Cara Cek Volume Headphone / AirPods yang Aman di iOS 14

Bagi kalian yang sering mendengarkan musik di iPhone, iPad atau iPod touch melalui AirPods atau Headset lainnya, di iOS 14 Apple menambahkan fitur / menu yang dapat digunakan untuk memantau level besaran suara AirPods dalam satuan Desibel (dB), fitur tersebut juga akan memperingati kalian apabila besaran suara sudah melampaui batas aman yang disarankan untuk pendengaran.


Seperti yang dikutip dari CNN, standar level volume yang disarankan untuk pendengaran yang aman tidak lebih dari 85 dB untuk penggunaan berjam-jam. Apple sendiripun sudah menambahkan fitur perhitungan ini sehingga kalian bisa memantau besaran volume yang aman dan disarankan saat sedang mendengarkan musik.

Baca Juga : Cara Mengatur Bass & Treble Musik di iPhone dan iPad

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk memantau Level Volume Suara Headphone / AirPods yang aman untuk pendengaran.

Cara Cek Volume Headphone / AirPods yang Aman di iOS 14 (Desibel - dB)

Sebagai catatan, tidak semua headphone mendukung fitur pemantauan level volume ini, namun bagi pengguna AirPods fitur ini akan selalu tersedia.

#1 : Pertama silakan tambahkan menu Pendengaran pada Pusat Kontrol iPhone terlebih dahulu, caranya silakan buka aplikasi Pengaturan kemudian pilih menu Pusat Kontrol > Sesuaikan Kontrol

#2 : Jika sudah silakan cari menu Pendengaran lalu tap icon (+) yang ada disampingnya untuk menambahkan menu tersebut ke Pusat Kontrol


#3 : Selanjutnya pastikan Headphone atau AirPods kalian telah terhubung (jangan lupa silakan putar musik juga)

#4 : Sekarang buka Pusat Kontrol lalu tap pada menu Pendengaran


#5 : Sekarang level menu Volume akan tampil dalam satuan dB

Contoh gambar kiri level aman dibawah 80dB, kanan peringatan terlalu suara keras

Apabila menu tampilan Level Headphone tidak tampil, kemungkinan perangkat headphone yang kalian gunakan belum didukung oleh fitur tersebut.

Oh ya, ketika kalian membuka menu pendengaran maka fitur Dengar Langsung secara otomatis akan diaktifkan, silakan nonaktifkan terlebih dahulu fitur tersebut agar tidak mengganggu suara, caranya langsung saja tap pada menu Dengar Langsung tersebut hingga statusnya dari Nyala ke Mati.


Bagaimana menurut kalian? apakah fitur untuk memantau Level Headphone ini sangat berguna? menurut admin tentu saja fitur ini sangat berguna apabila kalian ingin memantau level suara yang aman digunakan saat mendengarkan lagu dengan volume keras, atau mungkin hanya ingin sekedar tahu saja level volume headphone yang sedang didengarkan.


Baik itu saja cara-cara cek volume desibel (dB) headphone / AirPods yang aman saat mendengarkan musik di iOS / iPadOS iPhone, iPod touch dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.