Tips Memilih TWS Latency Rendah / No Delay untuk Gaming di Android & iOS

Saat ini tws (true wireless stereo) atau yang disebut juga headset atau eabuds tanpa kabel (wireless menggunakan koneksi bluetooth), sudah menjadi favorit banyak pengguna untuk mendengarkan musik sebagai pengganti headset kabel.

Selain praktis kalian tidak perlu repot-repot berurusan dengan kabel yang terkadang mengganggu atau "mudah putus".


Delay pada TWS

Namun, bagi para gamer ada satu masalah besar yang harus dihadapi jika ingin menggunakan TWS sebagai alat untuk mendengarkan suara dalam game, yaitu Delay.

Maksud dari Delay di sini adalah proses sinkronisasi antara suara dalam game dan suara yang kalian terima saat menggunakan TWS.

Kebanyakan TWS di luar sana mengalami masalah Delay saat bermain game yang artinya suara dalam game telat diterima oleh TWS.

Sebagai contoh ketika kalian menembakan peluru dalam game, suara tembakan tersebut baru akan diterima oleh TWS setelah sepersekian detik (biasanya 0.2 - 0.8 detik) yang mana hal ini akan sangat mengganggu pengalaman kalian dalam bermain game.

Delay tersebut disebabkan oleh Latency yang tinggi (proses kirim-terima data) antara TWS dan smartphone sehingga berdampak pada suara yang telat.

TWS Latency Rendah

Sebagai Solusinya di sini kalian dapat menggunakan TWS dengan fitur Rendah Latency biasanya disertai dengan Mode Gaming. TWS dengan Mode Gaming untuk saat ini diklaim mampu memberikan pengalaman bermain tanpa adanya Delay dengan Latency di bawah 100ms.

Menurut beberapa penelitian kalian akan sulit membedakan adanya keterlambatan suara saat Latency berada pada angka 100ms atau lebih rendah.
 
Pada umumnya TWS dengan delay yang cukup tinggi memiliki latency mencapai 240ms - 800ms (0.24 - 0.8 detik). Yang mana semakin tinggi latency semakin parah lag atau keterlambatan suara yang akan diterima.

Selain itu faktor game juga sangat mempengaruhi apalagi game yang kalian mainkan merupakan game FPS dengan grafik berat dan reflek gerakan yang cepat, contohnya saja seperti game PUBG atau CODM, biasanya kecenderungan delay akan semakin parah pada game-game jenis tersebut.

Contoh TWS Untuk Gaming

Untuk saat ini sudah beredar beberapa produk TWS yang diklaim mampu memberikan Latency Rendah di bawah 100ms, sehingga dapat dengan mudah meminimalisir delay atau bahkan kalian tidak akan merasakan adanya delay sama sekali.

Latency Rendah tersebut biasanya didapatkan berkat teknologi Bluetooth 5.0 atau lebih baru, sehingga penting diperhatikan bahwa Smartphone yang digunakan juga harus sudah mendukung Bluetooth 5.0 agar fitur Rendah Latency tersebut dapat berjalan dengan baik.

Berikut adalah contoh daftar Produk TWS yang diklaim mampu memberikan Latency yang cukup Rendah bahkan tidak terasa adanya delay saat bermain game.

  • Razer Hammerhead True Wireless Earbuds
  • Black Shark Bluetooth Earphones 2
  • QCY T5
  • Zenith KZ Z1
  • Plextone 4Life
  • Plextone G2
  • Realme Buds Q

Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jadi pastikan kalian memilih TWS dengan Latency Rendah untuk bermain game ya dan jangan lupa pastikan juga Smartphone kalian sudah mendukung Bluetooth 5.0 atau lebih baru.