Cara Menyembunyikan Jaringan WiFi / SSID modem MiFi Huawei

Bagi kalian yang menggunakan modem MiFi Huawei yang tidak ingin jaringan WiFinya diketahui oleh orang lain, kalian dapat menyembunyikan jaringan WiFi kalian sehingga tidak bisa ditemukan kecuali dengan memasukan nama jaringan dan passwordnya secara manual.


Namun perlu diperhatikan bahwa menyembunyikan jaringan WiFi tidak berarti jaringan tersebut tidak bisa ditemukan sama sekali, sebab yang kita sembunyikan hanyalah nama atau pengenal dari WiFi tersebut alias SSID (Service set identifier).

Menyembunyikan WiFi untuk Keamanan dari Serangan Hacker?

Apabila kalian berniat menyembunyikan WiFi tersebut untuk alasan keamanan, maka jawabannya adalah sia-sia, karena dalam beberapa kasus tertentu menyembunyikan jaringan WiFi malah akan mengundang hacker disekitar kalian (berharap saja semoga tidak ada) yang curiga mengapa jaringan kalian disembunyikan, sebab untuk menampilkan jaringan WiFi yang tersebunyi dapat dilakukan dengan sangat mudah menggunakan beberapa metode tertentu, jadi silakan dipikirkan kembali.


Sedangkan cara terbaik untuk mengamankan WiFi adalah dengan menggunakan kombinasi password yang cukup panjang, rumit dan menggantinya setiap beberapa waktu sekali. Tetapi apabila kalian tetap ingin menyembunyikan jaringan WiFi untuk alasan agar anggota keluarga, teman atau siapapun itu tidak mengetahui bahwa kalian memiliki jaringan WiFi kalian, cara ini akan sangat berguna dan dapat kalian terapkan.


Cara Menyembunyikan Jaringan WiFi / SSID modem MiFi Huawei

Cara yang admin akan bagikan ini khusus pengguna modem MiFi dari Huawei, entah tipe E5573, E5577, E5576, E5570 dan lain sebagainya.

#1 : Silakan buka aplikasi Huawei HiLink, jika belum punya silakan diinstall terlebih dahulu

Download aplikasi Huawei HiLink : Android | iOS (bisa juga menggunakan aplikasi Huawei AI Life)

#2 : Sebelumnya pastikan kalian telah Login sebagai Administrator, jika sudah silakan masuk ke menu Pengaturan > My Wi-Fi


#3 : Sekarang silakan tap / toggle menu Hide SSID


#4 : Jika sudah maka seluruh perangkat yang terhubung ke MiFi kalian akan terputus

#5 : Untuk menghubungkan kembali ke jaringan WiFi yang telah disembunyikan tersebut, silakan buka menu pengaturan WiFi di perangkat kalian

#6 : Lalu pilih menu untuk memasukan jaringan WiFi secara manual (di iPhone tap menu Lainnya... di Android tap menu Tambah Jaringan)

#7 : Jika sudah silakan masukan nama jaringan kalian SSID dan Passwordnya, khusus pengguna Android tap menu Keamanan dan pilih WPA/WPA2-Personal lalu masukan passwordnya.

Bagaimana gampang kan? sekarang jaringan WiFi kalian telah disembunyikan dan tidak dapat ditemukan pengguna normal, namun tetap ya cara ini tidak secara total menyembunyikan jaringan WiFi kalian terutama dari hacker, jadi untuk mengamankan jaringan WiFi pilihan terbaiknya adalah menggunakan password yang panjang dan rumit dengan kombinasi huruf dan angka.


Baik itu saja cara-cara menyembunyikan jaringan WiFi / SSID modem MiFi Huawei, bagi pengguna modem lainnya mungkin caranya tidak berbeda jauh, silakan cari menu keamanan yang berfungsi untuk menyembunyikan SSID, lengkapnya coba cek manual masing-masing modem.