Cara Mengatur Bass & Treble Musik di iPhone dan iPad

Dentuman Bass pada musik terasa kurang kencang? atau Treble terasa kurang pas? tenang saja bagi kalian pengguna iOS / iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad, kalian bisa mengatur apakah ingin menambah / mengurangi efek bass begitu juga dengan treble. Selain itu ada juga beberapa pilihan efek (Equalizer) yang dapat kalian pilih sesuai dengan jenis musik yang sedang didengarkan.


Namun perlu diketahui bahwa pengaturan Bass dan Treble maupun Equalizer ini hanya berlaku untuk aplikasi Musik bawaan iPhone saja ya.


Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut untuk mengatur Bass dan Treble pada aplikasi Musik di iPhone, iPod touch dan iPad.

Cara Mengatur / Setting Bass & Treble Musik di iPhone dan iPad

#1 : Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan, kemudian buka menu Musik


#2 : Jika sudah silakan tap menu EQ

#3 : Sekarang silakan pilih efek pengaturan bass ataupun treble yang diinginkan


  • Bass Booster : untuk menambahkan efek bass
  • Bass Reducer : untuk mengurangi efek bass
  • Treble Booster : untuk menambahkan efek treble
  • Treble Reducer : untuk mengurangi efek treble

Atau kalian bisa memilih efek lainnya sesuai dengan jenis musik atau yang kira-kira terasa lebih enak didengar, pokoknya bebas tinggal dipilih sesuai keinginan.

Sedikit tambahan, bagi yang ingin mengencangkan suara musik yang mungkin terasa kurang kencang walaupun volume sudah plaing tinggi, kalian bisa memilih efek Loudness yang akan menambah kekencangan suara musik.


Bagaimana menurut kalian? sekali lagi ingat cara ini hanya berlaku bagi yang mendengarkan musik melalui aplikasi Musik bawaan iPhone atau iPad saja ya.

Baik sekain informasi cara mengatur Bass dan Treble pada aplikasi Musik di iPhone, iPod touch dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.