Cara Menggunakan, Melihat & Scan Barcode WhatsApp di iPhone / Android

Saat ini aplikasi WhatsApp sudah memiliki fitur Barcode yang berfungsi untuk menambah kontak secara cepat hanya dengan melalui kamera saja, jadi kalian tidak perlu repot-repot lagi memasukan atau menambahkan kontak seseorang secara manual.


Cara kerjanya mudah, Barcode seperti identitas atau sebuah rangkaian (pattern) yang berisi informasi tentang kontak WhatsApp kalian, Barcode ini dapat kalian tunjukan ke orang lain untuk discan agar secara instan dapat menambahkan kontak kalian ke whatsapp orang yang melakukan scan tersebut, atau sebaliknya apabila kalian ingin menambahkan kontak seseorang, kalian cukup meminta orang tersebut menujukan barcode WhatsAppnya kemudian kalian scan menggunakan fitur Scan Barcode yang teradapat pada aplikasi WhatsApp.


Baik biar tidak bingung langsung saja berikut cara Menggunakan, Melihat dan Scan Barcode aplikasi WhatsApp di iOS iPhone / iPad dan Android.

Cara Menggunakan, Melihat & Scan Barcode WhatsApp di iPhone / Android

#1 : Silakan buka aplikasi WhatsApp

#2 : Kemudian untuk pengguna iPhone silakan masuk ke menu Pengaturan, sedangkan pengguna Android masuk ke menu Setelan

#3 : Jika sudah silakan tap icon Barcode yang terdapat disamping nama WhatsApp kalian

ilustrasi untuk pengguna iOS iPhone

ilustrasi untuk pengguna Android

#4 : Jika sudah akan muncul tampilan Barcode yang berisikan Informasi kontak WhatsApp kalian


Silakan tunjukkan Barcode tersebut ke orang lain untuk discan atau jika kalian ingin melakukan scan barcode orang lain, silakan tap menu Pindai atau Pindai Kode

#5 : Apabila Barcode sudah Berhasil discan, selanjutnya akan muncul menu untuk menambahkan dan menyimpan kontak yang discan tersebut secara instan.


Bagaimana menurut kalian tentang fitur Barcode ini? sangat membantu bukan? apalagi jika kalian tidak ingin menyebutkan nomor telepon kalian dimuka umum (agar tidak diketahui dan didengar juga oleh orang lain), untuk menjaga privasi dan keamanan kalian.


Baik itu saja cara-cara menggunakan, melihat dan scan barcode aplikasi WhatApp di iOS iPhone, iPad dan Android. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.