Pangu Team Demonstrasikan Jailbreak iOS 14

Pada saat ajang konferensi keamanan mobile MOSEC 2020, Pangu Team mendemonstrasikan iPhone 11 Pro yang menjalankan iOS 14 versi beta telah berhasil di Jailbreak.

ilustrasi gambar: pangu.io

Seperti yang kita ketahui sendiri bahwa Pangu Team merupakan salah satu peneliti keamanan yang sudah berulang kali merilis aplikasi jailbreak, salah satunya adalah jailbreak Pangu pada iOS 7, iOS 8 dan iOS 9 yang bersifat Untethered.


Apakah Pangu Team akan merilis Jailbreak untuk iOS 14 nantinya? sayang sekali kemungkinan besar Pangu Team berakhir dengan tidak akan merilis jailbreak untuk iOS 14. Sebab sejak perilisan jailbreak iOS 9 nya yang terakhir, Pangu Team hanya aktif untuk mendemonstrasikan jailbreak untuk penelitian keamanan saja tanpa adanya aplikasi jailbreak atau metode jailbreak yang dirilis ke publik.

Pangu Team juga sudah beberapa kali mendemonstrasikan jailbreak pada iOS lainnya, bahkan disebut-sebut sebagai jailbreak Untethered, namun berakhir dengan tidak dirilis.

Baca Juga : Perbedaan Jailbreak Semi-Untethered, Untethered, Semi-Tethered dan Tethered

Jadi saat ini kita tidak bisa berharap banyak pada Jailbreak iOS 14 yang didemonstrasikan oleh Pangu Team ini, tetapi tidak menutup kemungkinan juga Pangu Team akan merilis aplikasi Jailbreak untuk iOS 14 atau setidaknya metode yang digunakan agar para developer jailbreak saat ini seperti Pwn20wnd (Electra, Unc0ver) atau CStar_OW (Electra, Chimera, Odyssey) dapat menjadikannya aplikasi Jailbreak untuk publik.

Untuk sekarang harapan jailbreak terbesar untuk iOS 14 masih terletak pada aplikasi Checkra1n, namun untuk saat ini minat pengguna Checkra1n tidak terlalu signifikan karena sifatnya yang Semi Tethered, terbatas untuk iPhone 6S hingga iPhone X dan hanya dapat dijalankan pada sistem operasi MacOS dan Linux saja (untuk Windows akan segera menyusul meskipun belum pasti juga).

Baca Juga : Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n