11 Pro Max dengan ukuran layar 6.5 inch yang lebih besar dan tajam, atau iPhone 11 Pro dengan ukuran layar 5.8 inch yang lebih kecil bahkan lebih kecil dari iPhone 11 biasa namun memiliki kualitas layar yang jauh lebih tajam.

iPhone Xs Max, iPhone Xs dan iPhone Xr


Ketiga jejeran iPhone ini merupakan generasi yang digantikan oleh ketiga iPhone dalam daftar pertama diatas, namun untuk urusan gaming iPhone Xs Max, iPhone Xs dan iPhone Xr tidak diragukan lagi kapabilitasnya. Performa Chipset Apple A12 Bionic yang dibawa ketiga iPhone tersebut membuatnya dapat melibas seluruh game berat saat ini, bahkan jika dibandingkan dengan deretan iPhone 11 diatas perbedaan performanya tidak akan jauh terasa atau bahkan tidak terasa sama sekali, pokoknya Rata Kanan!

Untuk urusan harga ketiga iPhone tersebut dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan seri iPhone 11, namun tetap memiliki performa dan kualitas yang mumpuni. Soal baterai? tidak perlu dipertanyakan lagi keawetannya, bahkan ketiganya sudah mendukung fitur Wireless Charging.

Sama seperti diatas jika kalian memiliki Budget terbatas silakan ambil iPhone Xr dengan ukuran layar 6.1 inch yang pastinya sudah cukup besar, namun jika ada dana lebih ambil iPhone Xs Max (atau pertimbangkan juga iPhone 11) dengan layar 6.5 inch yang lebih besar dan tajam, yang terakhir iPhone Xs dengan layar 5.8 inch yang meskipun lebih kecil dari iPhone Xr tetapi memiliki kualitas layar yang jauh lebih baik.

iPhone SE 2020


Tahun 2020 ini Apple kembali merilis iPhone SE generasi kedua untuk meneruskan iPhone SE generasi pertama yang dirilis pada tahun 2016 yang lalu, keunggulan dari iPhone SE 2020 untuk gaming adalah performanya yang sama dengan deretan iPhone 11 karena menggunakan Chipset yang sama yaitu Apple A13 Bionic.

Untuk harganya sendiri iPhone SE 2020 dibanderol jauh lebih murah dari iPhone 11 namun memiliki performa yang sama dan dapat melibas semua game tanpa masalah, kecil kecil cabe rawit!

Namun sayangnya kenapa iPhone SE 2020 masuk dalam kategori kedua atau bahkan pertama yang disarankan untuk gaming adalah, ukuran layarnya yang kecil 4.7 inch (tidak full) serta daya tahan baterai yang sama dengan iPhone 8. Namun bagi yang tidak menyukai iPhone besar dan masih menyukai Touch ID, iPhone SE 2020 bisa menjadi pilihan yang sempurna ditahun 2020 ini untuk gaming tanpa hambatan.

iPhone X, iPhone 8 Plus dan iPhone 8


Meskipun sudah berusia sekitar 3 tahun namun performa ketiganya masih bisa dikatakan sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai macam game berat saat ini, meskipun dibeberapa game tertentu mungkin pengaturan kualitas tertinggi tidak dapat ditemukan namun untuk soal performa iPhone X, iPhone 8 Plus dan iPhone 8 sudah tidak diragukan lagi.

Untuk harganya pun bisa didapatkan jauh lebih murah dibandingkan deretan iPhone 11 atau iPhone Xs dan Xr, cocok bagi yang mempunyai Budget terbatas namun ingin performa yang masih OK untuk gaming 2020 bahkan untuk beberapa tahun ke depan lagi, daya tahan baterainya pun tidak kalah hemat dibandingkan iPhone Xr atau Xs.

Namun dari ketiga seri ini, admin menyarankan untuk menggunakan iPhone X karena ukuran layar 5.8 inch yang sudah full serta nyaman digenggam, untuk pilihan kedua ada iPhone 8 Plus dengan ukuran layar 5.5 inch dengan rasio 16:9 terbaik saat ini (cocok bagi yang tidak menyukai notch pada iPhone), lalu yang terakhir ada iPhone 8 biasa dengan ukuran layar 4.7 inch yang cocok untuk pengguna dengan tangan kecil atau tidak menyukai iPhone dengan ukuran besar, tetapi memiliki kekurangan pada daya tahan baterai yang jauh lebih singkat.

iPhone 7 dan 7 Plus


Memiliki Budget Terbatas? iPhone 7 dan iPhone 7 Plus merupakan iPhone yang masih cukup mumpuni untuk melibas hampir semua game berat saat ini, meskipun dibeberapa game pengaturan grafik kualitas tertingginya tidak tersedia.

iPhone 7 Plus dan iPhone 7 sendiri bisa kalian dapatkan dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan daftar iPhone-iPhone diatas, sedangkan untuk urusan baterai iPhone 7 Plus masih bisa diandalkan untuk gaming berjam-jam dan sedikit lebih singkat untuk iPhone 7 biasa.

Dari kedua iPhone tersebut iPhone 7 Plus merupakan yang paling disarankan karena ukuran layarnya yang lebih besar 5.5 inch dan tampilan 16:9 yang menarik bagi sebagian pengguna, sedangkan untuk iPhone 7 biasa memiliki layar 4.7 inch dengan performa yang sama, tetapi sangat disayangkan memiliki daya tahan baterai yang cukup singkat untuk gaming berjam-jam.

Kesimpulan...

Ya itu saja daftar 5 model generasi iPhone yang disarankan untuk bermain game sedang hingga berat pada tahun 2020 ini, semua bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia, apabila memiliki budget lebih tentu iPhone 11 biasa merupakan sweet spot atau yang terbaik saat ini (melihat harga dan performa), sedangkan bagi yang memiliki Budget super minim iPhone 7 Plus masih bisa diandalkan dengan baik untuk game berat, bahkan hingga 1 atau 2 tahun kedepan.

  • Budget Super Lebih? iPhone 11 Pro Max
  • Budget Lebih? iPhone 11
  • Budget Sedang? iPhone Xr
  • Budget Minim? iPhone 7 Plus

Untuk spesifikasi ram sendiri kalian tidak perlu terlalu memusingkan, sebab seperti yang kita ketahui manajemen ram pada iOS iPhone adalah yang terbaik saat ini, bahkan dengan 2GB ram pada iPhone dapat mengalahkan smartphone lainnya dengan kapasitas ram 3 atau 4 kali lipat lebih besar, jadi tidak perlu memikirkan ram yang perlu dipikirkan adalah ukuran layar, chipset, ketahanan baterai, jangka penggunaan dan yang terakhir Budget.

Sebagai alternatif iPhone kalian juga dapat memilih iPad dengan ukuran layar yang jauh lebih besar dan pastinya lebih memanjakan mata, namun bagi sebagian pengguna iPad bukanlah pilihan yang tepat karena tidak cocok digunakan untuk menelpon, foto-foto, ukuran terlalu besar dan tidak muat dikantong, hehe.

Baik itu saja informasi Daftar iPhone yang Cocok Digunakan Bermain Game untuk tahun 2020-2021, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.